Kegiatan Puskesmas, Selasa 9 Juli 2019

0

Penyuluhan Infeksi Saluran Pernafasan Akut ~ Puskesmas Arjowinangun.

Tidak hanya timbang dan pemeriksaan kesehatan, masyarakat yang membawa balitanya ke posyandu juga dapat memperoleh informasi kesehatan. Selasa, 9 Juli 2019 Petugas Kesehatan Puskesmas Arjowinangun memberikan penyuluhan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) kepada ibu balita di Posyandu Kelurahan Bumiayu.

Penyakit ISPA ditandai dengan batuk pilek dan demam. Gejala tersebut ditandai dengan sesak nafas apabila jenis ISPA yang menyerang adalah pneumonia. ISPA sering menyerang bayi dan balita karena tertular orang dewasa, kondisi lingkungan yang kurang bersih, status gizi yang kurang baik, dan paparan asap rokok.

Yuk, jaga lingkungan kita tetap bersih agar orang-orang di sekitar kita juga sehat! Dan jangan lupa, hindarkan anak-anak dari asap rokok yaaa!

 

 

 

Pertemuan Lintas Sektor Puskesmas Cisadea.

Selasa, 9 juli 2019 Puskesmas Cisadea mengadakan pertemuan Lintas Sektor yang membahas beberapa hal yaitu:
1. Pencapaian untuk menuju kelurahan BABS,
2. Penanggulangan DBD,
3. PIS PK di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea,
4. Kepesertaan JKN Tahun 2019,
5. Kerjasama KUA dengan Puskesmas tentang Pembinaan Catin / WUS,
6. Deteksi Dini Kanker Serviks.

Pertemuan ini di hadiri oleh Lurah, KUA Blimbing, Koordinator Kader, Wakapolsek Blimbing, Ketua Kelurahan siaga Pokja 4 Kelurahan,Kapala seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, LPMK, Babinsa, dan Ketua Karang Taruna.

Harapan dari pertemuan ini adalah adanya solusi bersama dalam mengatasi beberapa permasalahan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Cisadea.

 

 

Pengambilan Sampling Air Bersih ~ Puskesmas Janti.

Air merupakan sumber kehidupan. Seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi bergantung kepada air. Tanpa air semua makhluk hidup tidak bisa melangsungkan kehidupan. Saat ini semakin banyak sumber-sumber air yang tercemar akibat ulah manusia. Pencemaran air berimbas terhadap semakin tingginya kerusakan lingkungan. Akibatnya angka kesakitan pada manusia semakin meningkat.

Untuk mengatasi masalah yang akan timbul akibat hal tersebut, Puskesmas Janti melakukan pemeriksaan air bersih sebagai langkah pencegahan. Selasa (9/7/2019), Puskesmas Janti melakukan pemeriksaan air bersih warga yang bersumber dari PDAM. Pengecekan dilakukan pada sarana tempat-tempat kerja, rumah warga, serta tempat ibadah di wilayah Puskesmas Janti (Kelurahan Sukun, Bandungrejosari, dan Tanjungrejo)

Pemeriksaan rutin dilakukan 1 bulan sekali. Hal yang dilakukan puskesmas adalah mengambil sampel air pada tempat-tempat yang sudah di sebutkan tadi. Untuk mengambil sampel tersebut dengan cara menggunakan alat seperti lampu bunsen, korek, botol steril, jrigen, ataupun testkit chlore. Air yang di ambil kurang lebih 500ml, kemudian dilakukan pemeriksaan fisik, kimia, dan mikrobiologi di Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Malang.

Mari berupaya untuk “menyelamatkan” kelangsungan kehidupan bumi ini dengan upaya “melestarikan” keberadaan air bersih dan aman!

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply