Kegiatan Puskesmas, Senin 23 September 2019

0

Inspeksi Kantin Sehat ~ Puskesmas Dinoyo.

Senin (23/9/19) Memilih sekolah terbaik untuk anak, tidak cukup hanya melihat fasilitas dan kurikulum pendidikan yang digunakan. Kantin sekolah kini juga menjadi salah satu perhatian banyak super parents di Indonesia.

Apa saja kriteria kantin sekolah sehat?
1. Tidak menjual makanan yang mengandung cemaran mikroba. Makanan-makanan ini tidak sehat dikonsumsi karena bisa menyebabkan infeksi dan keracunan pada anak-anak maupun orang dewasa.

2. Tidak menyediakan makanan maupun minuman berwarna cerah mencolok. Makanan dan minuman seperti ini dikhawatirkan menggunakan bahan pewarna kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

3. Tidak menyediakan makanan yang keras atau gosong. Makanan seperti ini juga tidak tergolong makanan sehat karena berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal dan kanker.

4. Melatih siswa untuk selalu mengecek label kemasan sebelum membeli. Perhatikan tanggal kadaluarsa makanan dan minuman. Bila expired, jangan dikonsumsi karena dapat mengakibatkan keracunan.

5. Memiliki tempat cuci tangan. Idealnya, di depan setiap kelas harus ada wastafel. Kantin pun perlu menyediakan tempat cuci tangan agar siswa bisa membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel, sebelum mengonsumsi makanan.

Selain lima kriteria di atas, masih ada ciri kantin sehat lain yang harus diperhatikan. Ciri-ciri ini meliputi sarana dan prasarana kantin, serta pola hidup sehat yang dijalankan pengelolanya. Yaitu sumber air bersih, tempat penyimpanan, tempat pengolahan, tempat penyajian dan ruang makan, fasilitas sanitasi, perlengkapan kerja dan tempat pembuangan limbah.

 

Ruang Penyuluhan Puskesmas Kendalsari.

Senin (23/9/19) Poli Gizi Puskesmas Kendalsari memberikan penyuluhan kepada pengunjung Puskesmas tentang ISI PIRINGKU. “Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, karena manfaat yang dimiliki begitu besar terutama adalah kandungan vitamin yang menjaga kekebalan tubuh” ujar Meiniar, petugas nutrisionis Puskesmas Kendalsari.

Kebanyakan dari kita memiliki porsi makan yang didominasi karbohidrat seperti nasi. Sehingga gizi yang masuk dalam tubuh kurang seimbang. Yuk konsumsi buah dan sayur tiap hari!

 

 

 

 

 

Pemeriksaan Gigi berangkat ke masyarakat ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin (23/9/19) Pemeriksaan Gigi berangkat ke masyarakat (Peri gigi berkemas) ke Posyadu Alamanda 4B Polehan. Hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan upaya kesehatan gigi masyarakat agar gigi dan mulut anak sehat. Kesehatan gigi dan mulut bisa mempengaruhi kekebalan tubuh dan infeksi penyakit.

Gigi sehat, tubuh pun kuat!

 

 

 

 

 

 

Pengambilan Sampel Air Bersih PDAM ~ Puskesmas Mojolangu.

Senin (23/9/19) Petugas Puskesmas Mojolangu melakukan pengambilan sampel air bersih PDAM di SDN Tunjungsekar 5 Malang. Kegiatan pengambilan sampel air bersih untuk memantau kualitas air PDAM ini dilakukan setiap bulan untuk melihat kualitas air baik secara biologi maupun kimiawi sehingga layak untuk di konsumsi.

 

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply