Kegiatan Puskesmas, Selasa 27 Agustus 2019

Pemeriksaan Gigi dan Mulut di Kelas Ibu Hamil ~ Puskesmas Kendalkerep.

Selasa, 27 Agustus 2019 Puskesmas Kendalkerep menyelenggarakan kegiatan Kelas Ibu Hamil di Kelurahan Polehan yang juga dihadiri Ketua TP PKK Kelurahan Polehan. Kegiatan yang dilakukan di kelas ibu hamil adalah pemeriksaan laboratorium, konseling gizi, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, edukasi, dan senam hamil. Manfaat pemeriksaan gigi dan mulut pada ibu hamil adalah:

1. Selama kehamilan ibu membutuhkan asupan zat makanan bergizi. Bila ibu hamil mengalami gangguan kesehatan pada mulut dan gigi, maka kebutuhan pemenuhan makanan tersebut akan terganggu.
2. Dampak dari perubahan hormon kehamilan (estrogen dan progesteron) yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.
3. Peningkatan risiko terjadinya pembengkakan gusi maupun perdarahan pada gusi.

Kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting, khususnya pada ibu hamil.

 

 

 

FKMPP bersinergi dengan RJT ~ Puskesmas Polowijen.

Selasa (27/08/19) anggota FKMPP (Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Puskesmas) dari RT 01 RW 03 Kelurahan Polowijen menjembatani warga berusia 17 tahun yang mengalami kelainan tulang belakang yang harus menjalani operasi di RSSA kurang mampu yang membutuhkan informasi ambulance gratis. RJT respon cepat dengan mendatangi langsung rumah warga yang membutuhkan sarana ambulance dan setelah selesai kembali mengantar pulang.

 

 

 

 

 

 

 

Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar ~ Puskesmas Arjowinangun.

Selasa (27/8/19) Pola hidup bersih dan sehat lebih mudah dibiasakan pada anak-anak. Mereka akan lebih mudah mengingat dan gemar untuk meniru. Petugas kesehatan Puskesmas Arjowinangun melakukan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan hygiene personal kepada siswa SDN Bumiayu 2.

Selain itu, siswa diajak untuk praktik cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang benar. Dengan kegiatan ini siswa diharapkan terbiasa untuk CTPS sebelum makan, setelah dari kamar mandi, setelah berkativitas, dan setelah memegang hewan piaraan. CTPS, kebiasaan kecil namun banyak manfaatnya karena mencegah dari penyakit seperti diare, disentri, kecacingan, hepatitis, dsb.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.