Kegiatan-kegiatan Puskesmas Senin 13 Mei 2019

0

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ~ Puskesmas Polowijen.

Sobat sehat sudah pada tahu GERMAS belum? Kalian sudah menerapkannya di rumah belum??? Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Senin (13/05/2019) Puskesmas Polowijen bersama Dinas Kesehatan Kota Malang melaksanakan penyuluhan GERMAS di RW 04 Kelurahan Polowijen lho. Penasaran apa saja fokus GERMAS? Yuk cari tahu di instagram @puskesmaspolowijen.

Salam GERMAS! Sehat, bugar, produktif, ceria! Sehat dimulai dari diri sendiri

 

 

 

SuGIH (Konsultasi Gizi Ibu Hamil) ~ Puskesmas Dinoyo.

Halo calon mama muda! Halo para bumil!

Bagaimana kondisinya hari ini? Sudah masuk trimester berapa nih kehamilannya? Sudahkah melakukan pemeriksaan kandungan? Apakah berat badan ibu ketika hamil sudah mengalami penambahan? Ibu-ibu pasti tau kan pentingnya konseling gizi ketika hamil?

Pertumbuhan janin dalam rahim ibu perlu dipantau secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang janin selama masa kehamilan. Selain itu, asupan gizi yang dikonsumsi ibu selama hamil juga penting. Karena selama dalam kandungan, gizi janin untuk proses pertumbuhan ditentukan oleh gizi ibu ketika hamil.
Segera periksakan dan tetap pantau tumbuh kembang janin selama kehamilan ya bunda. Jika ada masalah bisa datang ke Puskesmas Dinoyo untuk Konsultasi Gizi.

Jangan ragu, jangan malu, jangan segan untuk berkonsultasi ya Bunda!

 

Pemberian Informasi Obat di Apotik Puskesmas Kendalkerep

Siapa yang pernah mengkonsumsi obat? Pasti hampir semua pernah mengkonsumsi obat. Pernah bingung membaca aturan pakainya? Tenang, jika Anda menerima obat dari Puskesmas Kendalkerep, dijamin tidak akan bingung karena petugas di apotik akan selalu memberikan informasi tentang obat yang diberikan.

Dalam setiap resep yang diberikan oleh dokter, tercantum beberapa jenis obat dengan ketentuan yang berbeda-beda. Nah, informasi yang diberikan harus memuat tentang nama obat, cara pakai, kontraindikasi, sediaan, efek samping, stabilitas, dosis, penyimpanan, interaksi, dan indikasi. Setiap pasien berhak menerima informasi ini setiap kali mendapatkan obat.

Pasien cerdas, konsumsi obat secara baik dan benar! Salam sehat!

 

 

 

Dukung GEMA CERMAT, Masyarakat Buktikan Dengan Berobat ke Puskesmas ~ Puskesmas Cisadea

Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) adalah gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat sebagai upaya bersama pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

Tujuan dari GEMA CERMAT ini adalah supaya derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Cisadea meningkat. Karena sekarang ini masyarakat masih kurang cermat dalam pemilihan bahkan pengguaan obat yang mereka konsumsi. Seperti halnya, menggunakan jurus “meniru” atau “coba-coba” obat yang orang lain konsumsi. Padahal belum tentu hasilnya akan sama. Itu yang masih belum bisa di mengerti bagi sebagian orang.
Oleh karena itu penting bagi masyarakat jika sakit, segeralah datang dan berobat ke puskesmas. Karena petugas puskesmas akan memberikan obat yang tepat dan benar sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

Kuyy! dukung GEMA CERMAT dengan berobat ke Puskesmas!

 

 

Ibu Hamil Wajib Test HIV/AIDS ~ Puskesmas Mojolangu.

Pemerintah sudah mencanangkan program screening HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immuno Deficiency Syndrome) pada ibu hamil di layanan kesehatan pemerintah. Layanan pemeriksaan infeksi HIV/AIDS pada ibu hamil tersedia di seluruh Puskesmas di Kota Malang.

Puskesmas Mojolangu melakukan deteksi dini kasus HIV/AIDS pada ibu hamil dengan mewajibkan ibu hamil menjalani tes HIV/AIDS untuk mencegah penularan kepada bayi saat dilahirkan. Jika ibu hamil terdeteksi HIV/AIDS maka tindakan selanjutnya puskesmas merujuk ibu hamil ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan lebih lanjut.

Layanan konseling HIV/AIDS juga tersedia di Puskesmas Mojolangu. Layanan konseling ini dilakukan pada kelompok ataupun orang dengan HIV/AIDS agar mereka patuh dalam menjalankan program pengobatan. Juga untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai HIV, stigma yang berkembang, dan diskriminasi terhadap penderita HIV.

Ibu sehat, bayi pun sehat!

 

Jemur Kasur Santri Ponpes ~ Puskesmas Kendalsari

Hari ini tanggal 13 Mei 2019 ada kegiatan menjemur kasur berjamaah yang dilakukan oleh santri Ponpes Al-Hikam. Kegiatan menjemur kasur atau alas tidur ini merupakan bagian dari pola hidup bersih dan sehat.

Manfaat menjemur kasur atau alas tidur adalah membunuh tungau maupun bakteri penyebab penyakit. Selain itu, debu-debu yang menempel pada kasur yang dapat menimbulkan alergi juga bisa hilang dengan cara menjemur dan mengebas kasur.

Berikut tips menjemur kasur yang harus diperhatikan: lepaskan sprei atau alas kasur, jemur saat matahari sedang terik, kebas-kebas kasur dengan penebah, balik kasur agar kedua sisi kasur terkena sinar matahari.

Rumah sehat, bebas tungau!

 

 

 

Audit Internal Puskesmas Kedungkandang

Audit internal merupakan salah satu program mutu manajerial Puskesmas. Audit internal dalam standar akreditasi: difokuskan pada penilaian kinerja, bertujuan untuk peningkatan kinerja, dan dilakukan secara periodik.

Pada hari ini, tim audit internal puskemas Kedungkandang melakukan kegiatan audit tentang penilaian standar akreditasi di Pokja 1, yang berfokus pada kelengkapan elemen penilaian di manajemen. Kegiatan yang dilakukan antara lain mengumpulkan informasi faktual dan signifikan melalui interaksi secara sistematis, objektif, dan terdokumentasi. Audit bermanfaat untuk mengevaluasi pemenuhan instrumen mutu dalam membantu mencapai visi, misi dan tujuan organisasi.

Puskesmas hebat, masyarakat sehat!

 

 

 

Kunjungan Dokter Gigi ke Posyandu ~ Puskesmas Pandanwangi

Gigiku Sehat dan Kuat

Namaku “Gigi”. Mulut rumahku. Agar sehat dan kuat, aku harus di sikat setiap hari.

Ayo siapa yang sudah sikat gigi? Siapa yang mau giginya putih sehat? So guys, jangan lupa sikat gigi ya. Jangan lupa juga ajarkan ke anak-anak dan adik-adik kita sedari dini, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi. Karena jika terbiasa sejak dini, akan menjadi kebiasaan baik dikala dewasa.

Maka dari itu, Puskesmas Pandanwangi rutin mengadakan kunjungan dokter gigi ke posyandu. Tujuannya adalah untuk pemeriksaan kesehatan gigi balita dan edukasi kesehatan gigi. Siapa sih yang mau punya gigi berlubang atau gigis? Pasti tidak ada kan? Yuk, sikat gigi dan rutin berkunjung minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Gigi sehat, senyum ceria!

 

 

Posbindu dan PTM ~ Puskesmas Bareng.

Waspada Hipertensi!

Hari ini, Senin 13 Mei 2019, petugas Puskesmas Bareng bersama dengan mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan penyuluhan Hipertensi di POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu) PTM (Penyakit Tidak Menular) di RW 3 Kelurahan Gadingkasri.

Kenapa bisa terjadi hipertensi? Karena berdasarkan survey KS, di wilayah Gadingkasri masih banyak warga yang memiliki penyakit hipertensi dan belum berobat secara teratur. Hipertensi sendiri merupakan suatu penyakit dimana keadaan tekanan darah lebih dari 140 mmhg Sistolik dan 90 mmhg Diastolik. Faktor penyebab penyakit ini antara lain karena stress psikososial, obesitas, kurang olahraga, dan rokok. Akibat dari penyakit ini juga berbahaya karena bisa menimbulkan resiko penyakit lain seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal, serta serangan jantung.

Maka dari itu dengan diadakan penyuluhan hipertensi ini diharapkan masyarakat khususnya wilayah Gadingkasri lebih waspada dan melakukan pencegahan serta pengobatan terhadap penyakit hipertensi.

Lebih baik mencegah daripada mengobati!

 

Cegah Penyakit Mulai dari Sekarang ~ Puskesmas Ciptomulyo

Selamat pagi healthies!

Prevalensi penyakit tidak menular terutama untuk penyakit pembuluh darah seperti penyakit jantung semakin meningkat. Sehingga diperlukan tindakan preventif atau pencegahan. Dalam hal ini, salah satu pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan rekam jantung atau ECG (Electrocardiograph), sebagai tindakan awal dalam penentuan diagnosis.

Salah satu gejala dari penyakit jantung koroner yaitu nyeri dada, bisa menjalar ke lengan, leher, dan dagu. Maka dari itu, perlu diwaspadai ketika pengalami gejala tersebut. Yuk, segera periksakan ke Puskesmas Ciptomulyo ketika mengalami gejala tersebut.

 

 

 

Pemeriksaan Kesehatan dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) kepada Penderita Stroke dan Keluarganya ~ Puskesmas Mulyorejo.

Sehat Tanpa Penyakit Stroke

Stroke salah satu penyakit penyebab utama kematian di Indonesia. Meski demikian, angka kejadian penyakit tersebut terus meningkat. Hari ini telah di lakukan kunjungan pada pasien stroke oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Mulyorejo yang bertempatan di Kelurahan Bandulan RT 5 RW 3. Dalam kunjungan rumah ini di lakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) pada penderita stroke dan keluarga.

Dampak dari stroke bisa ringan hingga berat, mulai dari tangan tak bisa digerakkan, kesulitan bicara, berkurangnya kemampuan menelan atau makan, tidak dapat berjalan lagi, dan lainnya. Dalam hal ini petugas kesehatan pun juga memberikan motivasi bagi penderita dan informasi tata cara merawat pasien stroke di rumah yang lebih dalam bagi keluarga pasien pasca stroke.

Sakit itu mahal. Yuk hidup sehat!

 

 

Aturan Minum Obat Saat Berpuasa ~ Puskesmas Arjowinangun.

Halo sahabat sehat!
Tidak terasa yaa kita sudah satu minggu menjalani puasa. Gimana, sehat semua kan? Kalau ada yang sakit saat puasa dan harus minum obat gimana dong?

Hari Senin, 13 Mei 2019 Puskesmas Arjowinangun bekerja sama dengan mahasiswa UMM melakukan penyuluhan tentang penggunaan obat saat puasa kepada pasien di ruang tunggu puskesmas.
Penggunaan obat saat puasa, bagaimana ya?
1. Obat dengan dosis 1×1 : diminum saat buka atau sahur
2. Obat dengan dosis 2×1 : diminum saat buka dan sahur
3. Obat dengan dosis 3×1 (seperti antibiotik) : diminum saat buka, jam 11 malam, dan saat sahur.
Obat dengan aturan diminum sebelum makan dapat diminum 30 menit sebelum sahur atau makan besar. Sedangkan untuk obat sesudah makan, dapat diminum 5-10 menit setelah makan besar.

Kalau bisa jangan sampai sakit yaa! Yukk jaga kesehatan saat puasa. Agar badan sehat, puasa pun lancar.

 

Kelas Ibu Hamil ~ Puskesmas Gribig.

Bumil Sehat dan Selamat Karena Kelas Ibu Hamil

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 sampai 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, dan masih banyak lagi.

Adapun keuntungan kelas ibu hamil adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi, dapat mendatangkan tenaga ahli untuk memberikan penjelasan mengenai topik tertentu, waktu pembahasan materi menjadi efektif karena pola penyajian materi terstruktur dengan baik, ada interaksi antar petugas kesehatan dengan ibu hamil pada saat pembahasan materi dilaksanakan.

So, untuk para bumil! Yuk bergabung di kelas ibu hamil yang di programkan setiap tahunnya oleh Puskesmas, demi mewujudkan ibu hamil yang berkualitas, pengetahuan bertambah, juga ibu dan anak sehat serta selamat. Kelas ibu hamil ini dipandu langsung oleh ibu bidan yang sudah ahli dari Puskesmas.

Ibu sehat, bayipun sehat!

 

Intervensi PHBS di Lingkungan Kerja ~ Puskesmas Janti.

Malang, 13 Mei 2019. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) perlu dilakukan dimanapun kita berada. Kegiatan tersebut juga harus dilakukan termasuk di lingkungan sekolah. Pihak Puskesmas yang nantinya akan memantau sejauh mana warga sekolah (karyawan, guru, siswa) telah melakukan PHBS.

Pihak Puskesmas menggunakan lembaran pengkajian PHBS untuk tatanan institusi pendidikan yang berjumlah 8 pertanyaan dengan pilihan ya atau tidak. Ada 4 klasifikasi dimana hanya ada satu klasifikasi yang mencerminkan PHBS setiap sekolah. Klasifikasi I apabila jawaban ya bernilai 1-2, klasifikasi II apabila jawaban ya bernilai 3-4, klasifikasi III apabila ya bernilai 5-6, dan klasifikasi IV apabila jawaban ya bernilai 7-8. Semakin tinggi klasifikasinya PHBSnya semakin baik. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kegiatan preventif kesehatan.

Kegiatan ini juga berupaya secara promotif yakni dengan menyebar leaflet tentang PHBS, DBD dan juga Isi Pir. Mari budayakan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah!

 

 

Safari Emo Demo Keluharan Oro-oro Dowo ~ Puskesmas Arjuno.

Puasa, bukan alasan untuk tidak rumpi sehat. Ibu ibu yang gemar rumpi tentang hal yang tidak ada manfaatnya, saatnya beralih ke rumpi sehat. Rumpi yang bikin ibu pintar dan paham tentang kesehatan.

Senin ini (13/5/2019) safari Emo Demo oleh kader terlatih dari Kelurahan Oro-oro Dowo berlabuh di Posyandu RW 03. Kegiatan ini akan dilakukan ke semua Posyandu di Kelurahan setempat. Dengan pengemasan yang unik serta yel-yel atau lagunya yang membuat toksik, Emo Demo ini menjadi salah satu kegiatan yang efektif dalam penyampaian informasi kesehatan mulai dari bayi sampai ibu hamil.

Dengan adanya safari Emo Demo ini, diharapkan semakin banyak Posyandu yang terpapar dan tentunya para ibu balita akan lebih peduli terhadap kesehatan buah hatinya serta ibu hamil semakin paham bahwa apa yang dimakan ibu hamil berpengaruh terhadap tumbuh kembang anaknya kelak.

Ibu bijak, balita sehat!

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply