Kegiatan-kegiatan Puskesmas Jumat 3 Mei 2019

Screening Kesehatan Murid KB-TK ~ Puskesmas Gribig.

Jumat, 3 Mei 2019 petugas dari Puskesmas Gribig mendatangi KB-TK Annur Sawojajar. Petugas dari Puskesmas ini melakukan screening kesehatan untuk anak-anak KB, TK A dan TK B. Screening ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan anak-anak yang sekolah di KB-TK Annur Sawojajar.

Pada mulanya anak-anak takut untuk diperiksa oleh petugas tersebut, namun dengan pendekatan yang sangat baik akhirnya semua anak bisa diperiksa. Pemeriksaan meliputi kesehatan gigi, mulut, telinga, kuku dan mata. Dari hasil pemeriksaan ini ditemukan banyak anak yang mempunyai gigi berlubang. Ditemukan juga anak-anak yang mempunyai sedikit masalah dengan telinga yang kotor. Namun secara umum anak-anak KB-TK Annur dalam keadaan yang sehat. Selain itu petugas memberikan KIE (komunikasi informasi edukasi) tentang 3M plus dan usaha kesehatan sekolah untuk mencegah DBD(demam berdarah dengue) dan meningkatkan perilaku kesehatan anak sekolah
Karena sehat itu mahal, maka cek kesehatan sejak dini.

 

 

 

Prolanis Puskesmas Dinoyo.

Halloooo salam sehat… perkenalkan kami lansia sehat tangguh dari Prolanis Puskesmas Dinoyo…
Hari ini kita melakukan senam Osteoporosis bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan Pengambilan darah untuk pemeriksaan laboratorium pada lansia yang menderita Diabetes Mellitus dan Hipertensi.
Kegiatan kita beragam loh sobat sehat, tidak hanya senam untuk menjaga kebugaran tapi juga pemeriksaan kesehatan lainnya.
Yuk sobat sehat, bergabung dengan Prolanis Puskesmas Dinoyo

 

 

 

 

 

Pertemuan Jejaring dan Jaringan ~ Puskesmas Polowijen

Jumat, 3 Mei 2019, Puskesmas Polowijen mengadakan pertemuan dengan jejaring dan jaringan wilayah kerja Puskesmas Polowijen.

Nah sobat- sobat pasti pada bingung ya apa sih jejaring dan siapa sih jaringan itu?

Jejaring bisa disebut kepanjangan tangan Puskesmas. Karena meliputi bidan praktek swasta (BPS), dokter umum, rumah sakit, dan apotek.

Dalam kegiatan ini disampaikan tentang profil Puskesmas, standart pelayanan minimal (SPM), dan tentang KIA. Sharing dan tanya jawab juga dilakukan karena terkait pelayanan kesehatan yang akan diberikan kepada pasien.

“Warga Malangku sehat”

 

 

 

Olahraga bersama Puskesmas Kendalkerep

Yuk ke Puskesmas Kendalkerep, lagi ada Jus Buah

Tiap hari Jum’at pagi, halaman Puskesmas Kendalkerep selalu ramai dipenuhi Ibu2 dan kadang ada Bapak2. Apa yg dilakukan? Ternyata Ibu2 tersebut sedang mengikuti Jus Buah.

Jus Buah? Ya. Jus Buah adalah Jum’at Sehat, Bugar, Alhamdulillah. Ibu2 tersebut sadar akan kesehatan, sehingga rutin untuk berolahraga bersama Puskesmas Kendalkerep setiap hari Jum’at.

Apa aja sih keistimewaan ikut Jus Buah ini? Tentunya semakin bugar, menambah kawan, dan pengetahuan tentang berbagai jenis senam. Selain itu, instrukturnya pun sangat terlatih dan berpengalaman.

Yuk ikut Jus Buah

 

 

Musyawarah Masyarakat Kelurahan ~ Puskesmas Mojolangu

Jumat 3 Mei 2019, Puskesmas Mojolangu mengadakan MMK (Musyawarah Masyarakat Kelurahan) di Kelurahan Tasikmadu. Kegiatan ini yang dihadiri oleh Lurah Tasikmadu, bapak dan ibu RW beserta kader kelurahan siaga dan segenap undangan. Bapak lurah berujar kelurahan siap untuk memfasilitasi apapun yang terkait dengan pengembangan masyarakat di kelurahan. Di era sekarang ini tantangan yang kita hadapi semakin berat dengan letak geografis Kel tasikmadu berada di kota namun masyarakatnya bermental desa. kerjasama lintas sektor terkait sangatlah dibutuhkan. Harapannya seluruh komponen yang berkaitan dengan pengembangan masyarakat tidak berputus asa dalam menjalankan misi mewujudkan kelurahan sehat.

Penekanan dari Kegiatan ini ada memaparkan hasil SMD (Survei Mawas Diri) yang di paparkan di forum MMK kemuadian menentukan prioritas dan mencari solusi dari permasalahan yang telah disepakati.

Solusi tersebut Yang nantinya akan ditindak lanjuti bersama dengan Puskesmas dan pihak terkait lainnya.

 

 

Tes kebugaran dan Senam bersama ~ Puskesmas Mulyorejo.

Dalam rangka menilai potensi kerja seseorang, dari waktu ke waktu perlu diadakan evaluasi tingkat kebugaran dan kesehatan.
Berbeda dengan Jum’at sebelum-sebelumnya, Jum’at 3 Mei 2019 seluruh Karyawan dan karyawati Puskesmas Mulyorejo melakukan kegiatan tes kebugaran dan Senam bersama.

Dengan tes kebugaran, karyawan dan karyawati Puskesmas mulyorejo memperoleh kesempatan untuk mengetahui tingkat kebugaran dan kesehatannya.

Diharapkan juga seluruh karyawan Puskesmas Mulyorejo mampu bekerja dengan produktif, efisien, dan tidak mudah terserang penyakit, bersemangat berprestasi secara optimal, dan tangguh dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kebugaran jasmani yang optimal dapat diperoleh melalui latihan fisik yang benar, teratur, dan terukur.

 

 

Konseling Pasca Pemasangan IUD pada Ibu Balita ~ Puskesmas Cisadea.

Anda takut menggunakan IUD ? Inilah jawabannya…

Alat kontrasepsi (IUD) adalah plastik berbentuk T yang ditempatkan di dalam rahim untuk mencegah kehamilan. IUD ada 2 jenis yaitu yang tertutup tembaga dan yang mengeluarkan progesteron.

IUD efektif dari waktu ke waktu dan berlangsung lama.IUD tembaga bisa bertahan hingga 10 tahun.IUD progesteron bisa bertahan selama 3-5 tahun.tergantung pada merek. Hal ini membuat IUD pilihan yang baik untuk wanita yang belum siap memiliki anak .

IUD ini aman digunakan dan tidak berbahaya.

Jumat, 3 Mei 2019, Bikor Puskesmas Cisadea yaitu ibu Samani.Amd.Keb rutin memberikan konseling pasca pemasangan IUD pada pasien yang datang ke poli KIA-KB. Rata- rata mereka nenanyakan apakah dirinya cocok untuk memasang IUD dan apa efek dan gejalanya.

Dalam konseling nya, ibu Samani,Amd.Keb ini memotivasi para ibu dan memberikan edukasi terkait dengan IUD.sehingga pasien tidak ragu dan takut jika ingin memasang alat kontrasepsi IUD.

IUD ini juga memiliki manfaat diantaranya menjaga keharminisan rumah tangga dan ibu dapat menjaga kesehatannya.

 

Senam sehat ceria!! ~ Puskesmas Bareng

Setiap hari Jumat pagi, tepatnya jam setengah 8, warga puskesmas Bareng selalu melaksanakan senam pagi bersama. Senam dilaksanakan di aula puskesmas bareng, dengan diiringi lagu dan instruksi senam dari Ibu Susi. Senam pagi merupakan olahraga kebugaran jasmani yang menyehatkan serta dapat mencegah dari berbagai macam penyakit. Selain itu juga membentuk badan tubuh menjadi lebih ideal, dan masih banyak manfaat lainnya. Yuk tingkatkan kesehatan kita dengan senam pagi!!

 

 

 

 

 

 

Klinik VCT dan IMS ~ Puskesmas Pandanwangi

Bagi yg merasa ‘istimewa’.. Mari merapat merapat di jumat pertama

Jumat pertama setiap bulan menjadi hari istimewa untuk mereka yg istimewa. Yups, di Puskesmas Pandanwangi hari jumat minggu pertama di setiap bulannya selalu dibuka klinik VCT (voluntary counseling abd testing) dan IMS (infeksi Menular Sexual).

 

 

 

 

 

 

Penyuluhaan Keliling ~ Puskesmas Rampal Celaket

Hello healthies..

Siang tadi tenaga kesehatan Puskesmas Rampal Celaket baru saja turun ke jalan untuk lebih dekat dengan masyarakatnya. Melalui kegiatan Penyuluhaan Keliling (Penyuling) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, petugas promosi kesehatan dan gizi memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan Demam berdarah, penyuluhan pangan aman serta pentingnya konsumsi pangan seimbang. Kegiatan dilaksakan di Pasar Klojen.

Kegiatan tersebut juga dibarengi dengan membagikan bubuk abate gratis, memberikan leaflet dan konsultasi gizi kepada masyarakat yang menyempatkan diri hadir ke stand Puskesling.
Masyarakat yang lalu lalang sangat tertarik dengan kegiatan tersebut. Harapannya ke depan akan lebih banyak masyarakat yang bisa mendapatkan edukasi seperti ini dan terhindar dari penyakit.
Salam Germas
Sehat …
Bugar …
Produktif…
Ceria …

 

Refreshing kader jumantik, dbd, phbs dan se ~ Puskesmas Arjuno

Yang seger, yang seger. Apa itu yang seger?. Itu loh refreshing kader. Tentu saja seger karena para kader akan disegarkan lagi ingatannya. Kader diberikan penyegaran mengenai informasi dan masalah kesehatan yang telah disampaikan oleh petugas kesehatan pada pertemuan sebelumnya.

Jumat(3/5/2019) para kader di refresh lagi ingatan dan apa yang telah dipelajari. Acara ini dipandu oleh penanggungjawab program promkes, surveilans, DBD dan kesling. Peserta dibagi menjadi menjadi 4 kelompok dengan permasalahan yang berbeda. Bahan diskusi adalah terkait tema refreshing hari ini.

Para kader diberikan bahan diskusi berupa pengetahuan dasar sampai dengan studi kasus. Kader diharapkan mampu memberikan solusi dan memperlihatkan bagaimana peran sebagai kader kesehatan untuk mengatasinya. Setelah itu, perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi dan kelompok lainnya memberikan tanggapan.

This is the real refreshing kader. Dan benar, kader merasa sangan senang dan menikmati refreshing kader hari ini.

Kader berdaya, masyarakat sehat, indonesia berjaya

 

Ruang Menyusui Puskesmas Janti ~ Puskesmas Janti

Malang, 3 Mei 2019. Bagi ibu menyusui yang datang ke Puskesmas Janti bersama buah hati jangan khawatir tidak dapat memberikan ASI eksklusif. Sekarang telah ada ruang menyusui dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Terdapat fasilitas kulkas, tempat duduk untuk menyusui, hand rub sebelum menyusui, dan ruang ganti pampers,

Ruang ini disediakan sebagai sarana umum bagi pengunjung yang menyusui. Ruang ini bisa digunakan sesuai jam pelayanan yang ada di puskesmas. Soo.. Tidak perlu khawatir lagi bila ingin memberikan Asi ekslusif bagi buah hati kita

 

 

 

 

 

Penyuluhan Osteoporosis ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Tulang keropos….wih ngeri….!!!
Hari jumat tgl 3 mei 2019, puskesmas Ciptomulyo bekerja sama dengan kelurahan Ciptomulyo mengadakan penyuluhan osteoporosis dengan sasaran lansia sejumlah sekitar 100 orang.

Yuk mengenali osteoporosis… Osteoporosis yaitu penyakit yang berhubungan dengan kesehatan tulang dan identik terjadi pada orang lanjut usia. Penyakit ini terjadi akibat gangguan pada metabilisme tulang. Tahukah anda bahwa orang muda juga bisa terkena ??? Jadi sayangilah tulang kita….

 

 

 

 

 

Program Konsultasi Gizi ~ Puskesmas Kendalsari.

You Are What You Eat

Slogan tersebut menggambarkan bahwa kondisi kesehatan tubuh seseorang bergantung dari gaya hidupnya yakni pola makan.

Pola makan yang salah, dapat mengakibatkan berbagai penyakit degeneratif yang akhir2 ini mengalami trend peningkatan jumlah penderita. Misalnya saja, diet tinggi kalori yang dapat mengakibatkan obesitas dan penyakit penyakit komplikasinya seperti jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Sebagai langkah pencegahan, pengaturan pola makan dengan gizi seimbang perlu diterapkan agar zat gizi yang masuk pada tubuh sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu baik makro ataupun mirko nutrien.

Puskesmas Kendalsari memiliki program konsultasi gizi bersama tenaga nutrisionis handal yang siap memberikan tips dan trik diet atau pola makan seimbang sesuai dengan kondisi kesehatan kita.

Adanya program konsultasi gizi ini diharapkan dapat menjadi sarana masyarakat dalam mencegah timbulnya penyakit khususnya penyakit degeneratif, menjaga dan meningkatkan kesehatan banyak golongan seperti ibu hamil, balita, lansia maupun pasien dengan berbagai jenis penyakit

 

Prolanis ~ Puskesmas Arjowinangun.

Jumat, 3 mei 2019 Puskesmas Arjowinangun melakukan kegiatan rutin prolanis (program penanggulangan penyakit kronis). Kegiatan ini diikuti oleh anggota prolanis di wilayah Kelurahan Arjowinangun. Kegiatan diawali dengan pemeriksaan tekanan darah, kemudian dilanjutkan dengan senam prolanis yang dipandu oleh ibu Ernike, pemeriksaan lab, dan penyuluhan tentang penanggulangan penyakit Diabetes Melitus yang disampaikan oleh dr. Azhar.

Pada penderita penyakit diabetes melitus sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Terlebih harus membatasi konsumsi makanan yang tinggi glukosa. Selain itu, aktifitas fisik secara teratur juga penting untuk penanggulangan penyakit kronis seperti diabetes melitus.

 

 

 

 

Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) Puskesmas Pandanwangi.

Jumat, 3 Mei 2019, cuaca yang cerah, senada dg semangat para petugas yg akan melakukan kegiatan rutin yaitu pos kesehatan kelurahan (poskeskel) yg bertempat di puskesmas pembantu Arjosari.

Kegiatan Poskeskel ini memfasilitasi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang letaknya dapat diakses di wilayah kelurahan. Adanya kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat terutama yang tidak sempat membawa balita ke posyandu dan beberapa masyarakat yang belum bisa datang ke puskesmas karena jarak dari rumah dirasa jauh.

Adapun petugas yang berpartisipasi dalam kegiatan poskeskel kali ini adalah bidan wilayah kelurahan Arjosari ,Penanggung jawab puskesmas pembantu kelurahan Arjosari, ketua dan anggota posyandu flamboyan serta ikut berpartisipasi beberapa mahasiswa magang dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Sejak pagi hingga menjelang siang, para Ibu membawa balita untuk mendapatkan imunisasi dan pemantauan tumbuh kembang. Selain itu terdapat beberapa masyarakat yang datang untuk menyampaikan keluhan keluhan kesehatan yang selanjutnya ditindak lanjuti oleh petugas kesehatan.

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.