Kegiatan Puskesmas, Rabu 25 September 2019

0

Rabu Sehat Dengan Imunisasi ~ Puskesmas Cisadea.

Rabu (25/9/19) Setiap hari Rabu Puskesmas Cisadea membuka jadwal pelayanan imunisasi anak yang bertempat di ruang pertemuan lantai 2. Imunisasi penting untuk kesehatan anak dengan tujuan untuk meningkatkan pembentukan antibodi untuk memperkuat kerja sistem imun tubuh anak saat melawan patogen (kuman, bakteri, jamur, virus, dan lainnya) penyebab penyakit berbahaya.

Imunisasi dilakukan dengan menyuntikkan virus atau bakteri yang sudah dilemahkan. Tubuh anak kemudian mendeteksi kedatangannya sebagai “ancaman” dan memicu sistem imun untuk memproduksi anti bodi yang nantinya bertugas melawan penyakit. Jadi jika suatu saat anak terserang penyakit, tubuh sudah memiliki “pasukan” antibodi yang mampu melawan serangan virus atau bakteri.

 

 

 

 

Edukasi Radio Kesehatan (era sehat) ~ Puskesmas Polowijen.

Rabu (25/09/19) Dokter Puskesmas Polowijen menyampaikan penyuluhan melalui radio di RRI Malang. Materi yang disampaikan yaitu permasalahan seputar IMS (Infeksi Menular Seksual). Informasi kesehatan ini amat penting karena trend penyakit menular maupun tidak menular semakin meningkat.

Yuk jaga kesehatan dengan mencari informasi kesehatan sebelum sakit!

 

 

 

 

 

 

Survei Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Tempat Ibadah ~ Puskesmas Kendalsari.

Rabu (25/9/19) Petugas promosi kesehatan dan sanitarian Puskesmas Kendalsari mengunjungi Masjid Nuruttaqwa untuk melakukan survei PHBS pada Tempat Ibadah. Indikator yang di survei meliputi ketersediaan air bersih, ketersediaan toilet sehat, pengelolaan sampah, perilaku merokok, upaya pemberantasan sarang nyamuk dan etika meludah.

Survei ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sehat bagi masyarakat di tempat tempat umum, agar terhindar dari bahaya dan penularan penyakit.

 

 

 

 

 

Penyuluhan Hipertensi dan Kesehatan Jiwa ~ Puskesmas Dinoyo.

Rabu (25/9/19) Kegiatan penyuluhan Hipertensi dan Kesehatan Jiwa dilakukan di PKK RW 5 Kelurahan Dinoyo dengan kepada 30 orang ibu PKK. di harapkan nantinya ibu-ibu PKK dapat menambah wawasan masyarakat terkait penyakit Hipertensi dan cara menjaga kesehatan jiwa.

Dalam kegiatan ini juga digali terkait masalah kesehatan jiwa yang ada di masyarakat. Kesehatan jiwa harus di deteksi sedini mungkin untuk menggali apakah berpotensi untuk mengalami masalah kejiwaan yang lebih besar sehingga bisa di cegag sedini mungkin.

Pasien orang dengan masalah kejiwaan jangan dipasung. Mari bersama kenali masalah kejiwaan!

 

 

 

 

Pertemuan Rutin Kader Kelurahan Puskesmas Mojolangu.

Peran kader kesehatan sangat lah penting karena dianggap paling dekat dengan masyarakat. Salah satu tugas kader kesehatan adalah menangani masalah kesehatan perseorangan dan/atau masyarakat, untuk itu kader harus mempunyai pengetahuan yang cukup untuk tugas tersebut.

Rabu (25/9/19) Puskesmas mojolangu melakukan pembinaan kader Kelurahan Tasikmadu. Beberapa hal yang disampaikan pada kegiatan tersebut antara lain: Masalah Stunting, ASI ekslusif dan bayi/balita BGM (Balita dibawah Garis Merah), hal tersebut diulas kembali untuk mengevaluasi tindak lanjut sebelumnya dan membahas rencana tindak lanjut untuk penyelesaian masalah.

 

 

 

 

 

 

Gerakan Bersama Mencegah Stunting ~ Puskesmas Kendalkerep.

Rabu (25/9/19) Gerakan Bersama Mencegah Stunting (Gema Centing) dilakukan di Posyandu Alamanda 4B Polehan oleh Nutrisionis dan Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Kendalkerep untuk mencegah stunting. Kegiatan tersebut diisi dengan kegiatan praktek pembuatan PMBA dan Emo Demo menyusun balok yang maknanya merubah perilaku ibu agar anak tidak stunting.

Cegah stunting itu penting!

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply