Kegiatan Puskesmas, Kamis 4 Juli 2019

0

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Kamis, 4 Juli 2019, mulai pagi Puskesmas Ciptomulyo mengadakan kegiatan Prolanis. Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

Kegiatannya adalah senam lansia, edukasi, dan pemeriksaan kesehatan. Diharapkan dengan berjalannya kegiatan Prolanis dapat mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Ayo Bapak Ibu tingkatkan aktivitas fisik dan pemeriksaan rutinnya yaa.

Salam sehat ceria dari Puskesmas Ciptomulyo!

 

 

 

 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kesatrian ~ Puskesmas Kendalkerep.

Kamis (4/7/19), Dinas Kesehatan Kota Malang dan Puskesmas Kendalkerep memberikan penyuluhan Germas di Posyandu Kemuning 512 di Kelurahan Kesatrian yang berada di dalam asrama TNI AD, sehingga peserta yang hadir adalah ibu-ibu Persit.

 

 

 

 

 

 

 

Sertifikat Lulus Imunisasi Dasar Lengkap ~ Puskesmas Polowijen.

Kamis, (04/07/19) Bidan Wilayah Puskesmas Polowijen memberikan sertifikat lulus imunisasi dasar lengkap kepada Balita di Kelurahan Purwodadi yang telah mendapatkan imunisasi dasar. Hal tersebut adalah bentuk apresiasi kepada para orang tua yang peduli dan memperhatikan jadwal imunisasi anak balitanya.

Yuk bu-ibu balita jangan lupa jadwal imunisasi ya.

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan Germas di Kelurahan Purwantoro ~ Puskesmas Cisadea.

Kamis, 04 Juli 2019, bersama Dinas Kesehatan Kota Malang, Puskesmas Cisadea kembali memberikan penyuluhan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan sasaran Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Cisadea yang belum di diberikan penyuluhan Germas di tahun 2017 dan 2018.

Posyandu Anggrek RW 4 Purwantoro ini adalah Posyandu pertama di datangi di Tahun 2019 dan akan dilanjutkan ke Posyandu-Posyandu lainnya di wilayah kerja Puskesmas Cisadea. Penyuluhan ini di hadiri ibu balita, ibu menyusui, ibu hamil, kader posyandu, Toma serta Toga.

Pada penyuluhan Germas kali ini ada 3 fokus germas tahun 2017 dan fokus germas tahun 2018 yang dilanjutkan di tahun 2019, yaitu:
1. Makan buah dan sayur,
2. Aktifitas fisik,
3. Cek kesehatan berkala,
4. Cegah stunting,
5. Eliminasi Tuberculosis,
6. Peningkatan cakupan imunisasi dan materi Open Defecation Free (ODF).

Diharapkan dengan penyuluhan ini masyarakat dapat membiasakan diri untuk hidup sehat karena sehat dimulai dari diri sendiri.

Salam GERMAS! Sehat, bugat, produktif, ceria!

 

Penyuluhan TBC di RT 04 RW 12 Kelurahan Bandungrejosari ~ Puskesmas Janti.

Kamis (4/7/19) Warga RT 04 RW 12 Kelurahan Bandungrejosari berkumpul di salah satu rumah warga untuk mengikuti penyuluhan tentang TBC yang diberikan oleh Staf Puskesmas Janti.

Bu Jujuk (Staf Puskesmas Janti) menjelaskan, jika ditemukan seseorang batuk berdahak bahkan hingga mengeluarkan darah selama 3 minggu, nafsu makan berkurang, berkeringat dingin di malam hari tanpa sebab, berat badan turun drastis maka perlu segera memeriksakan diri ke puskesmas karena hal tersebut termasuk gejala TBC.

Bu Siti (Staf Puskesmas Janti) menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan agar tidak terkena TBC, sebagai berikut:
1. Obati pasien TBC hingga sembuh,
2. Menutup mulut dengan sapu tangan ketika bersin/batuk,
3. Berikan imunisasi waktu balita,
4. Membuka cendela setiap pagi dan sore,
5. Jangan merokok.

TBC atau sering kita sebut penyakit paru-paru/flek akan sembuh bila rutin meminum obat, minimal meminum obat selama 6 bulan. Jangan diremehkan untuk penyakit TBC bila tidak teratur meminum obat maka akan semakin lama untuk sembuh.

 

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)] ~ Puskesmas Pandanwangi.

Kamis (4/7/19), pemegang program Deman Berdarah didampingi oleh sanitarian Puskesmas Pandanwangi melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 10 RW 05 Kelurahan Pandanwangi. Kegiatan ini dilakukan karena adanya keinginan masyarakat untuk fogging.

Sebelum fogging dilakukan, petugas melakukan pemberian informasi kesehatan mengenai perjalanan penyakit DBD, kelebihan dan kekurangan fogging, dan mendatangi sekitar 20 rumah untuk dilakukan survey jentik nyamuk dan potensi-potensi yang dapat menjadi perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah, baik diluar maupun didalam rumah.

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply