Kegiatan Puskesmas, Senin 26 Agustus 2019

Lomba Balita Sehat ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin, 26 Agustus 2019 Puskesmas Kendalkerep mengadakan Lomba Balita Sehat Tahap Kedua di Aula Lt. 2 Puskesmas. Peserta lomba terdiri dari 12 balita yang berasal dari Kelurahan Bunulrejo, Kesatrian, dan Polehan yang merupakan hasil seleksi tahap pertama yang dilakukan pada awal bulan Agustus.

Pada lomba tahap kedua ini, dilakukan penilaian terkait pengetahuan ibu, pemantauan tumbuh kembang, skrining kesehatan, dan penilaian seputar gizi. Hasil lomba tahap kedua adalah terpilihnya 3 balita juara dan juara 1 dan 2 akan mewakili Puskesmas Kendalkerep di Lomba Balita Sehat tingkat Kota Malang.

Yuk kita dukung ibu serta balitanya. Ibu cerdas, balita berkualitas.

 

 

 

 

Emo Demo: ASI Saja Cukup ~ Puskesmas Cisadea.

Senin (26/8/19) bertempat di Kantor Kelurahan Blimbing, Puskesmas Cisadea mengadakan pertemuan Penyuluhan Emo Demo “ASI SAJA CUKUP”. Pada pertemuan ini yang di undang adalah Ketua Kader Posyandu, Kader Penyuluhan di Posyandu, PLKB Kelurahan Blimbing, Sekretaris PKK Kelurahan, Bidan Wilayah kelurahan Blimbing dan Bidan Wilayah Kelurahan Purwantoro.

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Cisadea membagikan Buku Modul Emo Demo kepada seluruh posyandu yang berada di Kelurahan Purwantoro. Selain membagikan buku, petugas juga menjelaskan Emo Demo yang bisa diterapkan di Posyandu, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) maupun BKB (Bina Keluarga Balita). Sebelumnya juga dijelaskan mengenai apa itu Emo Demo. Kemudian Petugas Puskesmas bekerja sama dengan Kader Pendamping Taman Posyandu untuk bersama-sama mempraktekkan Emo Demo “ASI SAJA CUKUP”. Kami mengajarkan 1 tema terlebih dahulu dengan tujuan untuk memudahkan kader posyandu dalam menerima materi serta mengingat cara dan teknik melakukan Emo Demo di posyandunya.

Petugas menghimbau untuk bulan depan seluruh kader posyandu di kelurahan purwantoro serentak untuk mempraktekkan sesuai jadwal buka posyandu masing-masing. Dan juga petugas bersama Kader Pendamping Taman Posyandu akan membantu Posyandu yang mengalami kesulitan dalam mempraktekkan Emo Demo.

Kegiatan ini akan selalu dipantau oleh Puskesmas Cisadea dengan cara kader mengirimkan bukti pelaksanaan kegiatan Emo Demo berupa video. Cara ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan dari penerapan Emo Demo di Posyandu Kelurahan Blimbing.

 

Aku Anak Sehat! Bebas dari Cacingan ~ Puskesmas Pandanwangi.

Senin (26/8/19) SD Plus Al Kautsar melaksanakan kegiatan minum obat cacing bersama dengan didampingi petugas Puskesmas Pandanwangi. Selain minum obat cacing, murid-murid SD Plus Al Kautsar juga dibekali informasi kesehatan melalui penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang berkaitan dengan kejadian kecacingan.

Dengan adanya kerjasama antar puskesmas dan sekolah serta pihak-pihak lain yang terkait, harapannya kejadian penyakit cacingan dapat dicegah sedini mungkin sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal!

 

 

 

 

 

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) AWARDS ~ Puskesmas Polowijen.

STBM Awards merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Rakornas STBM 2017 tentang kerjasama 5 (lima) kementerian dalam penuntasan akses sanitasi masyarakat. Dengan adanya STBM Berkelanjutan Award, diharapkan akan menjadi pemicu bagi daerah lainnya untuk mencapai target STBM dan melahirkan banyak inovasi untuk percepatan Universal Akses 2019 maupun SDG’s 2030.

Senin (26/08/2019) Petugas Sanitasi Puskesmas Polowijen menghadiri pertemuan persiapan menuju STBM Awarads Kota Malang. Dalam STBM ini dibahas 5 pilar yaitu:
1. Stop BAB sembarangan,
2. Cuci tangan pakai sabun,
3. Pengelolaan air minum dan makanan,
4. Pengelolaan sampah,
5. Pengelolaan limbah cair.
Berdasarkan hasil riset STBM ini digalakkan karena dapat menurunkan angka kejadian diare, penyakit berbasis lingkungan, dan stunting. Jadi ayo kita sukseskan STBM di lingkungan kita!

 

Lomba Posyandu Lansia ~ Puskesmas Pandanwangi.

Senin (26/08/2019) Posyandu Lansia Rama Sinta RW 06 Kelurahan Pandanwangi ikut berpartisipasi dalam lomba posyandu lansia.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembinaan Cara Pengisian Buku KIA kepada Kader ~ Puskesmas Arjowinangun.

Senin (26/8/19) Anak yang sehat adalah anak yang bertambah usia akan bertambah pula tinggi badan dan berat badan. Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak balita dapat dilakukan secara rutin tiap bulan di posyandu.

Di posyandu, pengukuran TB dan BB yang dilakukan oleh kader harus dicatat di buku KIA. Pertumbuhan anak dapat dilihat di grafik BB/U, BB/TB, dan TB/U. Petugas kesehatan Puskesmas Arjowinangun memberikan pembinaan terkait cara pengisian dan cara membaca grafik pertumbuhan anak kepada kader di Kelurahan Tlogowaru.

Diharapkan kader dapat aktif mengisi grafik dan mengerti arti dari grafik tersebut. Sehingga pertumbuhan balita di posyandu dapat terpantau dengan baik dan segera mendapatkan tindakan lebih lanjut jika ditemui gangguan pada pertumbuhannya.

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.