Kegiatan-kegiatan Puskesmas Sabtu 11 Mei 2019

0

Kegiatan Emo Demo Puskesmas Ciptomulyo

Semangat Pagi! Salam Rumpi Sehat!

Siapa yang mau ikut rumpi sehat? Rumpi sehat dalam rangka kegiatan Emo Demo. Emo Demo hari ini, Sabtu 11 Mei 2019 ada di Posyandu Teratai kelurahan Ciptomulyo. Kader posyandu didampingi petugas Puskesmas melakukan Demo Rumpi Sehat tentang “Asi Saja Cukup” (ASI Ekslusif). Sasarannya adalah ibu hamil dan ibu balita yang datang ke posyandu. Penyuluhan disertai demonstrasi ini bertujuan agar para ibu hanya memberi ASI saja pada usia 0 bulan sampai bayi usia 6 bulan, karena ukuran perut bayi sangatlah kecil dan hanya untuk diisi ASI. Semakin sering menyusui maka produksi ASI juga semakin banyak. Penyuluhan dilaksanakan dengan peran aktif dari semua peserta yang datang ke prosyandu.

ASI EKSKLUSIF itu wajib!

 

 

 

VALIDASI PENGUKURAN PERTUMBUHAN BALITA DI POSYANDU ~ Puskesmas Cisadea.

Sabtu, 11 Mei 2019

Wow! Reaksi cepat dari kader hebat!
Tiap bulannya posyandu-posyandu di kelurahan Purwantoro dan Blimbing melakukan pengukuran pertumbuhan pada balita. Selain mendapatkan imunisasi dan vitamin yang tepat, di posyandu ini balita diukur berat badan dan tinggi badannya. Tetapi terkadang kader mengalami kesalahan dalam pengukuran berat maupun tinggi badan balita diposyandu. Dengan kejadian ini balita yang mengalami masalah pertumbuhan akan mendapatkan pelayanan tambahan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, kader merujuk balita ke Puskesmas Cisadea dan dilakukan pengukuran kembali oleh Nurul Hidayati S.ST, selaku Nutrisionis Puskesmas Cisadea. Kemudian akan diberikan konseling pada orangtua dan intervensi gizi pada balita. Diharapkan dengan adanya petugas Nutrisionis yang melakukan pengecekkan kembali, dapat meminimalisir kesalahan dalam pengukuran pertumbuhan pada balita di posyandu.

Ayo ke Posyandu! Ibu sehat, anak cerdas, keluarga sejahtera!

 

Lansia Sehat Tanpa Demensia ~ Puskesmas Kendalkerep.

Siapa yg sudah mulai pelupa? Jangan-jangan Anda mulai menua. Eits, siapa bilang orang tua alias lansia itu pasti pelupa. Yuk kita lihat melalui screening tingkat kecemasan dan daya ingat para lansia.

Lansia yg sedang discreening adalah peserta Posyandu Lansia Alamanda 4B Kelurahan Polehan (11/5). Menggunakan metode apa sih screeningnya? Nah, yuk cari tau. Untuk mengetahui tingkat kecemasan, dilakukan istrumen Geriatric Depression Scale (GDS), sedangkan untuk mengetahui daya ingat menggunakan instrumen Abreviated Mental Test (AMT). Nilai yg diperoleh akan diklasifikasikan dalam A, B, dan C. Penasaran kan dengan hasilnya? Yuk, kapan-kapan ikut berkunjung ke Posyandu Lansia dan temukan jawabannya.

 

 

 

 

EMO DEMO POSYANDU RW 02 SUMBERSARI ~ Puskesmas Dinoyo

Halo sobat sehat! Salam Rumpi Sehat!

Pagi ini Puskesmas Dinoyo melakukan posyandu RW 02 Sumbersari dengan diisi kegiatan “EMO DEMO”. EMO DEMO ini dilakukan oleh kader dan tenaga kesehatan dengan menggunakan metode komunikasi yang dilatihkan dengan menyentuh emosi mereka sehingga diiharapkan ada perubahan perilaku ke arah yang baik.

Dalam Emo Demo ada 12 materi yang dapat diberikan oleh kader kesehatan dengan pendampingan dari tenaga kesehatan puskesmas. Materi yang disampaikan dan dipraktekkan adalah mengenai ASI Eksklusif yang wajib diberikan pada usia 0 bulan sampai 6 bulan.

ASI EKSKLUSIF itu wajib! Salam rumpi sehat!

 

 

 

Pelayanan Informasi Obat Puskesmas Mojolangu

Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menggerakkan upaya kesehatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit, dan pemulihan kesehatan, yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan.
Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas juga merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan. PIO (Pelayanan Informasi Obat) adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi obat yang independen, akurat, komprehensif, terkini oleh apoteker kepada pasien atau masyarakat maupun pihak yang memerlukan.
Sabtu, 11 Mei 2019 petugas apoteker puskesmas mojolangu melakukan pemberian informasi obat terhadap pasien. Informasi yang disampaikan adalah tentang dosis, cara pakai kontraindikasi, dan efek samping. Selain itu dalam pelayanan resep, apoteker harus didahului oleh proses screening resep yang meliputi kelengkapan resep, keabsahan dan tinjauan kerasionalan obat. Informasi ini wajib disampaikan kepada setiap pasien untuk menghindari adanya kesalahan pemberian obat.

Hidup senang itu sehat, sehat, sehat!

 

 

Pengiriman Sampah Medis Puskesmas Janti oleh PT Putra Restu Ibu Abadi (PRIA)

Setiap kegiatan yang ada di puskesmas Janti, pasti menghasilkan sampah pada saat melakukan kegiatan medis atau pelayanan kesehatan lainnya. Contoh sampah medis tersebut seperti kassa, masker, sarung tangan, bekas tindakan, jarum suntik, dll. Sampah tersebut pertama akan di tampung terlebih dahulu di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Medis di puskesmas.

Selanjutnya sampah medis akan diproses oleh pihak ketiga. Prosesnya adalah petugas mengambil sampah media dari TPS medis sementara puskesmas, kemudian di timbang per kantong menggunakan alat ukur timbangan dacin dan setelah selesai akan diangkut dan dibawa menggunakan truk PT PRIA. Dengan bekerjasama dengan PT PRIA limbah medis dapat dimusnahkan, dimanfaatkan, atau diolah.

Ayo kelola sampah kita!

 

 

 

Kunjungan Rumah Balita BGM ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Balita BGM (Bawah Garis Merah) adalah Balita dengan berat badan dibawah garis merah pada KMS (Kartu Menuju Sehat). Faktor penyebab balita BGM adalah pola makan yang tidak sehat dan tidak bergizi. Menu makanan juga kurang bervariasi sehingga kecukupan gizi yang didapat sangat kurang.

Petugas nutrisionis Puskesmas Ciptomulyo hari ini, 11 Mei 2019 melakukan kunjungan ke rumah balita BGM. Balita ini nampak kurus dan malas makan, makanan pokok yang dikonsumsi juga tidak beragam. Pola makan yang tidak sehat ini dikarenakan sang balita hanya tinggal bersama neneknya saja. Nenek tidak paham mengenai gizi seimbang dan makanan bergizi sehingga petugas memberi konseling tentang pemenuhan gizi seimbang serta menu makanan yang bervariasi.

Ibu cermat, Balita Sehat!

 

 

Gigiku Sehat, Senyum Indah Berpahala ~ Puskesmas Gribig.

Agar kesehatan gigi dan mulut para bayi dan balita terjaga, perawat gigi Puskesmas Gribig (Ibu Wiheni) mengadakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bagi ibu bayi dan balita di Posyandu Ceria, Madyopuro, Sabtu (11/05/2019).
Pada kesempatan tersebut, petugas menyampaikan betapa pentingnya perawatan gigi sejak dini. Dikarenakan gigi susu nanti akan diganti dengan gigi permanen, para ibu harus mengajari anak-anaknya merawat gigi dengan baik dan benar, sehingga kelak sudah terbiasa merawat giginya dengan teratur.

Para ibu juga diharapkan mampu memotivasi anak untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari, setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur. Hal tersebut bertujuan agar menjadi rutinitas dan juga mengurangi angka karies gigi (gigi berlubang) yang semakin meningkat.

 

 

 

Konsultasi Klinik Sanitasi ~ Puskesmas Kendalsari.

Sabtu, 11 Mei 2019 petugas sanitasi dan petugas Promkes Puskesmas Kendalsari melakukan konsultasi klinik sanitasi kepada pasien rawat inap yang terserang penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) dan Typhoid.

Konsultasi klinik sanitasi tersebut bertujuan untuk menggali informasi secara mendalam berkaitan penyakit yang diderita dan bagaimana kondisi lingkungan rumah tinggal agar diketahui kemungkinan proses penularan penyakit. Pasien juga diberikan penyuluhan mengenai pencegahan penularan penyakit DBD dan Typhoid dengan perilaku cuci tangan pakai sabun serta PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Langkah selanjutnya adalah Petugas Puskesmas Kendalsari yang tergabung pada tim Pengendalian DBD akan melakukan penyelidikan epidemiologi di rumah dan lingkungan sekitar tempat tinggal penderita untuk memutus rantai penularan penyakit.

Jauhi penyakitnya, bukan orangnya!

 

 

Posyandu Lansia Puskesmas Pandanwangi

Selamat berakhir pekan healthies!

Akhir pekan kali ini nampak ada sesuatu yang menarik pada kegiatan posyandu lansia, ada apa ya? Penasaran kan? Nahh, Posyandu Lansia Drupadi RW 05 Kelurahan Pandanwangi ini sedang merayakan ulang tahun ke 17 di bulan Mei ini!? Para kader sangat bersyukur karena kegiatan posyandu lansia ini masih berlanjut hingga puluhan tahun, bahkan beberapa kader aktif telah memasuki usia lansia tetapi semangatnya masih tetap membara dan berjiwa muda. Kegiatan ini semakin meriah karena di akhir acara, lansia yang hadir posyandu diberikan door prize, sehingga semakin semarak.

Kegiatan ini juga diisi oleh petugas promosi kesehatan Puskesmas Pandanwangi dengan melakukan penyuluhan hipertensi (penyakit darah tinggi). Diharapkan antusiasme lansia untuk hadir ke posyandu semakin meningkat dan sadar terhadap pentingnya menjaga kesehatan serta cek kesehatan secara rutin.

Salam healthies!

 

Selamatkan Bumi dari Pencemaran Lingkungan ~ Puskesmas Polowijen

ODF (Open Defecation Free) adalah kondisi dimana setiap individu tidak buang air besar sembarangan karena pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat. Hal ini sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Dalam rangka “Ngalamku ODF” petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Polowijen (11/05/2019) memantau pembuatan jamban sehat di rumah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kelurahan Balearjosari. Keluarga ini kesehariannya melakukan kegiatan kakus di sungai tanpa air bersih. Maka dari itu petugas Kesling Puskesmas Polowijen mengusahakan pembuatan jamban dengan dana yang bersumber dari CSR, salah satu komunitas dan cafe di Kota Malang.

Besar harapan kita lebih peduli dengan kasus seperti ini. Agar lingkungan kita sehat terbebas dari pencemaran lingkungan

 

 

 

Survey Keluarga Sehat Kelurahan Bareng ~ Puskesmas Bareng

Walaupun bulan puasa, survey Keluarga Sehat tetap berjalan seperti bulan lainnya. Hari ini, Sabtu 11 Mei 2019, petugas Puskesmas Bareng bersama mahasiswa keperawatan UMM melaksanakan kegiatan survey Keluarga Sehat.

Survey Keluarga Sehat merupakan bagian dari PIS-PK (Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga). Kegiatan yang dilakukan yaitu pendataan ke setiap rumah yang ada di lingkungan RW 4 Kelurahan Bareng dengan memastikan 12 indikator, beberapa diantaranya yaitu :
1. Keluarga mengikuti program KB,
2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan,
3. Bayi mendapat ASI eksklusif,
4. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap,
5. Balita mendapatkan pemantauan perkembangan, dan lain sebagainya.

Selain pendataan, juga dilakukan pengukuran tekanan darah serta melakukan KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) kepada keluarga disesuaikan dengan prioritas masalah keluarga tersebut.

Keluarga sehat, keluarga sejahtera!

 

Pembinaan Kader TBC (Tuberculosis) ~ Puskesmas Arjuno.

Kader TBC Puskesmas Arjuno, hari ini (11/5/2019) dikumpulkan untuk dilakukan evaluasi penemuan suspek TBC yang telah dilakukan, dan pembinaan terhadap bagaimana cara komunikasi saat investigasi kontak. Pembinaan berisi mengenai cara mengkomunikasikan maksud dan tujuan ketika investigasi kontak ini sangat penting, dikarenakan penderita ataupun keluarga penderita malu atau tertutup saat ditanya. Hal ini ditujukan untuk membangun komunikasi yang efektif agar penderita bisa segera melakukan pemeriksaan lanjut dan mendapat pengobatan yang tepat.

Sebagai salah satu bentuk kerjasama Puskesmas Arjuno dengan TB Care Aisyiyah dalam penemuan suspek TBC, kami mendatangkan koordinator SSR Community TB Care Aisyiyah, Andi Surianto. Kader diajarkan bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan penderita dan keluarga penderita. Tidak hanya itu kader juga diminta untuk memperagakan saat investigasi kontak.

 

 

 

Pelacakan Kasus Demam Berdarah RW 03 Rampal Celaket ~ Puskesmas Rampal Celaket

Hello healthies!

Demam berdarah sekarang ini sedang menjadi ancaman serius untuk masyarakat. Baru-baru ini Puskesmas Rampal Celaket mendapat laporan kasus demam berdarah di wilayah RW 03 Rampal Celaket. Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas kesehatan langsung turun ke lapangan untuk melakukan pelacakan kasus pada Sabtu 11 Mei 2019.
Petugas kesehatan menghimbau agar masyarakat terus waspada dan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menerapkan 3M+ yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas atau sudah tidak terpakai. Plusnya yaitu tidak menggantung baju, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kasa pada lubang angin dan melakukan larvasidasi.

Ingat! nyamuk aedes aegypti menyukai air bersih dan aktif saat pagi dan sore hari siang hari. Masyarakat dihimbau untuk untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Berantas Demam Berdarah Dengue dengan PSN! RCTT Yes, Sehat, Bugar, Produktif!

 

Penyakit Difteri pada Anak ~ Puskesmas Mulyorejo.

Penyakit Difteri akhir akhir ini telah di temukan terutama pada anak. Difteri adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri _Corynebacterium diphtheriae_, yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius.

Hari ini dilakukan kunjungan rumah pada penderita difteri sebagai tindak lanjut penyelidikan epidemiologi kasus difteri. Kunjungan rumah ini di lakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Mulyorejo untuk melakukan Outbreak Response Immunization (ORI) difteri pada orang yang sudah kontak dengan penderita. ORI difteri ini dilakukan untuk menjegah penularan yang berkelanjutan serta membentuk kekebalan tubuh dari bakteri _Corynebacterium diphtheriae_.

Gaya hidup sehat, cegah penyakit menular!

 

 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ~ Puskesmas Arjowinangun.

Hai sobat sehat! Gimana puasanya? Lancar kan? Puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas seperti biasanya ya. Tau gak sih? Penyuluhan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) masih berlanjut lho. Kali ini Puskesmas Arjowinangun dan Dinas Kesehatan Kota Malang melaksanakan kegiatan penyuluhan GERMAS di dua tempat, yaitu posyandu Rosela dan Matahari.
Sudah tahu kan sobat, fokus kegiatan GERMAS tahun 2019? Fokus kegiatan GERMAS di tahun ini yaitu cegah stunting (pendek), eliminasi TBC (Tuberculosis), dan peningkatan cakupan imunisasi. Untuk menuju Kota Malang ODF (Open Defecation Free) 2019, disampaikan pula materi tentang jamban sehat. Sesi tanya jawab juga dilakukan baik terkait GERMAS, JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), atau masalah lainnya.

Dengan adanya penyuluhan GERMAS di posyandu-posyandu, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membiasakan hidup sehat. Baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

Yuk kita biasakan GERMAS! Sehat diawali dari Saya!!

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply