Kegiatan-kegiatan Puskesmas Jumat 10 Mei 2019

0

Posyandu Lansia ~ Puskesmas Polowijen.

Mengapa Posyandu Lansia (lanjut usia) itu penting?

Ada yang tahu nggak?

Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa Posyandu hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Karena menurut mereka balita dan ibu hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya. Namun tidaklah demikian, proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Khususnya berhubungan dengan Penyakit Tidak Menular (PTM). Para Lansia biasanya tidak menyadari jika tekanan darahnya tinggi, kadar gula darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi.

Jumat (10/05/2019) Puskesmas Polowijen melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia di RW 4 Kelurahan Purwodadi. Dan warga cukup antusias untuk memeriksakan kadar gula darah. Jadi tunggu apa lagi jangan ragu- ragu ya cek rutin ke Posyandu Lansia meskipun tidak sedang sakit.

 

Ikat Kedai (Laik sehat kedai) ~ Puskesmas Arjuno.

Jumat (10/5/2019) Tim Puskesmas Arjuno yang terdiri dari petugas sanitarian, non ASN sanitarian, non ASN promosi kesehatan melakukan kunjungan laik hygiene sanitasi rumah makan atau yang sering disebut laik sehat.

Kami memeriksa semua aspek terkait kebersihan bahan makanan, kesehatan lingkungan dan kesehatan karyawan. Tak hanya itu perilaku karyawan dan sarana atau fasilitas untuk ber PHBS kami nilai dan periksa juga.

Sebelum pergi nongkrong, apakah sudah laik sehat atau belum, demi kesehatan kita.

Kedai sehat,
karyawan sehat,
makanan sehat,
pengunjung sehat,
masyarakat sehat…

 

Demo Masak Penambah Gizi Balita ~ Puskesmas Kendalsari.

Jumat, 10 Mei 2019 Puskesmas Kendalsari mengadakan kelas Ibu Balita yang mengalami masalah gizi seperti berat badan yang kurus atau tinggi badan menurut usia rendah.

Pada pertemuan tersebut, Ibu balita diberikan materi mengenai Imunisasi Dasar Lengkap oleh Bidan Puskesmas Kendalsari dengan tujuan balita tidak terlambat mengikuti imunisasi sesuai jadwal usianya.

Sslain itu, ada kegiatan menarik berupa demo memasak makanan penambah gizi balita berupa nugget sehat. Ibu Balita diajarkan resep membuat nugget sehat dari daging ayam, maupun ikan tanpa bahan pengawet dan penyedap rasa sehingga zat gizi balita tercukupi.

Tertarik membuat Nugget sehat sobat healthier?? Bahannya cukup mudah yaitu daging ayam atau ikan, satu lembar roti tawar, garam, merica, dan satu butir telur. Lalu blender halus semua bahan. Kukus dan potong sesuai selera. Selanjutnya masukkan pada celupan putih telur kemudian tepung panir. Nugget sehat siap di goreng dan dihidangkan.

 

Persiapan Pemantapan Pelaksanaan PTM Posbindu ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Hello healthies!

Pagi tadi, Jumat 10 Mei 2019 Puskesmas Rampal Celaket baru saja melakukan pertemuan dengan Kader Kelurahan Samaan guna melakukan pemantapan Kader dalam melaksanakan Pos Pelayanan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kelurahan Samaan. Pertemuan tadi dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Bidan Wilayah dan Kader Posbindu RW 01, 02 dan 03 samaan.

Ke depannya pemantapan pelaksanaan Posbindu ini akan juga dilakukan di Kelurahan lain yang ada di wilayah kerja Puskesmas Rampal Celaket yaitu Kelurahan Klojen dan Kelurahan Rampal Celaket.

RCTT YES..
Ramah Cepat Tanggap Terjangkau..
Sehat Bugar Ceria!

 

 

Pemeriksaan Laik Sehat dan PHBS ~ Puskesmas Mulyorejo.

Selamat siang Sobat Tahes…..
Tau ngak sih Rumah makan/ Restoran harus memenuhi persyaratan Hygiene Sanitasi loh….

Sesuai peraturan perundangan yang berlaku Restoran/Rumah Makan harus dilengkapi dengan Sertifikat Laik Hygiene. Jumat ini petugas Sanitarian dan Promkes PKM Mulyorejo melakukan Pemeriksaan laik sehat dan PHBS pada Rumah Makan di wilayah kerja Puskesmas Mulyorejo. Penilaian berkaitan dengan : 1) lokasi dan bangunan; 2) fasilitas sanitasi ; 3) dapur dan gudang penyimpanan; 4) pengelolaan bahan makanan dan makanan jadi; 6) peralatan dan tenaga penjamah makanan; 7) pengawasan serangga 8)tersedianya sumber air bersih, jamban, tempat pembuangan sampah, adanya larangan untuk tidak merokok.

Persyaratan hygiene sanitasi dibuat bukanlah untuk mempersulit para pengusaha, namun ini semua adalah untuk menjamin agar makanan yang dikelola tidak membahayakan kesehatan, selanjutnya juga merupakan suatu bentuk perlindungan kepada masyarakat selaku konsumen.

 

Penyuluhan Germas ~ Puskesmas Arjowinangun.

Sehat dimulai dari saya!!

Begitulah jargon Germas yang diteriakkan oleh ibu ibu posyandu Cemara dan Teratai kelurahan Arjowinangun. Petugas Promosi kesehatan Puskesmas Arjowinangun bersama perwakilan Dinas Kesehatan Kota Malang hari ini, jumat tanggal 10 Mei 2019 melakukan penyuluhan Germas. Kegiatan ini dihadiri ibu balita,ibu hamil dan kader posyandu. Materi penyuluhan yang diberikan adalah terkait fokus kegiatan Germas 2019 yaitu Cegah stunting, Eliminasi TBC, dan cakupan imunisasi. Selain itu juga disampaikan materi Stop BABS (buang air besar sembarangan) untuk menuju Kota Malang ODF (open defecation free) 2019. Materi terakhir yang banyak menjadi bahan diskusi adalah tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)dan Surat Pernyataan Miskin (SPM) terkait sistem dan ketentuannya.

Penyuluhan Germas ini bertujuan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar terbiasa hidup sehat. Karena kesehatan adalah investasi, segala sesuatu tidak akan berarti jika kita sakit. Jadi, yuukk kita hidup sehat.

Sehat, bugar, produktif, ceria !

 

Pemantauan Kualitas Air di Wilayah Kerja Puskesmas Janti.

Puskesmas Janti, 10 Mei 2019. Pemantauan kualitas air perlu dilakukan agar sumber daya air tidak tercemar. Sumber daya air baik itu di tempat umum, rumah warga ataupun di tempat kerja. Seperti yang dilakukan oleh puskesmas Janti dengan mengambil sampel air di masjid, kelurahan sukun, dan beberapa rumah warga. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pemeriksaan sifat fisik, kimia, mikrobiologi, biologi dan lain-lain dari air tersebut.

Pemeriksaan kualitas air mnggunakan alat pengambilan sampel air seperti botol yang terbuat dari kaca dan memiliki tutup, alat ekstraksi, alat penyaring, alat pendingin, dan bahan kimia untuk pengawet.

Langkah mudah yang dilakukan yakni pertama tutup botol dibuka dan diambil sampel airnya kemudian ditutup rapat. Setelah disimpan botol-botol tersebut akan diperiksakan di laboratorium Kesehatan milik dinas kesehatan Kota Malang. Setelah diperiksa akan terlihat hasilnya apakah air tesebut tercemar atau tidak. Selain kegiatan tesebut kegiatan ini juga diintegrasikan dan bekerjasama dengan tenaga promkes terkait intervensi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan tempat kerja/umum. Kami menilai dan memeriksa perilaku karyawan dan sarana atau fasilitas untuk ber PHBS.

Sumber air terjaga kebersihannya..
Manusia berperilaku PHBS.
Sarana terjamin kebersihannya..
Maka.. Kita sudah berusaha untuk berperilaku hidup sehat.
Mari jaga kesehatan kita,sumber air, dan fasilitasnya..

 

Puskesmas Cisadea Bekerja Sama Dengan Dinas Sosial Tangani Disabilitas Mental.

Jumat ini ada kegiatan yang menarik nih, Apa ya ? yaitu kerja sama lintas sektor antara Puskesmas Cisadea dengan Dinas Sosial Kota Malang beserta Warga RW 7C Kelurahan Purwantoro dimana telah ditemukannya lansia dengan Disabilitas Mental yang hanya tinggal dengan Ibunya yang kebetulan juga lansia.Dengan tanggap tim dari Puskesmas Cisadea bekerja sama dengan Dinas Sosial langsung turun ke lapangan untuk mengadakan kunjungan rumah,sehingga ada tindak lanjut untuk permasalahan tersebut.

 

 

 

 

 

 

Penyuluhan Keliling Puskesmas Kendalkerep

Hari Jumat (10/5) adalah hari baik apalagi saat ini adalah bulan Ramadhan. Di hari dan bulan yang baik ini pasti semua orang ingin berbagi kebaikan, betul kan? Yuk kita sebar kebaikan untuk sesama. Tapi gimana caranya? Dengan cara memberikan informasi seputar kesehatan dong.

Kita sharing info tentang perilaku hidup bersih dan sehat saja yuk!
1. Kewajiban memiliki septic tank, hal ini berguna untuk menampung air kotor ataupun limbah domestik dari Water Closet (WC),
2. Pemilihan kemasan plastik untuk makanan, hal ini pasti sangat berguna untuk mengurangi pencemaran sampah plastik yang sulit teruraikan, dan
3. Pentingnya menjaga asupan zat besi, karena zat besi sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, konsentrasi, dan daya ingat.

Informatif banget kan? Yuk kita hidup sehat, karena sehat dimulai dari diri kita sendiri

 

 

Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Kelurahan Sawojajar ~ Puskesmas Gribig.

Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. Guna terus meningkatkan pemahaman dan keterampilan, kader posyandu memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan ibu dan anak. Kelurahan Sawojajar menyelenggarakan Penyuluhan dan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Posyandu yang dilaksanakan di aula kantor kelurahan sawojajar dengan narasumber bidan wilayah Sawojajar dari Puskesmas Gribig.
Materi yang diberikan yaitu pengisian Sistem Informasi Posyandu (SIP) di posyandu, tugas kader posyandu di meja 1 sampai meja 4 dan cara pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat). Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan seluruh kader posyandu di Kelurahan Sawojajar mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan, tentunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan posyandu.

Kader hebat..kader kuat..posyandu lebih semangat

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply