Kegiatan Puskesmas, Selasa 14 Mei 2019

0

Ngobrol Pagi Seputar Kesehatan ~ Puskesmas Dinoyo

Basar (Bahaya Asap Rokok)

Halo sobat sehat! Salam sehat untuk kita semua!

Pagi ini Puskesmas Dinoyo melakukan kegiatan NGOPI SEHAT (Ngobrol Pagi Seputar Kesehatan) dengan tema Bahaya Asap Rokok. Kegiatan ini dilakukan di ruang tunggu Puskesmas Dinoyo dengan sasaran pasien yang berkunjung ke Puskesmas hari ini.

Dalam kegiatan ini dipaparkan mengenai kandungan dalam rokok, bahaya asap rokok, perokok aktif, perokok pasif, dan kelainan yang timbul akibat rokok. Sesuai dengan Perda No 2 tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok, mari kita wujudkan lingkungan bersih tanpa asap rokok!

Salam sehat!

 

 

Konseling Gizi Ibu Hamil di Puskesmas Mojolangu

Berantas Mitos Kehamilan

Ibu hamil tidak boleh makan cumi cumi nanti anaknya jalannya mundur ataupun ibu hamil tidak boleh makan belut nanti anaknya engak punya tulang punggung. Itulah mitos-mitos yang sering diuangkapkan ibu hamil kepada nutrisionis. Meskipun letak Puskesmas Mojolangu ada di daerah perkotaan namun pola pikir masyarakatnya masih sangat awam. Nah mitos-mitos yang demikian akan ditepis oleh nutrisionis atau tenaga kesehataan di Puskesmas Mojolangu melalui layanan konseling gizi pada ibu hamil di Puskesmas Mojolangu.

Pemenuhan gizi selama kehamilan merupakan hal penting untuk diperhatikan. Dengan mendapatkan gizi seimbang, ibu dan janin yang dikandung akan terhindar dari risiko kesehatan yang juga memengaruhi kualitas hidup generasi selanjutnya. Petugas memperkenalkan ATIKA (Ati, Telor, Ayam) sebagai makanan yang mengandung zat besi tinggi pada ibu hamil. Ibu hamil yang mengalami kurang gizi berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memahami dan menjalankan pola hidup sehat gizi seimbang agar keadaan gizi ibu terjaga serta janin tetap sehat.

Ibu hamil, ya ATIKA!

 

RPU Puskesmas Cisadea Dalam Pelayanan Kesehatan

RPU adalah singkatan dari Ruang Pelayanan Umum yang ada di Puskesmas Cisadea. RPU ini setiap harinya tidak pernah sepi dari pasien. Pasien yang datang tidak memandang usia, ada yang tua, muda, remaja, bahkan anak sekolah. Semuanya datang untuk memeriksakan masalah kesehatan yang diderita.

Dari pasien yang berobat ke RPU itulah Puskesmas Cisadea mendapatkan data 10 besar penyakit terbanyak adalah penyakit pharingitis (menyerang pada tenggorokan) menduduki peringkat teratas. Hal ini bisa dikarenakan adanya perubahan cuaca ataupun dari faktor makanan yang tidak sehat seperti mengandung pemanis buatan. Petugas kesehatan puskesmas juga memberikan edukasi kepada pasien. Dengan pelayanan yang maksimal diharapkan pasien bisa terlayani secara maksimal pula.

Kami melayani dengan sepenuh hati

 

 

Peran Kader Kesehatan di Puskesmas Kedungkandang

Sipul, itulah nama beliau. Salah satu kader kesehatan di Puskesmas Kedungkandang, Kelurahan Kotalama. Beliau merupakan salah satu kader laki-laki yang di miliki oleh Kelurahan Kotalama, tepatnya di RW 4. Kepeduliannya terhadap kesehatan yang membuatnya ingin sekali menjadi kader kesehatan. Beliau mempunyai visi ingin memudahkan akses pelayanan kesehatan masyarakat hingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kader laki-laki yang seperti ini sangat dibutuhkan oleh petugas kesehatan khususnya ketika melakukan sweeping, karena dibutuhkan tenaga ekstra untuk membawa peralatan kesehatan ke masyarakat yang medan nya susah.

Posyandu merupakan bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) yang pelaksanaannya dari, oleh, dan untuk masyarakat. Maka dari itu, peran serta kader sangat penting dalam mendukung keberhasilan posyandu di wilayahnya.

Kader hebat, kader kuat, puskesmas lebih semangat!

 

Pertemuan Lintas Sektor ~ Puskesmas Arjowinangun

Maraknya Pernikahan Muda yang beresiko timbulnya Kematian Ibu dan Bayi (AKI & AKB) Kota Malang

Kesuksesan program kesehatan merupakan hasil dari kerjasama lintas program dan lintas sektor. Selain melaksanakan koordinasi lintas program setiap bulan, Puskesmas Arjowinangun juga melakukan pertemuan lintas sektor.

Hari selasa, 14 Mei 2019. Pertemuan lintas sektor dihadiri oleh Bapak Camat Kedungkandang, Bapak Lurah Arjowinangun, Bumiayu, Mergosono, Tlogowaru, Danramil dan kepala KUA. Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama terkait masalah kesehatan. Masalah yang dihadapi oleh masing-masing sektor disampaikan, yaitu antara lain maraknya pernikahan muda dan tingginya angka perceraian. Kerjasama yang dapat dilakukan dengan Puskesmas adalah dengan melakukan penyuluhan catin (calon pengantin), imunisasi TT (Tetanus Toxoid). Selain itu juga dapat dilakukan kerjasama dengan DP3AP2KB untuk melakukan penyuluhan KB (Keluarga Berencana) agar keluarga dapat merencanakan kehamilan dengan baik.

Keluarga berencana, keluarga sehat, keluarga bahagia!

 

Posyandu Balita ~ Puskesmas Bareng

Pentingnya Imunisasi Pada Bayi dan Balita

Apakah imunisasi anak sudah lengkap? Kalau belum segera imunisasi di posyandu!

Hari ini Selasa, 14 Mei 2019. Petugas Puskesmas Bareng bersama para kader posyandu melaksanakan kegiatan rutin posyandu balita di RW 2 Bareng, tepatnya Posyandu Mawar. Kegiatan posyandu yang dilakukan yaitu penimbangan badan, tinggi badan, dan lingkar kepala bayi. Tidak lupa juga dilakukan imunisasi pada bayi dan balita sesuai jadwal.
Kenapa harus imunisasi? Karena imunisasi dapat memberikan kekebalan bagi tubuh bayi dan balita, sehingga kebal akan serangan kuman dan penyakit, baik itu bakteri, virus, jamur, dan lainnya. Imunisasi dasar yang diberikan diantaranya yaitu Hepatitis b, BCG (Bacille Calmette-Guérin), Campak, Polio, Pentavalen. Jika anak tidak diberikan imunisasi maka akan lebih beresiko tertular penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan kecacatan hingga kematian. Maka dari itu penting bagi Ibu untuk melakukan imunisasi pada bayi dan balitanya.
Bayi sehat dan kuat dengan Imunisasi!

 

Pertemuan Konsolidasi Kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Gribig

Pertemuan Tim UKM Puskesmas Gribig pada hari Selasa, 14 Mei 2019, bertempat di aula puskesmas dengan semua penanggungjawab program yang dipimpin oleh ketua UKM Ibu Umi Zuhroh, S.KL.

Pada pertemuan kali ini membahas pencapaian masing-masing program yang ada di puskesmas untuk mengetahui apakah program yang sudah direncanakan berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan apa tidak. Kegiatan UKM di puskesmas mengacu pada Standart Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan dan Penilaian Kerja Puskesmas (PKP) Provinsi Jawa Timur.

Mari kita sukseskan upaya promotif dan preventif di masyarakat untuk mewujudkan masyarakat sehat dan menurunkan angka kesakitan. Petugas Puskesmas Gribig siap melayani masyarakat dengan sepenuh hati demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kami siap melayani dengan sepenuh hati!

 

 

Pembinaan Karang Taruna untuk menjadi Promotor Sanitasi ~ Puskesmas Kendalkerep

Promotor Sanitasi: Yang Muda yang Berkarya

Siapa bilang lingkungan itu urusan orang tua? Orang muda juga harus peduli dengan lingkungan. Bahkan, orang mudalah yang menjadi agent of change atau agen pembawa perubahan.

Mengingat akan hal itu, maka Puskesmas Kendalkerep membina karang taruna di wilayahnya (Bunulrejo, Kesatrian, Polehan, dan Jodipan) untuk menjadi promotor sanitasi. Tidak tanggung-tanggung, narasumbernya adalah Dinas Kesehatan Kota Malang dan IUWASH USAID.

Pembinaan apa saja yg dilakukan? Jenis sanitasi, strategi promosi kesehatan, dan komunikasi efektif agar pesan sanitasi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Melalui para promotor yg muda dan kritis, perilaku sanitasi masyarakat bisa berubah menjadi lebih baik, lebih mandiri, dan tentunya lebih sehat.

Yang muda yang berkarya!

 

Konseling Alur Berobat ke Puskesmas Polowijen

Halo sahabat sahabat sehat! Hari ini sehat semua kan??? Bagi yang kurang sehat dan mau periksa ke puskesmas, udah tahu belum alur pendaftaran bagi pasien BPJS dan Umum? Kalo belum tahu kalian harus bertanya ya!

Hari ini (14/05/2019) Puskesmas Polowijen memberikan konseling tentang alur berobat puskesmas. Karena tidak jarang pasien lupa membawa persyaratan berobat. Jadi prinsipnya, petugas dalam memberikan pelayanan ada 3 komponen penting, yaitu:
1. Attitude (Sikap)
2. Attention (Perhatian)
3. Action (Tindakan)

Salam sehat, salam prima

 

 

Posyandu Balita ~ Puskesmas Ciptomulyo

Balita Sehat, Lahir Generasi Berkualitas

Hai aku sehat, aku ceria!

Hari ini tanggal 14 Mei 2019, ada posyandu balita di wilayah Puskesmas Ciptomulyo yaitu Posyandu Wijaya Kusuma dan Sri Rejeki. Kegiatan wajib di posyandu salah satunya yaitu menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan balita. Kenapa wajib? karena dengan mengukur BB dan TB dapat menentukan status kesehatan balita, mengetahui status gizi, mengetahui apakah balita sehat atau sakit, dan memantau perkembangan balita.
Masa balita adalah masa emas dalam pertumbuhan jadi pemantauan harus dilakukan secara rutin. Balita yang sehat akan melahirkan generasi yang berkualitas.
Jadi, jangan lupa ke posyandu setiap bulan ya!

 

 

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ~ Puskesmas Mulyorejo

Siapa yang tidak ingin sehat? Tentunya seluruh manusia di dunia ini ingin sehat kan? Kesehatan memang bukan segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak berarti.

Salah satu strategi yang dicanangkan oleh Dept. Kesehatan untuk mencapai tujuan Indonesia sehat adalah melalui Program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Hari ini, petugas kesehatan Puskesmas Mulyorejo bersama para kader melaksanakan kegiatan Posyandu di RW 3 Kel. Mulyorejo selain itu juga melakukan sosialisasi 10 PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) oleh petugas promkes. Diharapkan setiap anggota keluarga dan masyarakat mampu mengupayakan lingkungam yang sehat dan dapat berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat.

Ingat, sehat itu mahal!

 

 

 

Pengkajian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ~ Puskesmas Pandanwangi

Kondisi Lingkungan Terminal Arjosari

Terminal. Yang diingat pasti bau asap, solar, dan pesing. Tapi jangan salah, sekarang tidak lagi lho! Contohnya terminal Arjosari yang berlokasi di Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Petugas promosi kesehatan Puskesmas Pandanwangi melakukan pengkajian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan institusi tempat tempat umum, dan hasilnya cukup baik walaupun masih dalam klasifikasi tidak sehat.

Sekarang wajah terminal dan lingkungan terminal Arjosari sudah bersih dan rapi. Tidak ada lagi sampah berserakan, kamar mandi kotor, dan bau pesing di lingkungan terminal sudah jauh berkurang. Namun yang paling sulit dikendalikan dan diawasi adalah perilaku merokok dan buang ludah sembarangan, meskipun sudah disediakan tempat khusus merokok.

Tapi tetap, kita harus jaga kebersihan di terminal. Meskipun kita hanya lewat atau singgah sebentar. Ingat, yang pakai tempat umum bukan cuma kita, ada orang lain yang juga butuh kenyamanan.

Yukk jaga lingkungan!

 

Survei Laik Sehat di Hotel Wilayah Rampal Celaket ~ Puskesmas Rampal Celaket

Hallo healthies

Hari ini, Selasa 14 Mei 2019. Sanitarian dan promotor kesehatan Puskesmas Rampal Celaket melakukan kunjungan dan survei laik sehat di hotel yang ada di wilayah kerja Rampal Celaket. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan kerja dan memberikan masukan kepada pengelola, guna perbaikan laik sehat dari tempat kerja tersebut.

Selain memeriksa kamar, dapur, toilet, dan ruang karyawan, sanitarian juga mengambil sampel air bersih dan kolam renang untuk selanjutnya dicek kondisi dan kualitas airnya. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan untuk meningkatkan kepedulian pemilik tempat kerja khususnya hotel akan kesehatan pengunjung dan karyawan.

 

 

 

Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Pembantu Sukun ~ Puskesmas Janti

Mengandung bagi perempuan adalah saat-saat dimana kondisi tubuh harus terjaga dengan prima. Kondisi kesehatan, status mental, dan gaya hidup bisa memicu komplikasi yang serius pada kehamilan. Meski tidak setiap ibu hamil akan memiliki komplikasi kehamilan yang berisiko tinggi, tetapi mengetahui komplikasi atau risiko selama hamil dapat membantu menangani dan mencegah komplikasi itu terjadi. Seperti yang dilakukan pada sesi kelas ibu hamil di Puskesmas Pembantu Sukun oleh Ibu Lia salah satu bidan Puskesmas Janti.

Selain masalah komplikasi juga ada materi persalinan dan nifas serta informasi tentang penyakit-penyakit menular seksual seperti gonore, sifilis, dan HIV. Ibu-ibu perlu mengetahui hal ini agar mereka tidak membahayakan janin yang ada dalam kandungan maupun saat bayi sudah lahir.

Ayo giat ikut kelas ibu hamil dan peroleh manfaatnya!

 

 

 

Penyuluhan Emo Demo Posyandu RW 3 Tulusrejo ~ Puskesmas Kendalsari

Hari ini, Kader Posyandu RW 3 Tulusrejo mengadakan penyuluhan “ASI saja cukup” dengan metode Emo Demo. Bayi berusia 0 – 6 bulan seharusnya diberikan ASI ekslusif. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan kemampuan lambung bayi yang masih sangat kecil, sehingga jika bayi usia 0-6 bulan diberi makanan lain selain ASI dapat mengganggu pencernaan bayi.

Pesan tersebut disampaikan Kader Posyandu RW 3 Tulusrejo kepada ibu hamil dan ibu bayi dengan metode Emo Demo yang menyenangkan. Visualisasi lambung bayi menggunakan biji-bijian manik2 maupun bola kelereng dapat menstimulus emosi peserta penyuluhan agar pesan lebih mudah ditangkap. Dalam penyuluhan itu juga disampaikan manfaat pemberian ASI pada bayi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta asupan zat gizi yang tidak didapat dari makanan lainnya.

ASI Eksklusif itu Penting!

 

 

Waspada Demam Berdarah ~ Puskesmas Arjuno

Baru-baru ini Puskesmas Arjuno mendapat infomasi dari Wihara Sang Timur kalau disana ada penderita DBD yang sedang dirawat di Rumah sakit. Petugas dari Puskesmas segera menindak lanjuti informasi tersebut. Survey dilaksanakan tanggal 14 Mei 2019 bersama bidan wilayah Kelurahan Penanggungan untuk memastikan adanya apakah ada penderita yang sakit DBD. Dalam survey tersebut ditemukan banyak sekali barang bekas yang tidak terpakai yang menjadi sarang nyamuk. Survey dilajutkan dikamar mandi setiap pengurus, dan alangkah terkejutnya kami ternyata sebagian besar kamar mandinya ada jentik nyamuknya.

Selain di wihara, petugas melanjutkan survey di SD dan SMP Sang Timur. Ada yang lebih mengejutkan lagi ternyata hasilnya sebagian kamar mandi siswa dan guru ditemukan jentik nyamuk. Dan yang lebih heboh lagi, di pot bunga untuk hiasan ternyata jentik nyamuknya luar biasa banyak dan siap menjadi nyamuk.

So guys untuk memutus rantai penularan, cegah dengan 3M plus yaitu , menguras, menutup, mendaur ulang barang bekas. Plusnya yaitu hindari gigitan nyamuk dengan tidak menggantung baju, pelihara ikan, dan membubuhkan bubuk abate.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ayo lakukan PSN rutin untuk mencegah demam berdarah.

Rumahku sehat, rumahku indah, nyamuk pergi!

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply