Kegiatan Puskesmas, Selasa 16 Juli 2019

0

Pemberian Obat Anti Tuberculosis kepada Pasien ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Selasa (16/7/19), Petugas Puskesmas Ciptomulyo sedang memberikan Obat Anti Tuberculosis (OAT) kepada pasien. Tuberculosis (TBC) adalah penyakit infeksi akibat bakteri mycobacterium tuberculosis dan mudah menular.

Penularannya melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi TB sedang batuk, bersin, TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya. Gejala dari pada TBC yaitu:
1. Batuk berdahak terus menerus > 2 minggu,
2. Batuk bercampur darah,
3. Demam,
4. Berkeringat di malam hari,
5. Berat badan turun.

Pencegahan penyakit TBC yaitu :
1. Pemberian imunisasi BCG pada bayi,
2. Penderita TBC harus menutup mulutnya sewaktu batuk dan bersin,
3. Tidak meludah sembarang tempat.

Ayo bapak ibu bersama-sama melakukan gerakan TOSS TBC (Temukan Obati Sampai Sembuh TBC). Sehat dimulai dari saya, oleh saya, untuk semua!

Salam sehat ceria dari Puskesmas Ciptomulyo.

 

Menjadi Sehat Sejak Dini ~ Puskesmas Kendalkerep.

Selasa (16/7/19), Tim Puskesmas Kendalkerep melakukan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Kristen Aletheia dengan sasaran edukasi seluruh siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6. Pelaksanaan edukasi indikator PHBS sekolah dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas kecil (1-3) dan kelas besar (4-6) dengan penekanan pada perilaku cuci tangan pakai sabun dan memilih makanan jajanan yang dikonsumsi.

Perilaku tersebut harus mulai dilakukan sejak dini agar menjadi sebuah kebiasaan. Jika sudah terbiasa bersih, maka tubuh akan senantiasa sehat dan bugar. Tubuh yang sehat, akan membawa siswa menuju cita-cita yang ingin digapai.

Mau sehat? Jangan lupa PHBSnya ya.

 

 

 

 

Penyuluhan Kesehatan Remaja pada Masa Orientasi Siswa ~ Puskesmas Pandanwangi.

Selasa (16/7/19), petugas promosi kesehatan Puskesmas Pandanwangi berbagi informasi kesehatan dengan siswa siswi baru di SMK Pekerjaan Umum (SMK PU) pada kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS), dengan materi mengenai kesehatan remaja, Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA), kenakalan remaja, dan IMS.

 

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan Kesehatan tentang Bahaya Merokok dan HIV/AIDS ~ Puskesmas Janti.

SMP Negeri 12 Malang, mengundang Puskesmas Janti untuk memberikan penyuluhan kepada siswa kelas 7 sampai kelas 9, Selasa (16/7/19) giliran kelas 8 mendapatkan materi penyuluhan kesehatan, setelah kemarin Puskesmas Janti memberikan penyuluhan kesehatan kepada siswa-siswi kelas 7 SMP Negeri 12 Malang. Materi yang diberikan antara lain bahaya merokok dan HIV/AIDS. Hal ini perlu disampaikan, mengingat saat ini semakin maraknya pergaulan bebas, banyaknya pelajar yang merokok, bahkan perdaran narkoba yang tidak terkontrol khususnya di kalangan pelajar. Diharapkan setiap pelajar mampu menjaga pergaulan dan menghindari hal-hal yang menyebabkan dirinya dapat sakit akibat merokok dan penyakit infeksi menular seperti HIV/AIDS. Puskesmas Janti juga memberikan reward bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh petugas.

 

 

 

 

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja ~ Puskesmas Gribig.

Selasa, 16 Juli 2019 siswa-siswi kelas XI SMKN 6 Kota Malang mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi remaja oleh Ari DKL, Amd. Kep. penanggung jawab program UKS dan kesehatan remaja Puskesmas Gribig.

Harapan dari penyuluhan ini adalah siswa-siswi di SMKN 6 Kota Malang paham akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksinya. Bukan berarti untuk mengajarkan cara seks bebas atau seks pranikah akan tetapi materi yang disampaikan kali ini sebagai ilmu agar mereka mampu menjaga kesehatan reproduksinya semasa remaja.

Remaja hebat, sehat, berprestasi, dan hindari seks bebas mulai sekarang!

 

 

 

 

Lokakarya Mini Lintas Sektor ~ Puskesmas Arjowinangun.

Program kesehatan dapat terlaksana dengan baik karena adanya koordinasi dan kerjasama yang sinergis dengan lintas sektor terkait. Delasa, 16 Juli 2019 Puskesmas Arjowinangun melaksanakan lokakarya mini lintas sektor yang dihadiri oleh Lurah di wilayah kerja Puskesmas Arjowinangun (Arjowinangun, Bumiayu, Mergosono, Tlogowaru), perwakilan Kecamatan, Polsek, Ketua TP PKK kelurahan, Koordinator Pokja IV kelurahan, PLKB, dan koordinator kader.

Pada kegiatan ini, Kepala Puskesmas menyampaikan capaian program kinerja puskesmas dari bulan Januari-Juni 2019 serta kendala yang dihadapi. Selain itu, ODF (Open Defecation Free) juga masih menjadi fokus target bersama demi mewujudkan Kota Malang yang terbebas dari BAB sembarangan.

 

 

 

 

Remaja Sehat yang Berkualitas ~ Puskesmas Polowijen.

Selasa (16/07/2019) Dalam rangka MOS (Masa Orientasi Sekolah) Kepala Puskesmas Polowijen memberikan penyuluhan tentang kesehatan remaja yang meliputi NAPZA dan bahaya seks bebas. Para siswa baru antusias dan banyak mengajukan pertanyaan.
Remajaku yang cerdas, sehat, dan berkualitas.

Banyak penyakit serius akibat perilaku yang dimulai sejak masa remaja contohnya merokok, penyakit menular seksual, penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, zat adiktif lainnya (NAPZA), HIV/AIDS, kurang gizi, dan kurang berolahraga.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply