Kegiatan Puskesmas, Senin 24 Juni 2019

Pembinaan Kelurahan Siaga Puskesmas Rampal Celaket ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Rampal Celaket, Senin 24 Juni 2019 Puskesmas Rampal Celaket melaksanakan kegiatan pembinaan pada Kelurahan Siaga yang diikuti oleh pengurus Kelurahan Siaga Rampal Celaket, Kelurahan Siaga Klojen, dan Kelurahan Siaga Samaan.

Tujuan pembinaan Kelurahan Siaga ini adalah untuk mendorong seluruh pihak yang terlibat supaya bersama-sama mempersiapkan Kelurahan Siaga Strata Mandiri. Dimana salah satu indikatornya adalah pertemuan yang rutin dilakukan setiap bulan.

RCTT YES!

SPIRIT!

SEHAT, BUGAR, PRODUKTIF!

 

 

Refreshing Kader di Posyandu ~ Puskesmas Polowijen.

Senin (24/06/2019) Puskesmas Polowijen mengadakan refreshing kader dengan tujuan evaluasi kegiatan di Posyandu dan silaturahmi Hari Raya Idul Fitri. Keuntungan yang didapat dari pertemuan rutin kader ini, antara lain semua programer Puskesmas dapat melakukan pembinaan secara terpadu, pengetahuan kader selalu meningkat, jika ada permasalahan kesehatan di suatu wilayah cepat diketahui, dan diambil tindakan dan Kader merasa mendapat perhatian dari Puskesmas sehingga semangat pengabdian mereka akan selalu terpompa.

Salam semangat untuk Ibu-ibu kader

 

 

 

 

 

Pertemuan Rutin Pengelola Depo Air Minum ~ Puskesmas Pandanwangi.

Senin (24/06/2019), Puskesmas Pandanwangi melaksanakan pertemuan rutin pengelola Depo Air Minum di Wilayah Kelurahan Pandanwangi dan Arjosari. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada pengelola Depo Air Minum agar melaksanakan dan menerapkan pengelolaan depo dengan sehat dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Adapun pemateri yang berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu dari seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga Dinas Kesehatan Kota Malang, penanggung jawab kesehatan lingkungan Puskesmas Pandanwangi Kesehatan Kota Malang serta Ketua Asosiasi Depo Air Minum.

Acara berjalan dengan lancar, dan peserta antusias dalam menceritakan keluhan maupun pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan pengalaman yang terjadi di depo masing-masing.

 

 

 

Penyuluhan Cara Mengatasi Anak Susah Makan ~ Puskesmas Janti.

Senin (24/06/2019), Puskesmas Janti bersama mahasiswa Universitas Brawijaya mencoba untuk memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu yang memiliki balita terutama di area seputar Kelurahan Siaga Tanjungrejo. Tema yang disampaikan pada kegiatan penyuluhan ini adalah tentang “Cara Mengatasi Anak Susah Makan”.

Apabila anak tersebut terlalu mengantuk dan sulit dibangunkan maka:
1. Berikan pijatan lembut agar anak bangun dan bisa makan dengan baik,
2. Ajak bicara dari hati ke hati dan bujuk anak,
3. Berikan pujian apabila anak mampu menghabiskan makanan,
4. Buatkan anak menu bervariasi,
5. Sajikan makanan dalam bentuk menarik.

Demikian tips2 agar anak mudah makan. Anak menjadi sehat dan tumbuh kuat!

 

Insting: Imunisasi itu Penting ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin (24/6/19) di Posyandu Anggrek 2C Kelurahan Polehan Puskesmas Kendalkerep membagikan sertifikat imunisasi bagi anak kelahiran tahun 2016 dan 2017 yang sudah lulus diberikan imunisasi. Balita yang mendapat sertifikat adalah mereka yang sudah lulus dan pernah mendapat imunisasi Hbo, BCG, Polio, DPT-HB-Hib, IPV, MR, beserta boosternya pada usia antara 18-24 bulan.

Pengen balitanya dapat sertifikat juga? Yuk berikan imunisasi pada anak,

 

 

 

 

 

Penyuluhan Pagi di Puskesmas Bareng

Senin (24/6/19) Petugas Promkes Puskesmas Bareng bersama dengan Mahasiswa Polkesma melakukan penyuluhan pagi di ruang tunggu Puskesmas Bareng. Materi yang disampaikan adalah tentang penyakit hipertensi. Pada kondisi normal tekanan darah dapat naik dan turun sepanjang hari. Tetapi jika tetap tinggi untuk waktu yang cukup lama maka hal ini lah yang disebut menderita hipertensi.

Menderita hipertensi berarti tekanan pada darah didalam pembuluh darah lebih tinggi dari yang seharusnya dan menyebabkan kondisi yang berbahaya. Karena hal ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu perlu kita ketahui apa saja gejalanya, antara lain yaitu peningkatan tekanan darah, sakit kepala, mimisan, dan sukar tidur.

Bagaimana cara mencegahnya? Antara lain yaitu dengan mengurangi konsumsi garam, menghentikan rokok dan alkohol, membatasi makanan yang mengandung lemak, cek kesehatan secara teratur, serta rutin berolahraga.

 

 

Informasi CTPS oleh Puskesmas Arjowinangun.

Senin, 24 Juni 2019 sambil menunggu nomor antrian dipanggil, pasien di Puskesmas Arjowinangun mendapatkan informasi tentang CTPS yang disampaikan oleh tim promosi kesehatan Puskesmas Arjowinangun dan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Malang.

Hayo apa itu CTPS? Ya, CTPS adalah Cuci Tangan Pakai Sabun. Cuci tangan seharusnya pakai sabun dan air mengalir yaa. CTPS, hal kecil yang banyak sekali manfaatnya karena dapat mencegah banyak penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri seperti diare, disentri, dan hepatitis.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.