Kegiatan Puskesmas, Selasa 25 Juni 2019

Konseling Ibu Hamil ~ Puskesmas Cisadea.

Ibu Hamil (bumil) memerlukan perhatian khusus selama masa kehamilannya. Konseling yang di berikan oleh Bidan Puskesmas Cisadea pada Ibu Hamil ini adalah pemberian Informasi tentang perubahan yang terjadi pada perubahan janin sesuai dengan usia kehamilan. Serta perubahan yang terjadi pada ibu sendiri dan pencegahannya setiap wanita hamil menghadapi resiko komplikasi yang bisa mengancam jiwanya selama periode kehamilan.

Tanda dan bahaya kehamilan yaitu perdarahan pervagina, sakit kepala lebih dari biasanya, gangguan penglihatan, pembekuan pada wajah atau tangan, keluar cairan pervagina, dan gerakan janin tidak terasa. Bidan Puskesmas Cisadea melakukan konseling dengan menyarankan untuk mengurangi pemakaian garam agar terhindar dari terjadinya preeklamsia.

Untuk itu, penting sekali Ibu Hamil rutin memeriksakan Kandungannya setiap 1 bulan sekali pada petugas kesehatan maupun dokter kandungan. Ayo periksa di fasilitas kesehatan terdekat. Kami siap melayani dengan sepenuh hati agar ibu sehat, anakpun selamat!

 

 

Pemeriksaan Laik Sehat Toko Kue ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Selasa, 25 Juni 2019, Petugas Sanitarian Puskesmas Ciptomulyo melakukan Pemeriksaan Laik Sehat. Pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel makanan dan air minum. Kedua sampel itu dikirim ke Labkesda, dan sampel air minum tersebut dikirim untuk diperiksa biologi.

SEHAT DIMULAI DARI SAYA, OLEH SAYA, UNTUK SEMUA!

Salam sehat ceria dari Puskesmas Ciptomulyo!

 

 

 

 

 

Pertemuan Imunisasi Dasar Lengkap ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Selasa, 25 Juni 2019 Puskesmas Rampal Celaket baru menyelenggarakan kegiatan pertemuan Imunisasi Dasar Lengkap yang dihadiri Kader Posyandu yang ada wilayah puskesmas Rampal Celaket, yang bertujuan untuk meningkatkan jalinan kerjasama antara Puskesmas dengan kader untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan mengenai evaluasi program imunisasi bulan Januari-Mei 2019, masalah menyangkut imunisasi di masing-masing Posyandu dan pemecahannya.

RCTT YES!

SPIRIT!

SEHAT, BUGAR, PRODUKTIF!

 

 

Jangan Sepelekan Datang ke Posyandu ~ Puskesmas Polowijen.

Selasa (25/06/2019), Bidan Puskesmas Polowijen memberikan konseling tentang pentingnya datang ke Posyandu, yaitu:

1. Masyarakat jadi mudah untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita,
2. Bayi dan balita mudah untuk mendapatkan imunisasi maupun kapsul vitamin A,
3. Pertumbuhan anak terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang atau gizi buruk.

Yuk, ibu-ibu rutin datang ke Posyandu ya!

 

 

 

 

Pemeriksaan Laik Sehat dan PHBS ~ Puskesmas Mulyorejo.

Selasa (25/06/2019), Petugas Sanitarian dan Promkes Puskesmas Mulyorejo melakukan Pemeriksaan Laik Sehat dan PHBS pada O’CHIKEN Kelurahan Karang Besuki. Penilaian berkaitan dengan:
1) lokasi dan bangunan;
2) fasilitas sanitasi;
3) dapur dan gudang penyimpanan;
4) pengelolaan bahan makanan dan makanan jadi;
5) peralatan dan tenaga penjamah makanan;
6) pengawasan serangga;
7) tersedianya sumber air bersih, jamban, tempat cuci tangan, tempat pembuangan sampah, adanya larangan untuk tidak merokok.
Dan dilakukan pengambilan sampel makanan dan air untuk di uji Lab.

Persyaratan hygiene sanitasi dan PHBS TTU dibuat bukanlah untuk mempersulit para pengusaha, namun ini semua adalah untuk menjamin agar makanan yang dikelola tidak membahayakan kesehatan, selanjutnya juga merupakan suatu bentuk perlindungan kepada masyarakat selaku konsumen.

 

Refreshing Kader Puskesmas Pandanwangi ~ Puskesmas Pandanwangi.

Selasa (25/06/2019) Kader Puskesmas Pandanwangi mengikuti kegiatan refreshing kader yang dilaksanakan di aula pertemuan Puskesmas Pandanwangi. Kegiatan refreshing ini bertujuan untuk memperbarui informasi kesehatan kepada kader karena informasi terus berkembang mengikuti perkembangan penelitian dan zaman. Refreshing kader dilakukan 1 kali dalam setahun. Pada tahun 2019, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 25-26 Juni 2019.

Materi yang telah diberikan pada kegiatan hari pertama ini adalah mengenai kesehatan gigi anak, tata cara pengukuran antropometri di posyandu, ASI eksklusif, mengenal makanan pendamping asi (MPASI) yang sehat, pengisian kartu menuju sehat (KMS) dan Kartu Ibu dan Anak (KIA) yang benar, serta Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

 

 

 

 

Rapat Koordinasi Pengelola Program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) ~ Puskesmas Arjowinangun.

Selasa, 25 Juni 2019, dipimpin oleh penanggungjawab program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Puskesmas Arjowinangun melaksanakan rapat koordinasi pengelola program UKM dengan tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program UKM termasuk didalamnya adalah program promotif & preventif (pencegahan) serta merencakan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan.

Koordinasi antar pemegang program penting untuk kelancaran dan keberhasilan kegiatan lintas program terutama kegiatan promosi kesehatan sebagai salah satu upaya preventif sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat.

 

 

 

 

 

Kegiatan Prolanis Puskesmas Bareng ~ Puskesmas Bareng.

Selasa (25/6/19) Puskesmas Bareng menyelenggarakan Kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau biasa disebut Prolanis di aula Puskesmas. Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif yang dilaksanakan dengan melibatkan peserta fasilitas kesehatan tingkat pertama dan BPJS kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta yang menderita penyakit kronis.

Penyakit kronis yang dimaksud yaitu penyakit hipertensi dan diabetes melitus tipe 2. Kegiatan yang dilakukan yaitu pemberian materi mengenai Diabetes Melitus, Hipoglikemi serta Hiperglikemi oleh dr. Kholida, dilanjutkan senam sehat serta pengobatan. Diharapkan dengan adanya kegiatan prolanis, kesehatan peserta dapat terkontrol dengan baik serta dapat meningkatkan derajat kesehatan.

 

 

 

 

Pelaksanaan Sosialisasi Germas di Posyandu Kembang Turi 2 Kelurahan Jatimulyo ~ Puskesmas Kendalsari.

Puskesmas Kendalsari bersama Dinkes Kota Malang melakukan sosialisasi Germas pada Posyandu Kembang Turi 2 RW 4 Kelurahan Jatimulyo. Dalam sosialisasi tersebut, peserta pertemuan dibekali pengetahuan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang terdiri dari 6 fokus, diantaranya:

1. Makan buah dan sayur setiap hari,
2. Aktifitas fisik setiap hari minimal 30 menit,
3. Cek kesehatan secara rutin,
4. Cegah stunting,
5. Eliminasi TBC,
6. Capaian Imunisasi dasar lengkap.

Selain 6 fokus diatas, dalam sosialisasi juga diberikan informasi mengenai ODF atau Stop BABS seperti kriteria jamban sehat, prosedur pembuangan tinja bayi dan lainnya.

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.