Kegiatan Puskesmas, Rabu 4 September 2019

0

Inspeksi Sanitasi Lingkungan Sekolah ~ Puskesmas Polowijen.

Rabu (4/9/19) Petugas Sanitasi Puskesmas Polowijen melakukan Inspeksi Sanitasi Lingkungan Sekolah di SDN Polowijen 3. Hal-hal yang ditinjau adalah kebersihan dan kerapian ruang bangunan, konstruksi bangunan, dan pembinaan lingkungan. Pengukuran kualitas lingkungan meliputi pencahayaan dengan menggunakan luxmeter, kebisingan menggunakan soundlevelmeter, kelembapan udara menggunakan hygrotermometer, pengambilan sampel air, dan pengecekan sampel makanan.

Tempat-tempat umum memiliki potensi sebagai tempat terjadinya penularan penyakit, pencemaran, ataupun gangguan kesehatan lainnya. Sehingga tindakan preventif perlu dilaksanakan.

 

 

 

 

 

Survey Jentik Puskesmas Polowijen.

Angka kejadian penyakit Demam Berdarah yang cenderung sulit turun menyebabkan berbagai upaya pemberantasan terus dilakukan. Sebagaimana kita kenal, metode pemberantasan habitat nyamuk ini, misalnya dengan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN), masih dianggap cara paling efektif.

Rabu (4/9/19) Puskesmas Polowijen melakukan survey jentik di Asrama Stikes Kandedes Malang. Hal ini dilakukan berkaitan dengan bulan yang hampir memasuki musim penghujan serta adanya laporan kejadian DBD. Yang di survey adalah pengecekkan tempat penampungan air dan tempat yang dapat tergenang air bersih serta kebersihan lingkungan.

Jadi yuk jaga kebersihan lingkungan. Jangan lupa lakukan 3M Plus (menguras, mendaur ulang, menutup, plus hindari gigitan nyamuk, tidur pakai kelambu, abatesasi)

 

 

 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) Sekolah ~ Puskesmas Pandanwangi.

IKL adalah kegiatan pemeriksaan dan pengamatan secara langsung terhadap lingkungan sekolah dalam rangka pengawasan berdasarkan standar, norma, dan baku mutu yang berlaku untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan sekolah. Rabu (4/9/19), Sanitarian Puskesmas Pandanwangi melakukan IKL di lingkungan SD Plus Al Kautsar.

IKL dilakukan pada kantin sekolah dengan penilaian yang meliputi jenis dan kualitas jajanan yang dijual di kantin sekolah serta kebersihan dan perilaku penjamah makanan. Serta melakukan pengukuran parikel debu,angka kuman udara, laju ventilasi, tingkat kebisingan ruang kelas tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, dan pencahayaan.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply