Kegiatan Puskesmas, Rabu 26 Juni 2019

Penyuluhan Tuberculosis ~ Puskesmas Kendalkerep.

Halo sobat sehat Kendalkerep, apa kabar hari ini? Di hari Rabu ceria ini, ada kegiatan lho di Puskesmas Kendalkerep.
Mau tau kegiatan apa?

Rabu (26/06/2019), Puskesmas Kendalkerep melaksanakan kegiatan penyuluhan TBC dengan sasaran pasien TBC, Pengawas Menelan Obat (PMO), dan kader.

Materi yang diberikan pada kegiatan penyuluhan yaitu: pengetahuan seputar penyakit TBC, diet pasien TBC, dan info seputar penyakit kusta. Bagi yang sudah terkena penyakitnya, jangan khawatir karena penyakit ini bisa disembuhkan asalkan kita disiplin minum obat.

Mari sama-sama kita berantas penyakit TBC.

STOP TBC sekarang juga. Jika sakit, obati sampai sembuh!

 

 

 

Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ~ Puskesmas Cisadea.

Rabu, 26 Juni 2019, sanitarian Puskesmas Cisadea dibantu dengan sanitarian Puskesmas se-Kecamatan Blimbing melakukan pemicuan di wilayah kerja Puskesmas Cisadea RW 05 Kelurahan Blimbing. Pemicuan ini bertujuan untuk mengubah pola pikir warga agar tidak lagi BABS (Buang Air Besar Sembarangan) yang dialirkan ke sungai. STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

STBM terdiri dari 5 pilar:
1. Stop buang air besar sembarangan,
2. Cuci tangan pakai sabun,
3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga,
4. Pengelolaan sampah rumah tangga,
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Program nasional STBM dikhususkan untuk skala rumah tangga, sehingga program ini adalah program yang berbasis masyarakat, dan tanpa memberikan subsidi sama sekali bagi rumah tangga.

STOP Buang Air Besar Sembarangan!

 

Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kelurahan Blimbing ~ Puskesmas Polowijen.

Rabu (26/06/2019) Petugas Sanitasi Puskesmas Polowijen melaksanakan pemicuan STBM di Kelurahan Blimbing. STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

STBM terdiri dari 5 pilar:

1. Stop buang air besar sembarangan;
2. Cuci tangan pakai sabun;
3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Yuk semangat untuk hidup sehat!

 

 

Prolanis Puskesmas Pandanwangi.

Pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Puskesmas Pandanwangi Rabu (26/06/2019) dimulai sekitar pukul 07.30 yang diawali dengan senam bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Mereka sangat antusias untuk mengcek kesehatannya secara rutin sehingga terus terpantau dan dapat dilakukan pencegahan/pengobatan secara dini.

Peserta Prolanis menyambut baik adanya kegiatan ini, beberapa penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi juga diberikan fasilitas untuk melakukan konsultasi mengenai pola makan maupun gaya hidup agar tidak terjadi komplikasi akibat penyakit yg diderita.

 

 

 

 

 

Penyuluhan Bahaya Merokok ~ Puskesmas Janti.

Rabu, 26 Juni 2019, Puskesmas Janti bersama dengan mahasiswa Poltekkes Malang telah mengadakan survei PHBS. Dari survei tersebut muncul indikasi bahwa merokok membahayakan kesehatan warga yang berada di lingkungan Puskesmas Janti. Maka dari itu, Mahasiswa D4 Poltekkes Malang jurusan Promosi Kesehatan melakukan penyuluhan mengenai bahaya merokok.

Lokasi yang dipilih berdasarkan hasil survei tertinggi berada di wilayah posyandu delima 2 dan 3. Acara berlangsung mulai pukul 10.15 – 11.00 WIB. Materi yang disampaikan yaitu mengenai jenis-jenis rokok, bahaya merokok, kandungan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia, penyakit akibat merokok, perokok yang paling rentan terkena penyakit, rentan usia remaja yang paling sering merokok, dan cara mencegah terkena paparan asap rokok.

Mahasiwa mengajak peserta untuk mau aktif bertanya dan bila berani untuk bertanya akan mendapatkan hadiah. Selain itu sebagai tambahan wawasan mahasiswa menggunakan media poster sebagai media penyuluhan dan juga jargon guna mengingat pentingnya untuk tidak merokok.

Dengan paparan informasi tadi diharapkan warga dapat sadar bahwa merokok membahayakan kesehatan manusia.

 

Refreshing Kader Posyandu Balita Wilayah Puskesmas Bareng.

Rabu (26/6/19) Puskesmas Bareng melaksanakan kegiatan Refreshing Kader Posyandu Balita di wilayah Puskesmas Bareng. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 41 posyandu balita. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mewujudkan kader kesehatan yang peduli, tanggap dan mampu menggerakkan masyarakat dalam bidang kesehatan.

Dalam kegiatan ini disampaikan materi terkait PIS-PK, Gizi seimbang, Evaluasi hasil bulan timbang serta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Diharapkan kader bisa memahami masalah kesehatan di wilayahnya serta mampu melakukan upaya kesehatan baik secara promotif maupun preventif.

 

 

 

 

 

Pembinaan Kader Posyandu Kelurahan Arjowinangun.

Rabu, 26 Juni 2019, Puskesmas Arjowinangun melakukan pembinaan kader posyandu di Kelurahan Arjowinangun, yang dihadiri oleh Puskesmas, penyuluh KB (Keluarga Berencana) dan ketua tim penggerak PKK Kelurahan Arjowinangun dan Kecamatan Kedungkandang.

Pada kegiatan ini disampaikan hasil survey KS (Keluarga Sehat) dan rencana tindak lanjut dari masalah kesehatan yang ada di wilayah Kelurahan Arjowinangun. Harapannya masyarakat dapat mengetahui masalah kesehatan di wilayahnya dan berperan aktif dalam mengatasi masalah kesehatan tersebut.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.