SOSIALISASI DAN ADVOKASI IMUNISASI BARU (VAKSINASI COVID-19) : UPAYA UNTUK MENCAPAI KEKEBALAN KELOMPOK UNTUK MASYARAKAT TERLINDUNGI DAN PRODUKTIF SECARA SOSIAL & EKONOMI

S

 

Saat ini vaksinasi Covid-19 di Kota Malang masih terus berjalan. Setelah selesai dengan vaksinasi tenaga kesehatan tahap pertama, dilanjutkan dengan vaksinasi pada petugas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Guna mensinergikan kegiatan tersebut, pada Selasa (23/2) lalu Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Vaksinasi Covid-19 di Hotel Atria Kota Malang.

Peserta kegiatan adalah perwakilan dari 85 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang  didapuk menjadi pelaksana vaksinasi Covid-19 di Kota Malang, perwakilan organisasi profesi (IDI, PDGI, IBI, dan PPNI), Sekretaris Dinas Kesehatan kota Malang, dan Kepala Bidang di lingkungan Dinas Kesehatan kota Malang.  Mengundang Bapak Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, sebagai keynote speaker bersama dengan Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan provinsi Jawa Timur, dan Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan motivasi yang kuat bagi para peserta pertemuan.

Dalam kegiatan ini disampaikan tentang peran fasyankes dalam mensukseskan imunisasi baru dalam penanggulangan Covid-19, strategi penanggulangan covid-19 dan pelayanan vaksinasi covid-19 di fasyankes sebagai bekal dan pedoman pelaksanaan teknis di lapangan.

Tentunya, di lapangan memungkinkan sekali untuk terjadi miss dalam pelasksanaan vaksinasi. Namun demikian, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan advokasi ini diharapkan dapat meminimalkan resiko terjadinya miss dan tentu saja menguatkan komitmen dari tingkat pemegang kebijakan sampai pelaksana teknis vaksinasi di lapangan, juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.