World Cancer Day 2022 : CLOSE THE GAP CARE

Setiap tanggal 4 Februari adalah bertepatan dengan hari kanker sedunia, adapun tema Hari Kanker Sedunia tahun 2022 ini adalah Close the Care Garp yang berarti menutup kesenjangan perawatan, tema tersebut membawa makna bahwa hingga hari ini ketidak adilan dalam perawatan kanker di seluruh dunia masih terjadi, beberapa fakta yang menjadi latar belakang digemakannya tema Close the Care Gap adalah ketidaksetaraan dalam perawatan kanker, orang yang mencari perawatan kanker menghadapi hambatan di setiap kesempatan, pendapatan, pendidikan, lokasi dan diskriminasi berdasarkan etnis, jenis kelamin, orientasi seksual, usia, kecacatan dan gaya hidup hanyalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perawatan secara negative.

Hari Kanker Sedunia 2022 ini merupakan tahun pertama dikampayekannya Close the Care Gap, sehubungan dengan hal itu maka semua pihak di seluruh dunia diharapkan harus memiliki kesadaran atas pentingnya penyamarataan perihal perawatan kanker tanpa membeda-bedakan ras, suku, agama, dan lainnya.

Penyebab utama kanker adalah perubahan (mutase) genetik pada sel, sehingga mutasi genetik akan membuat sel menjadi abnormal. Sebenarnya tubuh memiliki mekanisme tersendiri unutk menghancurkan sel abnormal ini, bila mekanisme tersebut agagal sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali. Beberapa macam kanker yang ada saat ini yang terbanyak adalah kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim), hal ini termasuk kasus kanker yang ada di Kota Malang dengan jumlah kasus kanker payudara di tahun 2021 sebanyak 360 kasus,  atau meningkat 1 kasus bila dibandingkan tahun 2020 sebanyak 359 kasus, kemudian di urutan berikutnya kanker serviks tahun 2021 sebanyak 50 kasus dan lebih sedikit bila dibandingkan dengan tahun 2020 sebanyak 77 kasus dan hal ini banyak terjadi pada kelompok umur usia produktif yaitu antara 15 – 59 tahun.

Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang terus melakukan berbagai uapaya edukasi masyarakat melalui berbagai media dan meningkat kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) termasuk penyakit kanker.

Bersama ini Dinas Kesehatan Kota Malang mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup CERDIK (Cek Kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olah raga, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres dengan baik) dan penyakit kanker bisa sembuh bila terdeteksi sedini mungkin dan tidak sampai ke stadium lanjut.

Adapun pencegahan kanker payudara dengan cara melakukan deteksi dini dengan melakukan Sadari: Periksa Payudara Sendiri sedini mungkin dan deteksi dini untuk kanker serviks bisa melalui periksa IVA ke fasilitas kesehatan terdekat dan kitapun bisa mencegah penyakit tidak menular salah satunya adalah penyakit kanker.

 

Penulis : drg. Muhammad Zamroni (Kepala Seksi PTM Dinas Kesehatan Kota Malang)