Kegiatan Puskesmas, Senin 8 Juli 2019

0

Monitoring Kesehatan Kerja Tukang Ojek dan Saniter ~ Puskesmas Mulyorejo.

Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal adalah Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK), yang merupakan tindakan preventif melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan.

Hari ini telah dilaksanakan monitoring/orientasi kesehatan kerja pada tukang ojek dan saniter di Puskesmas Mulyorejo. Dalam Monitoring kali ini di lakulan pengukuran tekanan darah, berat badan, pemeriksaan glukosa, kolesterol, dan asam urat. Selain itu dilalukan pemaparan keehatan kerja oleh dr. Gmar dan sosialisasi bahaya rokok dan cara atau langkah berhenti merokok oleh petugas promkes.

Diharapkan Upaya Pos UKK dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan keselamatan pekerjanya.

 

 

 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan Puskesmas ~ Puskesmas Pandanwangi.

Senin (8/7/19) Sanitarian Puskesmas Pandanwangi melaksanakan inspeksi kesehatan lingkungan melalui pengukuran suhu ruangan, intensitas pencahayaan, kebisingan di ruangan tindakan, pemeriksaan umum, laboratorium, farmasi, dan pelayanan gigi mulut.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelembaban udara, pencahayaan, serta tingkat kebisingan pada ruangan yang dikaji untuk selanjutnya dilakukan analisis apakah hasilnya sesuai dengan peraturan/batas aman menurut peraturan yang berlaku dan tentunya tidak membahayakan kesehatan dan menimbulkan kerugian baik secara fisik, mental, material bagi petugas kesehatan maupun pengunjung puskesmas.

 

 

 

 

Media Televisi Menjadi Sahabat Bagi Pasien ~ Puskesmas Cisadea.

Setiap hari pasien yang datang ke Puskesmas Cisadea tidaklah sedikit. Dengan begitu akan menimbulkan proses antrian yang lama. Petugas Promosi Kesehatan di Puskesmas Cisadea memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi dan edukasi kepada pasien melalui media. Salah satunya melalui media televisi.

Media televisi ini diperuntukkan untuk pasien yang datang terutama disaat mereka sedang mengantri atau menunggu untuk masuk poli. Tak terkecuali tentunya para pegawainya pun juga mendapatkan informasi dan edukasi melalui media televisi karena volume kami atur sedang, sehingga semua orang yang berada disekeliling televisi dapat mendengar.

Isinya pun berupa kumpulan video kesehatan dengan menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami serta menarik seperti tentang hipertensi, diabetes, perilaku hidup bersih sehat, demam berdarah dengue, kesehatan lingkungan, kesehatan reproduksi, dan lain sebagainya. Televisi akan dioperasikan mulai pukul 07.30 WIB hingga berakhirnya jam pelayanan atau hingga pasien benar-benar habis.

Dengan adanya media televisi ini, diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pasien dan pasien mendapatkan pengetahuan kesehatan.

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply