Kegiatan Puskesmas, Rabu 11 September 2019

5

Lomba Kelurahan Tangguh ~ Puskesmas Janti.

Rabu (11/9/19), Puskesmas Janti berpartisipasi dalam kegiatan Kelurahan Tangguh di Kelurahan Bandungrejosari. Kelurahan Tangguh adalah kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi resiko bencana.

Mengingat korban terbesar dari bencana adalah masyarakat dan yang pertama-tama menghadapi bencana adalah masyarakat, maka pemerintah mengembangkan program pengurangan risiko bencana melalui pengembangan Kelurahan Tangguh. Dalam Lomba ini dilakukan penilaian antara lain penilaian Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) sebagai sarana rujukan tanggap bencana lingkungan.

Peran dari Poskeskel selain pelayanan kesehatan dasar tapi juga sangat penting dalam mendukung kesiapsiagaan penanganan bencana di masyarakat. Terdapat juga penilaiaan saran ambulan puskesmas sebagai sarana transportasi rujukan kejadian kejaidan penting atau bencana dimasyarakat. Lomba ini dinilai langsung oleh juri dari jajaran Dinas Provinsi Jawa Timur.

 

 

 

Lomba Posyandu Lansia ~ Puskesmas Mulyorejo.

Posyandu Lansia Dewi Shinta RW 02 Kelurahan Bandulan ikut berpartisipasi dalam lomba Posyandu Lansia tingkat Kota Malang. Rabu (11/9/19) Puskesmas Mulyorejo melakukan pendampingan kelengkapan, pencatatan pelaporan, inovasi, kegiatan rutinan, dan proses berjalannya posyandu lansia.

Harapannya Posyandu Lansia Dewi Shinta RW 2 Kelurahan Bandulan bisa menjadi contoh posyandu lainnya di wilayah kerja Puskesmas Mulyorejo. Hasil dari penilaian nantinya dapat dijadikan evaluasi untuk menjadikan posyandu lansia lebih baik lagi dapat melayani dan menjangkau semua lansia terutama pada pelayanan kesehatan sehingga lansia menjadi sehat, bugar produktif dan bahagia.

 

 

 

 

 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) dan Pengkajian PHBS Sekolah ~ Puskesmas Pandanwangi.

Rabu (11/9/19), Sanitarian Puskesmas Pandanwangi melakukan IKL dan pengkajian PHBS di SDN Arjosari 3. IKL merupakan kegiatan pemeriksaan dan pengamatan secara langsung dalam rangka pengawasan terhadap lingkungan sekolah berdasarkan standar, norma dan baku mutu yang berlaku untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan sekolah.

Pengkajian PHBS yang dilakukan di SDN Arjosari 3 yaitu meliputi penilaian dengan kriteria :
1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun,
2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah,
3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat,
4. Olahraga teratur dan terukur,
5. Memberantas jentik nyamuk,
6. Tidak merokok di sekolah,
7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan,
8. Membuang sampah pada tempatnya.

Dengan adanya kajian ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan yang diakibatkan penyakit di lingkungan sekolah.

 

Lanjut Usia Namun Semangat dan Tetap Berkarya ~ Puskesmas Polowijen.

Rabu (11/9/19) Posyandu Lansia RW 5 Polowijen mengikuti Lomba Posyandu Lansia yang diselenggarakan Dinas Kesehatan dan Yayasan Geriatri Abiyasa Kota Malang. Pada kegiatan Posyandu Lansia, Lansia dapat mengetahui status kesehatan, ajang silaturahmi, melakukan aktifitas fisik bersama, dan ajang rekreasi. Dan juga mengisi kegiatan sehari- hari dengan membuat kerajinan dan ekonomi produktif. Jadi yuk Lansia tua, sehat, bahagia!

 

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

5 Komentar

Leave A Reply