Kegiatan Puskesmas, Senin 15 Juli 2019

0

Penyuluhan Bahaya Merokok, HIV, dan Makanan Sehat ~ Puskesmas Janti.

Senin, 15 Juli 2019, Puskesmas Janti mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pengetahuan tentang kesehatan pada kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS) SMPN 12 Malang. Materi yang disampaikan adalah tentang bahaya merokok, makanan sehat, dan HIV AIDS.

Anak usia remaja perlu mendapatkan informasi seputar kesehatan, karena masa remaja adalah masa peralihan, remaja harus mengetahui masalah di lingkungannya dan dapat membentengi diri dari hal-hal negatif serta perilaku yang tidak sehat. Harapannya melalui penyuluhan ini remaja dapat hidup sehat dan mampu menjaga dirinya sendiri dari pengaruh buruk dilingkungan. Baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan lain.

 

 

 

 

Penyuluhan Germas dan ODF ~ Puskesmas Cisadea.

Senin (15/7/19) Tim Penyuluh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Open Defecation Free (ODF) Puskesmas Cisadea dan Dinas Kesehatan Kota Malang memberikan penyuluhan di 3 posyandu yang berada di wilayah kerja Puskesmas Cisadea yaitu Posyandu Asparagus Kelurahan Purwantoro, Posyandu Apel dan Posyandu Tunas Harapan Kelurahan Blimbing.

Salah satu fokus Germas di tahun 2017 adalah cek kesehatan secara rutin dan berkala. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala kita dapat secara dini mencegah munculnya penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, hipertensi. diabetes, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

Pengambilan Sampel Air IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Puskesmas Pandanwangi.

Limbah merupakan zat/hasil buangan suatu kegiatan/usaha yang mengandung zat-zat berbahaya apabila seketika dibuang ke lingkungan. Oleh karena itu perlu adanya pengolahan lebih lanjut dan sesuai prosedur agar limbah tersebut aman apabila berada di lingkungan.

Senin (15/7/19) Sanitarian Puskesmas Pandanwangi melakukan pengambilan sampel air pada IPAL yang selanjutnya dikirim ke Perum Jasa Tirta Kota Malang untuk dilakukan Pengujian dengan tujuan untuk mengetahui kualitas air limbah yang ada di Puskesmas Pandanwangi agar memenuhi standar baku mutu air limbah sesuai Peraturan Gubernur No. 72 Tahun 2013.

 

 

 

 

 

Emo Demo di Kesatrian ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin (15/07/19) ibu-ibu di Posyandu Kemuning Rindam membahas tentang ASI.

 

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan Siswa Kelas X SMAK Frateran ~ Puskesmas Arjuno.

Senin (15/7/19), Puskesmas Arjuno memenuhi undangan dari SMAK Frateran untuk memberikan penyuluhan kepada siswa kelas X (siswa baru) yang mengikuti masa pengenalan lingkungan.

Materi penyuluhan yang diberikan adalah sebagai berikut:
1. HIV/IMS,
2. Kesehatan reproduksi (kespro),
3. PHBS.

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan pengetahuan serta wawasan kesehatan siswa menjadi bertambah dan tentunya bermanfaat.

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply