Kegiatan Puskesmas, Selasa 3 September 2019

0

Pemeriksaan Buta Warna Anak Sekolah ~ Puskesmas Cisadea.

Selasa, 3 September 2019, Petugas Puskesmas Cisadea melakukan Pemeriksaan Kesehatan fisik pada siswa-siswi SMP Ma’ arif Kelurahan Purwantoro. Salah satunya yaitu Pemeriksaan Buta Warna. Buta warna adalah kondisi dimana kualitas penglihatan terhadap warna berkurang. Seseorang yang menderita penyakit ini akan sulit membedakan warna.

Buta warna juga dapat dikatakan penyakit seumur hidup. Namun penderitanya dapat melatih diri beradaptasi dengan kondisi ini, sehingga aktivitas sehari-hari tetap berjalan normal. Penyebab buta warna adalah sel pigmen tersebut mengalami kerusakan atau tidak berfungsi sehingga mata tidak dapat mendeteksi warna-warna tertentu bahkan seluruh warna.

Kerusakan sel tersebut terjadi karena adanya kelainan gen yang di turunkan orang tua kepada anak. Beberapa orang tidak menyadari bahwa dirinya menderita buta warna, maka dari itu melakukan pemeriksaan buta warna di rasa perlu.

 

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply