Kegiatan Puskesmas, Senin 2 September 2019

0

Screening Kesehatan Anak Sekolah ~ Puskesmas Rampal Celaket

Bulan September screening kesehatan dilakukan di sekolah menegah, setelah Bulan Agustus dilakukan di sekolah-sekolah dasar. Senin (2/9/19) kegiatan screening kesehatan oleh Puskesmas Rampal Celaket dimulai di SMPK Cor Jesu. Screening kesehatan yang dilakukan meliputi kesehatan tubuh (kulit, mata, rambut, kuku), kesehatan gigi, tes buta warna, dan ketajaman penglihatan.

Tindak lanjut hasil screening akan disampaikan oleh sekolah ke wali murid, sehingga siswa yang terdeteksi dini masalah kesehatan bisa segera berkonsultasi ke dokter.

 

 

 

 

 

Pemeriksaan Kadar Hemoglobin (Hb) pada Remaja Putri ~ Puskesmas Cisadea.

Senin (2/9/19) Petugas Puskesmas Cisadea melakukan pemeriksaan Kadar Hemoglobin (Hb) darah pada siswi SMP NU Syamsudin Kelurahan Blimbing. Tujuannya adalah :
1. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya remaja putri.
2. Untuk mengukur Kadar Hemoglobin yang ada dalam tubuh.
3. Sebagai deteksi dini terhadap adanya gejala anemia secara umum.

Remaja putri memiliki fase menstruasi setiap satu bulan. Dibutuhkan asupan zat gizi kuat dan seimbang. Salah satunya mengandung zat besi (Fe), karena jika tubuh kekurangan Fe dalam darah maka dapat berisiko terkena anemia atau kurang darah. Gejala anemia yaitu 5L (lemah, letih, lesu, lelah, dan lalai).

 

 

 

Posyandu Lansia Krisna Kelurahan Pandanwangi

Senin (2/9/19), Posyandu Lansia Krisna RW. 4 Kelurahan Pandanwangi melayani masyarakat untuk pemeriksaan dan pemantauan kesehatan. Kegiatan posyandu lansia diawali senam bersama, yang dilanjutkan dengan penimbangan Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Tekanan Darah (TD), pemantauan Kartu Menuju Sehat (KMS) lansia, konsultasi kesehatan, dan pemberian obat yang sesuai.

 

 

 

 

 

 

 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin (2/9/19) Salah satu Inspeksi Kesehatan Lingkungan adalah memeriksa pencahayaan di sekolah. Ruangan yang diperiksa adalah kelas, laboratorium, dan perpustakaan. Tingkat pencahayaan standar adalah antara 200-300 lux. Kondisi sekolah yang bersih dan nyaman, akan meningkatkan daya konsentrasi anak sekolah untuk itu Petugas Puskesmas Kendalkerep akan rutin melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) ~ Puskesmas Pandanwangi.

Kegiatan Pos UKK dilaksanakan setiap Senin pertama setiap bulan. Senin (2/9/19) kegiatan Pos UKK dilaksanakan di Pustu Kelurahan Arjosari dengan sasaran kegiatan para pekerja pembuatan shuttlecock di Kelurahan Arjosari.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan yaitu (menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan tekanan darah) dan juga dilakukan pemantauan kesehatan oleh petugas dari hasil pemeriksaan sebelumnya lalu dibandingkan dengan pemeriksaan saat ini. Selain itu pekerja menyampaikan keluhan-keluhan kesehatan yang dialami, setelah itu petugas memberikan tanggapan berupa informasi kesehatan yang sesuai dengan keluhan pekerja.

Adanya kegiatan pos UKK disambut baik oleh pemilik usaha maupun para pekerja. Cek kesehatan rutin yang dilakukan oleh para pekerja maupun pemilik usaha diharapkan dapat mengurangi gangguan kesehatan terutama pada saat bekerja dan meningkatkan produktivitas sehingga meminimalisir adanya kerugian baik secara fisik maupun material.

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply