PERINGATAN HARI KUSTA INTERNASIONAL 2022 : “Mari Bersama Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta”

 

Peringatan Hari Kusta Internasional 2022 diperingati setiap hari Minggu terakhir di bulan Januari dimana tahun ini jatuh di tanggal tanggal 30 Januari 2022. World Leprosy Day (WLD) diperingati dalam rangka memberikan semangat kepada penyintas kusta, meningkatkan pemahaman tentang  penyakit kusta, serta menyerukan untuk mengakhiri stigma dan diskriminasi penderita kusta.

Tema Hari Kusta Internasional tahun 2022 yang diusung oleh WHO adalah ‘Unity for Dignity’ atau ‘Bersatu Untuk Martabat’. Tema ini diambil dalam rangka menghormati harkat dan martabat penyintas kusta. Sementara di Indonesia menghadirkan pesan “Mari Bersama Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta”.

Perayaan Hari Kusta Sedunia dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit ini. Menurut situs Leprosymission.org, sekitar 200.000 orang di seluruh dunia menderita kusta tiap tahunnya. Di Indonesia, masih terdapat 18.000 kasus kusta yang terdaftar di Kemenkes. Berdasarkan data Dinkes Kulonprogo, kasus tersebut tersebar di 341 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Sementara di Kota Malang sendiri, untuk tahun 2020 ada 9 kasus kusta MB baru, dan tahun 2021 ada 11 kasus kusta MB baru. Sampai saat ini tidak ada laporan kasus kambuh untuk kasus yang sudah mendapatkan pengobatan lengkap dan tuntas.

 

Yuk unduh infografis Peringatan Hari Kusta Internasional 2022 KLIK DI SINI