Kegiatan-kegiatan Puskesmas Sabtu 4 Mei 2019

0

Pemantauan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) ~ Puskesmas Kendalkerep.

Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan menghasilkan limbah cair dan limbah padat. Limbah padat diolah oleh pihak ketiga, sedangkan limbah cair diolah di IPAL yang hasilnya harus memenuhi standar baku mutu Permen LH.

Sabtu 4 Mei 2019 dua sanitarian Puskesmas Kendalkerep melakukan pemantauan IPAL. Hal yg dipantau adalah bak penampung dari tiap ruang/poli sampai tahap terakhir yakni bak kontrol dengan indikator ikan sepat.

Hasil pemantauan ditemukan bahwa ada masalah di bagian manual pompa air. Setelah itu dilakukan perbaikan penggantian “otomatis” pompa air agar air yg ada di sumur penampungan bisa naik ke proses bak aerob.

Sudahkah Anda memantau IPAL di Puskesmasmu?

 

 

 

Kelas Bumil Kidal (Kelas Ibu Hamil Kelurahan Kidul Dalem) ~ Puskesmas Arjuno.

Sekolah tidak hanya diwajibkan oleh anak-anak saja. Ibu pun wajib sekolah, terutama ibu yang sedang hamil. .

Loh kok bisa?

Tentu saja bisa. Demi mewujudkan kesehatan ibu hamil, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu pada masa hamil, persalinan, nifas, hingga perawatan bayi, ibu hamil harus belajar dengan para bidan tangguh dan terlatih serta nutrisionis yang ahli lewat kelas ibu hamil.

Sabtu 4 Mei 2019 kelas ibu hamil dilaksanakan di Kelurahan Kidul Dalem dengan materi yang sangat bermanfaat untuk mereka. Setelah materi, bumil akan diajarkan senam untuk persiapan tubuh saat persalinan nanti. Inilah ibu ibu yang sangat peduli dengan kesehatan diri dan bayi. Dengan bumil yang sehat dan bugar akan terlahir bayi yang sehat pula.

Belajar tidak mengenal usia.
Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan.

Salam Sehat…
Ibu sehat…bayi sehat…lahir selamat

 

Kelas Bumil ~ Puskesmas Polowijen

Apa kabar bunda?

Gimana nih kehamilannya?

Kapan nih tafsiran tanggal persalinannya?

Sabtu 4 Mei 2019 spesial banget di Puskesmas Polowijen mengadakan kegiatan kelas Bumil. Yang bikin spesial apa hayo?
Karena para bumil disini sudah mendekati tanggal tafsiran persalinan selain diajarkan senam hamil, sharing tentang kehamilan dan persalinan. Teknik distraksi, relaksasi, dan apa aja yang harus dilakukan pada saat persalinan diajarkan juga lho.

Jadi rugi nggak tuh kalo Bunda……Bunda nggak dateng?

Healthy mom, healthy baby

 

Posyandu ~ Puskesmas Kendalsari.

Posyandu, tempat tambah ilmu

Tahukah kita soal Posyandu??
Biasanya di Posyandu itu ada banyak ibu-ibu bareng bayi dan Balita yang unyu-unyu..
Atau, kita sering lihat bayi dan Balita ditimbang berat badannya di Posyandu.

Ya, benar sekali.. yang diatas itu adalah salah satu kegiatan pada Posyandu Balita. Namun seiring waktu berjalan, tidak hanya Balita yg bisa datang ke Posyandu lho.. ada juga Posyandu untuk Lansia. Posyandu Lansia ini bertujuan untuk menjaga kesehatan para Lansia dan mencegah terjadinya penyakit yang seringkali menyerang di usia lanjut.

Eits.. ada yang beda di Posyandu Lansia pagi ini. Puskesmas Kendalsari bersama ibu ibu kader mengadakan Posyandu Lansia Plus Plus. Plus apakah itu???

Plus penyuluhan tentang Demam Berdarah Dengue (DBD). DBD pas musim hujan gini sukanya kenalan sama kita-kita..

Berbekal leaflet, petugas Puskesmas Kendalsari memberikan informasi seputar DBD pada kader dan pengunjung Posyandu Lansia. Informasi yang disampaikan yaitu bagaimana DBD ditularkan, langkah-langkah mencegah DBD dan bagaimana tanda gejala DBD.

Kegiatan ini bertujuan agar angka penularan DBD menurun dan meningkatnya wawasan masyarakat tentang penyakit DBD

 

Emo Demo ASI Eksklusif Tapos Melati Lesanpuro ~ Puskesmas Gribig.

“Salam rumpi sehat … “Ikut ikut ikut rumpi sehat – ibu sehat ya Atika – ASI eksklusif itu wajib – makanan anak harus seimbang cemilan harus sehat — kalau salah ya benerin – kalau salah ya dibenerin ”
Itulah yel-yel emo demo di tapos melati lesanpuro pagi ini…

Kebutuhan gizi bayi usia 0-6 bulan sudah terpenuhi hanya dengan ASI. Fakta tentang ASI dan menyusui:
1. Perut bayi usia 0-6 bulan masih sangat kecil, ASI saja cukup.
2. Semakin sering ASI dihisap, semakin banyak produksi ASI.
3. Memberikan ASI itu praktis dan hemat waktu dibandingkan dengan memberikan susu formula.
4. Menyusui memberikan waktu yang nyaman untuk menciptakan kedekatan ibu dan anak.

Kuy ibu-ibu utamakan memberi ASI eksklusif pada anak kita usia 0-6 bulan. Bayi akan sehat dan cerdas.

 

 

Pembinaan Kesehatan Calon Jamaah Haji ~ Puskesmas Arjowinangun.

Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi semua orang, tak terkecuali bagi calon jamaah haji. Untuk itu Sabtu, 4 Mei 2019 Puskesmas Arjowinangun mengadakan pembinaan kesehatan calon jamaah haji.
Pada kegiatan ini disampaikan materi tentang penyakit yang sering terjadi pada jamaah haji dan cara pencegahannya, diet/pola makan sehat, dan kesehatan matra lainnya.
Acara ini dihadiri oleh 50 orang calon jamaah haji yang ada di wilayah kerja Puskesmas Arjowinangun.

Jamaah haji sehat, ibadah pun khusyu.

 

 

 

 

Pertemuan Penjaja Makanan ~ Puskemas Ciptomulyo.

Penjaja makanan? Apa itu? Penjaja makanan itu pedagang makanan keliling misalnya abang tukang bakso, abang penjual mie ayam, cilok, telur gulung, dsb. Para pedagang ini diundang oleh Puskesmas Ciptomulyo untuk menghadiri pertemuan yang akan membahas tentang Hygiene dan Sanitasi makanan. Pertemuan dilaksanakan Sabtu, 04 Mei 2019 di ruang pertemuan Puskesmas Ciptomulyo dengan jumlah peserta 18 orang. Para peserta merupakan pedagang makanan yang biasanya berjualan di tempat-tempat umum misalnya sekitar sekolah, sekitar Puskesmas, tempat-tempat ibadah, dan sebagainya.

Kegiatan ini bertujuan supaya mereka memahami keamanan pangan yang mereka jual karena makanan yang aman akan melindungi dan memcegah diri dari penyakit. Materi yang disampaikan sangat beragam mulai dari kebersihan makanan, gizi yang ada dalam makanan sampai penyakit yang dapat timbul apabilan makanan tidak terjaga keamanannya. Diharapkan setelah pertemuan ini, para pedagang sadar untuk selalu menjaga kualitas makanannya.

Pedagangnya hebat, konsumennya sehat

 

Buku KIA ~ Puskesmas Mojolangu.

buku KIA (kesehatan ibu anak) adalah sarana informasi bagi ibu Balita tentang kesehatan bayi dan Balitanya.
Ibarat penerimaan raport..maka buku KIA yg dibaca oleh ibu setiap bulan bisa digunakan sbg monitoring sederhana “apakah pertumbuhan dan perkembangan anakku sudah sesuai dengan umurnya?”

Bagi kader Posyandu..buku KIA jg sebagai sarana memberikan penyuluhan dan informasi kepada ibu Balita..mulai dari hasil penimbangan ..hasil deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan sekaligus stimulasi yg tepat dg menggunakan setiap saran di tahapan umur pertumbuhan.

Mengingat pentingnya buku KIA sebagai sarana informasi..maka update penguatan penggunaan Buku KIA sekaligus tatacara penulisan yg benar tentang KMS (kartu menuju sehat) terutama penulisan BB, TB dan arti KBM (Kenaikan Berat Badan Minimal) haruslah selalu direfresh pada pelaksanaan Posyandu.

Sebagai tindak lanjut pertemuan Penguatan Buku KIA di Dinas Kesehatan beberapa hari lalu, maka kegiatan Posyandu kali ini, Sabtu 4 Mei 2019 bertepatan di Posyandu Nusa Indah Mojolangu RW 13..petugas nutrisionis kita berusaha memberikan masukan dan arahan terkait update penulisan buku KIA dan KMS.

 

Penyuluhan Imunisasi Dasar Lengkap ~ Puskesmas Mulyorejo.

Tau kah kamu Program imunisasi telah menyelamatkan jutaan nyawa di dunia dan secara luas di akui sebagai salah satu intervensi kesehatan yang efektif dan sangat menghemat biaya.

Hari ini diadakan penyuluhan tentang Imunisasi Dasar Lengkap yang bertepatan di Posyandu Cempaka RW 2 Kelurahan Pisang candi. Penyulahan ini di lakukan untuk menunjukkan nilai penting dan manfaat imunisasi untuk kesehatan anak – anak dan masyarakat yang mencegah berbagai penyakit dan terjadinya kecacatan pada anak.Imunisasi rutin lengkap merupakan dasar untuk kesehatan yang kuat.

 

 

 

 

 

Kelurahan Siaga Sukoharjo ~ Puskesmas Bareng.

Salam sehat! apakah kalian sudah tau tentang Kelurahan siaga? ya, Kelurahan siaga merupakan Kelurahan yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan secara mandiri. Tujuannya yaitu untuk mewujudkan masyarakat Kelurahan yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Sabtu 4 Mei 2019, petugas kesehatan Puskesmas Bareng bersama kader Kelurahan siaga Sukoharjo melaksanakan kegiatan Kelurahan siaga di RW 1 Sukoharjo. Kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tensi darah, dan gula darah. Selain itu juga dilakukan penyuluhan dengan tema phbs rumah tangga untuk meningkatkan pengetahuan, serta kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat terutama di wilayah RW 1 Sukoharjo.

 

 

 

Kelas Ibu Hamil ~ Puskesmas Rampal Celaket

Pentingnya memberikan ASI kepada Bayi

Hello healthies.

Sudah tahu kan betapa pentingnya ASI bagi bayi kita. ASI adalah makanan utama bayi hingga usia 6 bulan, dengan demikian diharapkan bayi dapat memperoleh manfaat dari asi salah satunya adalah kekebalan tubuh.

Bagi ibu muda yang baru akan memiliki momongan, tentu aktivitas menyusui menjadi pengalaman pertama yang tak ingin dilewatkan. Oleh karena itu melalui kelas ibu hamil, disampaikan mengenai tata cara pemberian asi kepada bayi. Kegiatan tersebut dilaksanakan Sabtu 4 Mei 2019 di balai PKK samaan dan diikuti oleh seluruh ibu hamil.
Ibu hamil sangat antusias dengan materi tersebut dan memberikan feedback positif. Semoga dengan adanya materi tentang ASI dan menyusui dapat memotivasi Ibu untuk semangat memberikan ASI kepada buah hati.

sehat.. bugar.. Produktif

 

Penguatan Kelurahan Siaga Puskesmas Dinoyo

Salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kemandirian dan peran sertaa aktif masyarakat dalam memecahkan beberapa masalah kesehatan yang ada melalui pembentukan dan pengembang Desa dan Kelurahan Siaga.

Kelurahan yang ada di Puskesmas Dinoyo sebanyak 5 Kelurahan, dengan strata Kelurahan Siaga yang berbeda-beda mulai dari Pratama hingga Purnama ada disini.

Dalam kegiatan ini dipaparkan terkait penstrataan Kelurahan Siaga, pemahaman mendalam terkait kepengurusan Kelurahan siaga dan juga mengaktifkan kembali Kelurahan yang belum memiliki struktur keorganisasian. Dipaparkan pula hasil Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) yang membahas prioritas masalah yang nantinya akan dipecahkan dan merencanakan strategi pemecahan masalah. Dimana seluruh kegiatan tersebut harus melibatkan masyarakat langsung dari berbagai unsur yang ada, diantaranya tokoh masyarakat, pemuka agama, kader kesehatan, dan beberapa warga yang dipilih untuk ikut terlibat aktif.

 

 

Posyandu Lansia ~ Puskesmas Pandanwangi

Sabtu, 4 mei 2019, Menyambut akhir pekan dengan berkegiatan bersama para Lansia Kelurahan Pandanwangi. Posyandu Lansia dimulai jam 08.00 di salah satu rumah kader. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari sabtu pertama setiap bulannya.

Disela-sela kegiatan, dilakukan senam bersama untuk memicu semangat sekaligus sebagai bentuk latihan aktivitas fisik. Selain itu, petugas promkes memberikan penyuluhan mengenai hipertensi. Para Lansia yang hadir sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan Posyandu tadi pagi, terlihat dari keceriaan, semangat, dan antusisme dalam bertanya pada saat diberikan penyuluhan.

Posyandu Lansia ini terus dilaksanakan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang mudah diaksws oleh Lansia di wilayah Pandanwangi. Lansia yang datang ke Posyandu diperiksa kesehatannya dan dipantau perkembanganya setiap bulan melalui data kesehatan yang telah tercantum pada Kartu Menuju Sehat (KMS) Lansia. Dengan adanya pemantauan tersebut, diharapkan Lansia menjadi sadar terhadap kesehatannya sendiri sehingga berupaya untuk menjaga tubuhnya selalu sehat. Bagi Lansia yang ingin mengcek kadar gula darah maupun kolesterol, pada kegiatan Posyandu Lansia juga disediakan.

Menua adalah suatu hal yang pasti.
Tapi jangan lupakan kesehatan diri.

Salam sehat!!

 

Pengkajian PHBS di Institusi Kesehatan ~ Puskesmas Cisadea.

Siang sobat sehat…

Hayoo kira kira promkes Puskesmas Cisadea ini lagi kegiatan apa yah.. tempatnya kok istimewa sekali.. Ternyata kegiatan ini adalah pengkajian PHBS di Institusi Kesehatan sobat.. Tepatnya di klinik lab Sima Jalan Ciliwung yang dilakukan Sabtu, 4 Mei 2019 pagi jam 09.00 WIB.

PHBS institusi kesehatan adalah upaya untuk memberdayakan pasien, masyarakat pengunjung dan petugas agar tahu, mau dan mampu untuk mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat. Dan dapat berperan aktif dalam mewujudkan institusi kesehatan sehat dsn mencegah penularan penyakit di institusi kesehatan.

Yang perlu diperhatikan dalam ber PHBS di institusi kesehatan adalah menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, membuang sampah pada tempatnya,tidak merokok, tidak meludah sembarangan dan memberantas jentik nyamuk.

Laboratorium Sima ini sudah memenuhi syarat PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat). Tempatnya sangat bersih, rapi dan bagus. Wah kalo gini caranya jentik – jentik mana mau nih di Laboratorium Sima.. Semua sudut sudah menerapkan PHBS di institusi kesehatan ..

Siip deh untuk Laboratorium Sima. Semoga dengan adanya pengkajian PHBS, laboratorium Sima dapat mempertahankan klasifikasi IV.

Yang lain siap siap ya… Tunggu kedatangan kami.. #Salam Germas…

 

Senam Prolanis ~ Puskesmas Janti.

Penyakit tidak menular menjadi penyebab utama kematian secara global. Kegiatan-kegiatan yang lebih utama untuk saat ini kita lakukan adalah upaya promotif dan preventif. Salah satu upaya tersebut melalui pemberdayaan masyarakat seperti Prolanis.

Seperti yang dilakukan di Puskesmas Janti. Sabtu, 4 Mei 2019 dilakukan salah satu langkah preventif yaitu senam Prolanis. Senam yang dilakukan di lantai 2 Puskesmas Janti ini diikuti oleh peserta BPJS kesehatan yang menderita jantung, hipertensi dan atau diabetes melitus. Adapun manfaat senam ini adalah dapat Mengontrol gula darah dan Menghambat penyakit kardiovaskular dan meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru.

Seruu kan, ayo ikut Prolanis.

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply