Kegiatan-kegiatan Puskesmas Kamis 2 Mei 2019

Edukasi mengenai batuk ~ Puskesmas Pandanwangi

Siapa yang sering bersin2 dan batuk?? Hayoo.. Kalo bersin batuk mulut dan hidungnya ditutup gak??

Bersin dan batuk adalah salah satu reaksi tubuh terhadap benda asing yg masuk ke dalam sistem pernapafan kita. Bisa karena alergi debu atau bahan2 tertentu, bisa juga ada infeksi virus atau bakteri. Yang jelas, waspadai bersin dan batuk terutama yg berlangsung lama., jangan sungkan untuk berobat.

Hari ini, kamis 2 Mei 2019 bertepatan dg hari pendidikan nasional, pasien di ruang tunggu puskesmas pandanwangi di edukasi mengenai etika batuk, antara lain batuk dengan menutup mulut dan hidung dengan tisue, menutup mulut dan hidung dengan lengan atas.

 

 

 

 

Kegiatan KS ~ Puskesmas Polowijen

Selamat pagi warga AREMA?
Rumah kalian sudah dikunjungi petugas Puskesmas belum?
Ada apa ya kok petugas Puskesmas mendatangi rumah warga??
(02/05/2019) Puskesmas Polowijen melaksanakan kegiatan KS di Kelurahan Polowijen

Warga AREMA pada tahu nggak sih kalo keluarga merupakan komponen penting dalam upaya pencegahan  penyakit selain peran dari kualitas lingkungan dan sarana serta prasarana kesehatan. Keluarga juga merupakan tempat pertama kali kehidupan sosial dan pendidikan didapatkan oleh anak, termasuk pendidikan terkait kesehatan. Perilaku hidup sehat yang didapatkan sejak dini akan memicu kesadaran terhadap pentingnya kesehatan baik di keluarga maupun masyarakat. Mengingat betapa pentingnya peran keluarga dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, Pemerintah membuat Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Nah yang disurvey itu meliputi:
Melakukan aktivitas fisik;Makan sayur dan buah; Cek kesehatan secara rutin; Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol; Membersihkan lingkungan tempat tinggal; Menggunakan jamban.
Jadi kalian sudah termasuk keluarga sehat belum?
“Hidup sehat dimulai dari diri sendiri dan mulai saat ini”

 

Refreshing promotor sanitasi ~ Puskesmas Gribig

promotor sanitasi ujung tombak percepatan sanitasi kota malang

Ayoo.. siapa yang masih suka BABS (Buang Air Besar Sembarangan)??
Ayoo… siapa yang saluran kamar mandi dan septiktank nya langsung ke sungai atau drainase?

Kamis, 2 Mei 2019 Puskesmas Gribig mengadakan refreshing promotor sanitasi yang bertempat di aula puskesmas. Petugas sanitasi puskesmas gribig berharap para promotor sanitasi bisa berperanan mewujudkan penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment), peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation), dan peningkatan penyediaan sanitasi (supply improvement) di kalangan masyarakat dan mengungkapkan tiga kemampuan di atas menjadi butir penting yang ingin dicapai puskesmas dengan digelarnya Refreshing Promotor Sanitasi bagi masyarakat wilayah puskesmas
Gribig.

Tujuannya agar para peserta setelah diberi pembinaan akan mampu menjadi promotor sanitasi yang memiliki kemampuan mendorong terciptanya enabling environment, demend creation dan supply improvement STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) untuk pencapaian universal akses sanitasi dan percepatan peningkatan akses sanitasi di wilayah Puskesmas Gribig dan umumnya Kota Malang. Terkait itu, maka para peserta harus memahami kondisi sanitasi yang ada di wilayahnya, harus memahami lingkungan yang mendukung program sanitasi, memiliki sikap dan keterampilan sebagai seorang promotor sanitasi.
Peserta pun harus dapat memotivasi individu maupun masyarakat untuk berinvestasi di bidang sanitasi, mampu merencanakan promosi sanitasi (pengumpulan data perencanaan dan sosialisasi), mampu melaksanakan promosi sanitasi di tingkat masyarakat dan rumah tangga melalui pendekatan pemicuan.

Sanitasi yang tidak baik dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti diare, disentri, kolera, thypus dan terjadi pencemaran lingkungan. Mari kita rubah perilaku yang masih salah terkait sanitasi yang ada di rumah kita, lingkungan sekitar kita sehingga kualitas hidup akan meningkat, lingkungan higienis dan sehat, terhindar dari stunting.

 

Emo-Demo ASI Eksklusif ~ Puskesmas Kendalsari

Kamis, 2 Mei 2019, Petugas Puskesmas Kendalsari bersama Kader dan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang melaksanakan kegiatan Emo-Demo terkait ASI Eksklusif di Posyandu. Kegiatan Emo-Demo merupakan kegiatan penyuluhan dengan metode game. Kegiatan ini menuntut ibu-ibu untuk berpikir aktif sehingga penyuluhan yang disampaikan lebih mudah diingat. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu terkait porsi yang tepat untuk pemberian ASI Eksklusif kepada anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Posyandu Melati RW 8 Kelurahan Lowokwaru Malang yang diikuti oleh ibu-ibu balita dan wanita usia subur.
Selain dilaksanakan penyuluhan, petugas puskesmas juga memberikan kesempatan kepada ibu” untuk berbagi pengalaman dan sharing ilmu.

 

 

 

 

Misger : Kamis Seger ~ Puskesmas Kendal Kerep

Apa yang muncul dipikiran jika mendengar kata refreshing? Pasti segar, atau seger dalam bahasa jawa. Namun, apakah refreshing yg satu ini juga bikin seger?

Puskesmas Kendalkerep mengadakan refreshing pada 60 perwakilan kader dari tiap posyandu. Acara ini adalah acara rutin yg dilaksanakan 4 kali dalam setahun.

Penyegar acara kali ini adalah materi eliminasi HIV dan sifilis, persiapan survei PHBS Rumah Tangga dan penyuluhan Germas 2019, penjelasan skrining faktor penyakit tidak menular, dan penjelasan aplikasi operasi timbang.

Bagaimana? Seger kan?

 

 

 

AnTer Bumil (ANC terpadu ibu hamil) ~ Puskesmas Arjuno

AnTer, biasanya kita AnTer anak sekolah, AnTer ibu ke pasar. Tapi kini saatnya kita AnTer Bumil (ANC Terpadu) ke puskesmas.

Siapa yang belum tahu kalau di Puskesmas Arjuno ada ANC terpadu?
Kalau masih belum tahu, kami informasikan sekarang dan hari ini (2 Mei 2019) kami dokumentasikan kegiatannya.

ANC terpadu adalah layanan khusus pemeriksaan ibu hamil yang terpadu dengan pelayanan lainnya seperti pemeriksaan gigi, pemeriksaan laboratorium, dan konsultasi gizi. Apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk memantau kemajuan kehamilan serta memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Selain itu, ada tujuan lainnya yaitu meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, mental, dan sosial ibu serta janin dan juga mengenali secara dini komplikasi yang mungkin terjadi saat hamil.

Kapan seharusnya mulai mendapat pelayanan ANC?
Pelayanan ANC bisa didapatkan jika bumil segera ke dokter atau bidan jika terlambat datang bulan dan periksa kehamilan paling sedikit 4 kali selama kehamilan.

Apa saja pelayanan AnTer yang didapatkan bumil?
1. Pengukuran BB dan TB bumil
2. Pengukuran tensi
3. Pengukuran LILA
4. pengukuran tinggi rahim
5. Penentuan letak janin dan penghitungan denyut jantung janin
6. Pemberian tablet tambah darah.
Selain itu bumil akan diarahkan untuk tes laboratorium dan pemeriksaan gigi. Setelah dari laboratorium dan pemeriksaan gigi akan ada penjelasan dari bidan mengenai pemeriksaan yang telah dijalani. Apabila ditemukan kelainan atau masalah gizi, bumil akan dikonsultasikan ke bagian gizi. Di pelayanan konsultasi gizi, akan diberikan KIE terkait pemenuhan gizi ibu hamil dan penanganannya.
Dengan AnTer bumil, kita tingkatkan kesehatan ibu hamil guna melahirkan anak yang sehat, cerdas dan berprestasi.

 

Pembinaan kader pasca posyandu ~ Puskesmas Mojolangu

Pembinaan pasca posyandu di posyandu balita melati rw 3 Kelurahan Tunggul Wulung. Puskesmas Mojolangu

Posyandu merupakan salah satu tempat bagi ibu dan balita untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita sekaligus memberi imunisasi dan peningkatan gizi, serta penyuluhan dan konseling kepada lapisan masyarakat di sekitar posyandu.

Pembinaan kader pasca posyandu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kader posyandu.

Kegiatan ini merupakan monitoring dan evaluasi pemahaman kader tentang cara pengisian KMS, pelaporan dan cara menimbangan dan pengukuran yang benar. Kegiatan ini dilakukan di posyandu melati RW 3 Kel tunggu Wulung.

Kegiatan ini tidak hanya di lakukan di posyandu melati namun di semua posyandu diwilayah kerja mojolangu sesuai dengan jadwal yang di tentukan.

 

 

Pelacakan Kasus DBD ~ Puskesmas Cisadea

Kamis, 2 mei 2019, Rw 21 Kelurahan Purwantoro adalah salah satu dari sekian RW di wilayah kerja puskesmas Cisadea yang warganya terkena penyakit DBD.

Demam berdarah adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang di tularkan melalui perantara vektor nyamuk aedes aegypti yang ditandai dengan demam mendadak 2-7 hari tanpa sebab yang jelas,lesu,dan kadang bisa terjadi mimisan dan kesadaran menurun.

Dari sekian kasus DBD walaupun sudah dilakukan survey jentik oleh kader kesehatan, nyatanya masih terdapat jentik yang positif.

Penyakit ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang utama Karena dapat menyerang semua golongan umur dan menyebabkan kematian khususnya pada anak.

Maka dari itu petugas kesehatan puskesmas Cisadea selaku pemegang program DBD yaitu ibu Meisinem,S.Kep.Ns melakukan pelacakan kasus DBD dengan mendatangi rumah warga” yang terkena DBD bersama kader,memeriksa tempat dan barang barang yang sekiranya dapat menjadi sarang nyamuk seperti kamar mandi,pot bunga yang tergenang,dispenser dan tempat minum burung.

Dengan tindakan pelacakan tersebut diharapkan kejadian DBD di wilayah kerja puskesmas Cisadea dapat berkurang dan masyarakat benar- benar bisa menerapkan dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat .

 

Refreshing kader posyandu balita ~ Puskesmas Arjowinangun

Seorang kader dapat disebut sebagai pahlawan kesehatan karena tidak dapat dipungkiri peran kader sangat besar di dalam terlaksananya program Puskesmas di masyarakat. Kemampuan dan keterampilan kader yang baik dapat meningkatkan ketercapaian program. Untuk itu, Puskesmas Arjowinangun melaksanakan refreshing kader posyandu balita pada hari kamis, 2 mei 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 48 perwakilan kader pada masing-masing pos.

Kegiatan dibuka oleh kepala Puskesmas drg. Camelia Finda. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa materi yang diberikan yaitu
1. Cara mengisi dan membaca KMS serta menentukan status gizi anak oleh Petugas gizi Mahmud Afandi
2. Sosialisasi kegiatan germas dan survey keluarga sehat oleh petugas promosi kesehatan Fany Dwi
3. Evaluasi telaah kemandirian posyandu

Di akhir pertemuan juga dilakukan sesi tanya jawab seputar kendala yang ada di posyandu. Dengan demikian diharapkan kendala tersebut dapar diatasi bersama demi mewujudkan posyandu yang lebih baik dan berstrata mandiri.

 

Penyuluhan emo demo ASI eksklusif dan MPASI di Posyandu Nusa Indah Kasin ~ Puskesmas Bareng

Kamis, 2 Mei 2019, kegiatan posyandu Nusa Indah Kasin diwarnai keceriaan dengan penyuluhan emo demo ASI eksklusif dan MPASI oleh petugas gizi puskesmas Bareng bersama dengan mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Negeri Malang. Emo demo atau emotional demonstration sendiri merupakan kegiatan aktif berbasis pada perubahan perilaku pada kelompok masyarakat khususnya ibu hamil dan menyusui. Materi emo demo yang disampaikan yaitu mengenai ASI eksklusif dan makanan pendamping ASI atau MPASI. Pemberian ASI eksklusif sendiri penting karena memberikan beberapa manfaat untuk bayi diantaranya meningkatkan kecerdasan bayi, berat badan bayi ideal, menjaga kekebalan tubuh bayi, mempererat hubungan ibu dan bayi. Setelah berusia 6 bulan keatas bayi mulai diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kegiatan emo demo ini dilakukan dengan memberikan beberapa permainan kepada ibu bayi, seperti menebak makanan apa saja yang diberikan dari pagi hingga malam hari, sehingga ibu lebih tertarik. Tujuan dari emo demo ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran ibu hamil dan menyusui mengenai pentingnya pemberian ASI eksklusif dan juga MPASI.

 

 

 

Pertemuan Lintas Program ~ Puskesmas Mulyorejo.

Kerjasama lintas program puskesmas merupakan suatu bentuk kerjasama yang melibatkan beberapa program dalam bidang kesehatan di puskesmas demi tercapainya tujuan pelayanan kesehatan

Hari ini telah di adakan Pertemuan Lintas Program Di Puskesmas Mulyorejo yang di pimpin oleh drg. Helmi. Pertemuan lintas Program merupakan sarana untuk meningkatkan pelayanan berkesenyambungan dalam memberikan Pelayanan kesehatan. Sebagai sarana penyampaian informasi informasi baru . Menjaring aspirasi, saran dan solusi tentang informasi yang diperoleh dari masalah yang di temukan.

 

 

 

 

 

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Jalani Pubertasmu dengan Bijak.

Masa pubertas merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju dewasa. Banyak anak yang mengalami ketakutan, bingung dan tertekan saat menghadapi masa tersebut karena kurangnya informasi tentang masa pubertas. Masih banyak orangtua yang menganggap tabu untuk membicarakan tentang kesehatan reproduksi kepada anaknya. Padahal kesehatan reproduksi tidak melulu tentang seksualitas, tapi tentang kesehatan secara fisik, mental dan sosial dalam menghadapi pubertas.

Oleh karena itu, pada hari ini Kamis 02 Mei 2019, Puskesmas Ciptomulyo telah melaksanakan penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMP PGRI 6 Malang. Sasaran dari penyuluhan ini adalah siswa SMP kelas 1 dan 2 dengan jumlah 100 siswa. Materi yang disampaikan yaitu masa pubertas pada remaja.

Informasi mengenai kesehatan reproduksi pada remaja harus diketahui dengan baik agar para remaja sadar akan perubahan pada dirinya sehingga siap secara mental dan emosional dalam menghadapi masa pubertas.

Penyuluhan ini dimaksudkan agar para remaja mendapat informasi yang akurat dan tidak mencari informasi pada sumber-sumber yang kurang terpercaya. Persepsi yang salah mengenai kesehatan reproduksi akan menimbulkan dampak yang buruk pada perilaku seksual mereka. Selain itu, dengan pemberian informasi yang benar, para remaja dapat menjalani masa pubertas dengan baik karena mereka memahami perubahan-perubahan yang terjadi saat masa puber.

 

Sosialisasi Buku KIA ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Ibu, penting lho untuk tahu isi buku KIA.

hello healthies..

Bagi ibu dan calon Ibu buku KIA sepertinya sudah menjadi sahabat yang menemani. Bagaimana tidak dalam buku berwarna pink ini berisi lengkap pengetahuan kehamilan, persalinan, masa nifas hingga tumbuh kembang anak. Buku KIA juga jadi teman si kecil saat datang ke Posyandu.

Mengingat pentingnya mengetahui isi buku KIA, hari ini Kamis, 2 Mei 2019 bidan Puskesmas Rampal Celaket memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang sedang berkunjung ke PKM rampal Celaket khususnya yang sedang di lingkungan kesehatan Ibu dan Anak. Sosialisasi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya Ibu mengenai isi buku KIA, agar Ibu makin paham dan mengerti isi buku KIA tersebut. Masyarakat menyambut baik sosialisasi yang diberikan dan antusias untuk mendengarkan penjelasan dari bidan.

 

 

Pelatihan kader lingkungan ~ Puskesmas Mojolangu.

Kamis, 2 Mei 2019 bertempat diruang pertemuan kelurahan mojolangu, ibu wawat Watini, amd.Kl, selaku pemegang program kesehatan lingkungan puskes mojolangu, memberikan materi mengenai rumah sehat dan Lingkubgan sehat kepada 40 peserta yang terdiri dr Kaling (kader lingkungan per RW) dalam kegiatan pelatihan kader lingkungan yang diselenggarakan oleh kelurahan Mojolangu.

Diharapkan kader lingkungan yang sudah dilatih dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya.

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.