Kegiatan Puskesmas, Sabtu 13 Juli 2019

0

Penyuluhan Germas dan ODF ~ Puskesmas Cisadea.

Sabtu (13/7/19) Tim Penyuluh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Open Defecation Free (ODF) Puskesmas Cisadea dan Dinas Kesehatan Kota Malang memberikan penyuluhan Germas dan ODF di 3 (tiga) Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea yaitu: Posyandu Dahlia, Posyandu Sri Rejeki, dan Posyandu Alamanda dengan fokus tentang penyakit Tuberculosis (TBC).

TBC (Tuberculosis) ini adalah penyakit menular yang di sebabkan oleh Mycobakterium Tuberculosis. Penularannya melalui udara pada saat penderita batuk atau bersin. Penderita TBC WAJIB melakukan pemeriksaan dahak yang dilakukan 3x pengambilan dahak dan dikumpulkan dalam 2 hari kunjungan berurutan. Dikenal dengan SPS (sewaktu pagi sewaktu). Penderita TBC juga WAJIB memiliki PMO (Pengawas Minum Obat). Tujuannya agar penderita TBC rutin dan tidak putus minum obat.

 

 

 

 

Emo Demo di Jodipan ~ Puskesmas Kendalkerep.

Sabtu (13/7/19), Ibu-ibu balita membahas demo sehat dengan tema porsi makan bayi dan anak. Tujuannya adalah ibu mengerti bahwa anak membutuhkan makanan yang beragam dan bergizi tinggi untuk tumbuh kembangnya, yang berbeda dengan orang dewasa.

 

 

 

 

 

 

 

Hidup Manis dengan PROLANIS ~ Puskesmas Polowijen.

Prolanis merupakan sebuah Program Pengelolaan Penyakit Kronis dengan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

Sabtu (13/07/2019) pasien diabetes militus dan hipertensi yang berusia 45 tahun ke atas mengikuti kegiatan Prolanis di Puskesmas Polowijen. Kegiatan diawali dengan
1. Pemeriksaan laboraturium,
2. Senam,
3. Penyuluhan,
4. Pengobatan.

Kegiatan Prolanis ini rutin dilaksanakan setiap bulan pada Sabtu minggu ke-2.
Meskipun sakit tetap semangat dan rutin berobat ya

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply