Kegiatan Puskesmas, Kamis 29 Agustus 2019

Bulan Timbang dan Pemberian Vitamin A ~ Puskesmas Mulyorejo.

Kamis (29/8/19) Selain melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan, Nutrisionis Puskesmas Mulyorejo mendistribusikan vitamin A pada kegiatan Posyandu di 4 Kelurahan di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo (Mulyorejo, Bandulan, Pisang Candi dan Karangbesuki). Ada 2 Jenis Vitamin A yang diberikan yaitu Biru dan Merah, vitamin A biru untuk usia 6 s.d. 11 bulan dan vitamin A merah untuk usia 12 s.d. 59 bulan.

 

 

 

 

 

 

 

Pendampingan Re Akreditasi Puskesmas Cisadea.

Kamis (29/8/19) Akreditasi Puskesmas merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan puskesmas yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Agar Puskesmas dapat memenuhi standar akreditasi dibutuhkan pendampingan oleh fasilitator yang kompeten agar puskesmas dapat membangun sistem pelayanan klinis.

Tujuan pendampingan adalah agar puskesmas memenuhi standar akreditasi meliputi kegiatan penggalangan komitmen dan pengenalan awal standar dan instrumen akreditasi, pemahaman standar dan instrumen akreditasi, self assesment dilanjutkan dengan membahas hasil self assesment untuk disusun rencana aksi persiapan akreditasi, penyusunan dokumen akreditasi, dan pelaksanaan dokumen akreditasi.

Puskesmas Cisadea pada tahun 2017 sudah berhasil melakukan akreditasi sengan hasil strata “Lulus Madya”. Pada tahun 2020 Puskesmas Cisadea akan melakukan akreditasi kembali. Dengan adanya pendampingan ini, semoga Puskesmas Cisadea mendapatkan hasil akreditasi yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

 

 

Pertemuan Lokakarya Lintas Sektor Puskesmas Polowijen.

Selain memberikan pelayanan UKP (Upaya Kesehatan Perorangan), Puskesmas juga adalah fasilitas kesehatan yang membawahi wilayah kerja dengan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat). Sehingga di dalam wilayah kerja tersebut terdapat lintas sektor yang turut memberikan perannya pada layanan kesehatan.

Kamis (29/08/2019) Pertemuan Lintas Sektor diadakan di Puskesmas Polowijen yang dihadiri oleh Camat Blimbing, Lurah Purwodadi, Lurah Polowijen, Lurah Balearjosari dan Lintas Sektor lainnya. Pada pertemuan kali ini membahas hasil pertemuan FKMPP sebelumnya, menyampaikan rencana tentang layanan pindah faskes yang butuh dukungan dari Lurah dan Camat, serta persiapan SMD (Survey Mawas Diri) yang bertujuan untuk pengkajian masalah kesehatan oleh sekelompok masyarakat setempat di bawah bimbingan tenaga kesehatan desa untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan.

Layanan kesehatan paripurna itu tercipta karena dukungan dari masyarakat untuk masyarakat!

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

One comment

  1. Semoga puskesmas dimalang semakin maju, baik dari pelayanan maupun fasilitasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.