Kegiatan Puskesmas, Rabu 3 Juli 2019

Uji Kualitas Air Minum Secara Berkala ~ Puskesmas Cisadea.

Rabu, 3 Juli 2019, Sanitarian Puskesmas Cisadea melaksanakan kegiatan Uji Kualitas Air Minum dengan pengambilan sampel air minum. Surveilans kualitas air adalah suatu upaya analisis yang dilakukan secara terus menerus dan sistematis melalui pengumpulan data penyakit yang disebabkan oleh air, parameter kualitas air minum seperti mikrobiologi, fisik, dan kimia. Hari ini pengambilan sampel air minum dilakukan di 5 titik lokasi wilayah kerja Puskesmas Cisadea yaitu Kelurahan Blimbing dan Kelurahan Purwantoro.

Parameter yang diperiksa dalam pengambilan sampel air minum ini adalah parameter pemeriksaan bakteriologis dan kimia. Selain pemeriksaan tersebut, juga dilakukan Pengujian Lapangan terhadap parameter lapangan Sisa Klor. Tujuan dilakukannya Uji Kualitas Air Minum secara berkala adalah untuk menjamin kualitas dan keamanan air minum hingga sampai pada konsumen. Air merupakan kebutuhan utama setiap orang. Kualitas air minum yang terjamin tentunya akan menjamin pula derajat kesehatan seseorang dan masyarakat.

 

 

 

 

Upaya Kesehatan Masyarakat ~ Puskesmas Kendalkerep.

Rabu, 03 Juli 2019, Gerakan Aktif Inspiratif Upaya Kesehatan Masyarakat (GERAI UKM) adalah pertemuan rutin antar petugas penanggung jawab kegiatan UKM. Kegiatan UKM meliputi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Gizi, Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Indera, Lansia, Olahraga, dan lain sebagainya. Pada intinya adalah kegiatan yang sifatnya promotif dan preventif.

Pada kegiatan GERAI UKM beberapa pekerjaan yang dilaksanakan antara lain adalah merencanakan kegiatan satu bulan kedepan dan monitoring kegiatan yang sudah dilakukan. Juga dilaksanakan koordinasi kegiatan tiap program, karena kesehatan itu terpadu dan saling berhubungan.

Jadi, setiap kegiatan promotif dan preventif yang dilakukan pada masyarakat direncanakan sesuai kebutuhan agar tepat sasaran.

 

 

 

 

Posyandu Balita RW 04 Kelurahan Pandanwangi ~ Puskesmas Pandanwangi.

Rabu, 03 Juli 2019, Puskesmas Pandanwangi melaksanakan kegiatan posyandu balita di RW 04 Kelurahan Pandanwangi. Pada kegiatan Posyandu tersebut dilakukan pengukuran Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Lingkar Kepala, Lingkar Perut, dan pemantauan Kartu Menuju Sehat (KMS). Dari hasil pemantauan KMS, jika terdapat balita yang belum melengkapi imunisasi, maka petugas kesehatan memberikan kartu pengantar untuk melakukan imunisasi ke Puskesmas Pandanwangi pada hari Senin-Kamis dan Sabtu.

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.