Kegiatan Puskesmas, Rabu 15 Mei 2019

0

Penyuluhan Tentang DAGUSIBU ~ Puskesmas Mojolangu

Rabu pagi, 15 Mei 2019 diadakan penyuluhan kepada pasien di ruang tunggu Puskesmas Mojolangu oleh Apoteker bersama dengan adik-adik calon Apoteker dari Universitas Muhammadiyah Malang dengan tema DAGUSIBU.

Apa sih DAGUSIBU itu?
DA – Dapatkan obat
GU – Gunakan obat
SI – Simpan obat
BU – Buang obat

Intinya, DAGUSIBU adalah cara memperlakukan obat dengan benar mulai dari mendapatkan di apotek, toko obat berijin, atau fasilitas pelayanan kesehatan, menggunakan sesuai aturan dan/atau anjuran dokter, menyimpan obat dengan benar dan membuang dengan benar.

Para pasien sangat antusias menyimak bahkan bertanya kepada pemateri. Tak lupa di akhir diinformasikan kembali, tanya obat, tanya Apoteker

 

Tim Penyuling on Vacation Pasar Pandanwangi ~ Puskesmas Pandanwangi

Hai sobat ngalam! Tim Penyuling on Vacation dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Pandanwangi lagi blusukan ke Pasar Pandanwangi lho!

Seru baget! Berbagai informasi ditampilkan disini lho sobat. Ada Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan di tempat umum, keamanan pangan, dan penyakit TBC (Tuberculosis). Antusiasme baik pengunjung maupun pedagang sangat tinggi untuk mendapatkan informasi kesehatan.

Sobat ngalam, ikuti terus perjalanan Tim Penyuling ya! Tim Penyuling selalu setia berbagi informasi kesehatan

 

 

 

 

 

Layanan Pemeriksaan Kulit dan Kelamin Puskesmas Dinoyo

Hallo sobat sehat! Sudah hari Rabu lagi nih, itu tandanya Puskesmas Dinoyo ada kegiatan Rutin yaitu kunjungan dari dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSSA Malang.

Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian dari RSSA, sehingga masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Dinoyo bisa melakukan check up dan konsultasi secara gratis. Pagi ini, salah satu pasien yang datang dengan masalah kulit kering. Diduga karna beberapa aspek hygiene personal yang kurang.

Kalau sobat sehat ingin periksa dan konsultasi seputar kulit dan kelamin. Yuk datang ke Puskesmas Dinoyo setiap hari rabu ya sobat!

Salam sehat!

 

 

 

PHBS di Lingkungan Keluarga ~ Puskesmas Bareng

Menjaga tubuh sehat dan bugar adalah sebuah keharusan. Kita pastinya tidak mau kan kalau terkena penyakit? Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Rabu, 15 Mei 2019, petugas Promkes Puskesmas Bareng melakukan penyuluhan dengan tema PHBS di ruang tunggu Pustu Galunggung. Apa itu PHBS? PHBS yaitu semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga dapat menolong dirinya dalam bidang kesehatan. Kenapa kita harus menerapkan PHBS? Karena PHBS memberikan banyak manfaat, diantaranya agar anggota keluarga terhindar dari sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, anggota keluarga semakin giat bekerja, dan masih banyak lagi. Penerapan PHBS tidak hanya diterapkan di rumah tangga/keluarga saja, tapi juga di sekolah, tempat-tempat umum, tempat kerja, maupun institusi kesehatan. Dengan penerapan PHBS ini diharapkan masyarakat bisa mencegah terjadinya masalah-masalah kesehatan maupun penyakit yang berbahaya. Selain itu juga mampu menerapkan lingkungan sehat.

 

 

 

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Survei Keluarga Sehat ~ Puskesmas Kendalkerep

Siapa yang pernah mendengar Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK)? Mungkin masih jarang terdengar, namun kegiatannya pasti sudah banyak yang mengetahui, yaitu Survei Keluarga Sehat.

Wilayah Puskesmas Kendalkerep terbentang luas dari Kelurahan Bunulrejo hingga Kelurahan Polehan. Selain luas, penduduknya pun padat. Namun, hal tersebut tidak menghalangi semangat dari petugas kesehatan yang melakukan survei di 100% warga yang dibantu oleh kader terlatih di wilayah setempat.

Pada hari Rabu (15/5), petugas Puskesmas Kendalkerep melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis pada kader di kelurahan Bunulrejo terkait pelaksanaan survei Keluarga Sehat (KS). Tahu kah teman-teman? Bahwa Kelurahan Bunulrejo ini adalah wilayah terakhir yang akan disurvei.

Sosialisasi dan bimtek ini dilakukan agar kader terlatih untuk mendampingi petugas dalam mendata, menggali, mengintervensi masyarakat terkait dengan hasil survei. Untuk mendorong hal itu, petugas puskesmas pun melakukan role play agar para kader semakin paham dan terlatih.

Sudah siapkah untuk survei KS pamungkas ini? Tentu saja. Semangat untuk para pejuang KS

 

Posyandu RW 10-A diserbu Petugas Kesehatan Puskesmas Cisadea

Waah Posyandu RW 10A ada kegiatan apa ya? Ternyata di Posyandu RW 10A kedatangan petugas kesehatan dari Puskesmas Cisadea yang bekerja sama dengan mahasiswa Apoteker UMM. Mahasiswa UMM jurusan Apoteker ini sedang memberikan penyuluhan kepada ibu balita mengenai penyakit pertolongan pertama serta pencegahan diare pada anak di Posyandu RW 10A Kelurahan Purwantoro.

Diare itu bahaya lho, karena bisa mengakibatkan kekurangan cairan (dehidrasi) dan bisa menimbulkan kematian. Faktor penyebab penyakit diare terjadi akibat infeksi virus/bakteri, alergi susu/makanan tidak higienis, botol susu tidak steril, dan pemberian ASI yang tidak eksklusif pada bayi 0-6 bulan. Pertolongan pertama terhadap kasus diare pada anak yaitu dengan memberikan oralit.

Diharapkan dengan adanya penyuluhan penyakit diare, ibu balita dapat dan bisa mengatasi secara dini jika anak mengalami diare sebelum dibawa ke fasilitas kesehatan.

 

 

Penyuluhan Keliling di Wilayah Kerja Puskesmas Pandanwangi

Penyuling Manis Wangi

Rabu, 15 Mei 2019 tim promosi kesehatan Puskesmas Pandanwangi didampingi oleh tim promosi kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan penyuluhan keliling di wilayah kerja Puskesmas Pandanwangi. Spot berhenti pertama adalah Pasar Kaget Pandanwangi. Di pasar ini, kami melakukan penyuluhan dan edukasi kepada penjual dan pengunjung pasar tentang perilaku hidup bersih dan sehat tatanan tempat umum dan keamanan pangan. Kami juga membagikan leaflet kesehatan, flyer cuci tangan pakai sabun, tips puasa sehat, larvasida dan tablet tambah darah kepada penjual dan pengunjung. Antusiasme masyarakat sangat baik dan terbuka.

Spot penyuluhan ke dua adalah di terminal Arjosari. Di terminal Arjosari, kami melakukan pembagian media informasi kesehatan, larvasida dan tablet tambah darah kepada petugas penjual tiket bus, penjaga toko, dan pengunjung di ruang tunggu keberangkatan.

Harapannya, masyarakat semakin peduli dengan kesehatan dirinya dan kesehatan lingkungan sekitar. Karena, sehat dimulai dari SAYA

 

SIRINE : Siaran Informasi dan Edukasi Puskesmas Pandanwangi

Wiiiuw wiuuuw wiuuuw Berjumpa lagi dengan hari rabu yang semakin seru karna SIRINE.
Apa itu SIRINE? SIRINE yaitu Siaran Informasi dan Edukasi yang dilakukan di ruang tunggu pengunjung Puskesmas Pandanwangi. Kali ini, materi yang disampaikan adalah Hipertensi.

Media yang digunakan dalam SIRINE kali ini yaitu lembar balik (flip chart), pengunjung cukup antusias menyimak materi yang diberikan oleh petugas promosi kesehatan. Pada sesi diskusi, pengunjung berpartisipasi aktif memberikan pertanyaan sesuai pengalaman sehari hari yang dialami. Nah, kebetulan bahasan hipertensi ini dianggap sesuai dengan kisah saudara salah satu pengunjung, sehingga jalannya diskusi semakin seru dan tentunya diperoleh tambahan informasi baru.

Ayoo cegah hipertensi. Kenali penyebabnya, kenali gejalanya, perbaiki pola makan dan gaya hidup!

 

 

Penyuluhan Penggunaan Antibiotik Yang Tepat ~ Puskesmas Janti

Hari Rabu, 15 Mei 2019, Puskesmas Janti bekerja sama dengan mahasiswa UMM jurusan Farmasi mengadakan penyuluhan dalam gedung tentang penggunaan antibiotik yang tepat. Antibiotik adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi akibat bakteri. Waktu yang tepat untuk memberikan antibiotik adalah ketika terinfeksi bakteri seperti beberapa infeksi telinga, radang tenggorokan, infeksi sinus, dll. Lebih tepatnya antibiotik diberikan ketika penderita terkena infeksi bakteri.

Aturan yang harus digunakan adalah minum sesuai anjuran dokter, membeli sesuai anjuran dokter, dan mengkonsumsi antibiotik tepat waktu dan tepat dosis. Dikatakan tepat waktu apabila dianjurkan meminum obat 3x sehari bukan pagi, siang, malam akan tetapi setiap 8 jam sekali dimulai pukul 06.00 pagi kemudian 14.00 dan terakhir pukul 22.00. Apabila anjuran obat 2×1 sehari diminum tiap 12 jam. Bila anjuran obat 1×1 diminum tiap 24 jam.
Kegiatan hari ini tidak hanya dilakukan penyuluhan akan tetapi juga kegiatan pembagian leaflet. Dengan kegiatan pembagian leaflet dan penyuluhan, diharapkan pengunjung/pasien dapat meminum antibiotik sesuai waktu meminumnya.

 

 

Emo Demo “Ikatan Ibu dan Anak” ~ Puskesmas Ciptomulyo

Emo demo adalah metode baru melakukan penyuluhan kesehatan disertai praktek/demonstrasi agar para peserta lebih memahami materi yang disampaikan. Hari ini ada Emo Demo di Posyandu Melati 4 Kelurahan Bakalan Krajan wilayah kerja Puskesmas Ciptomulyo.

Emo demo dilakukan oleh kader balita dengan tema “Ikatan Ibu dan Anak”. Peserta dari Emo Demo ini adalah para ibu balita yang berkunjung ke posyandu. Tujuan dari permainan ini yaitu menciptakan ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak
pada saat ibu menyusui. Jadi menyusui itu banyak sekali manfaatnya, selain untuk pertumbuhan juga perkembangan emosional anak.

Lalu tunggu apa lagi? Ayo para ibu yang mempunyai bayi bersemangatlah untuk menyusui seperti kata ibu rumpi bahwa “ASI Ekslusif itu Wajib” lho!

 

 

 

 

Posyandu ~ Puskesmas Polowijen

Kader Posyandu Cerdas, Masyrakat Sehat

Halo ibu- ibu kader! Gimana nih kegiatan di posyandu sudah berjalan sesuai dengan arahan dari Petugas Puskesmas belum? Kalo belum ayo dicek lagi.

Menjadi kader posyandu merupakan ujung tombak program kesehatan pemerintah, khususnya ibu dan anak, bukanlah pekerjaan mudah. Mereka dituntut memberikan pelayanan sekaligus penyuluhan kesehatan di setiap waktu pada warganya. Maka keterampilan dalam penanganan kesehatan mutlak diperlukan. (15/05/2019) Petugas Posyandu Puskesmas Polowijen melakukan telaah tentang keterampilan dan ketepatan Kader Posyandu Kenanga Kelurahan Polowijen dalam hal:
1. Menggunakan alat ukur panjang badan, berat badan, dan tinggi badan pada balita,
2. Ketepatan dalam fungsi dan tugas para kader di setiap mejanya.

Hal ini bertujuan untuk validasi data pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan Kartu Menuju Sehat (KMS). Kaderku cerdas, masyarakat sehat

 

Kaji Banding Menuju Re Akreditasi Puskesmas Arjuno

Hari ini kita kedatangan tamu, saudara yang jauh dari ujung timur Indonesia, yaitu dari papua dan papua barat. Kunjungan ini diikuti oleh Puskesmas Harapan Kab. Jayapura dan Puskesmas Oransbari Kab. Manokwari Selatan. Tujuan kunjungan mereka adalah untuk kaji banding menuju re akreditasi.

Proses kaji banding berjalan lancar. Setelah acara paparan dari tiap puskesmas dan penyerahan cenderamata, dilakukan diskusi. Konsep diskusi langsung dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok pokja admin, pokja UKM dan pokja UKP.

Untuk pokja UKM, selain PJ UKM dan PJ Program, proses diskusi juga didampingi dari lintas sektor kecamatan dan perwakilan kelurahan wilayah kerja Puskesmas Arjuno. Proses diskusi ini tidak hanya tanya jawab, tapi lebih ke sharing dalam hal permasalahan program, permasalahan pelayanan puskesmas serta manajemen puskesmas. Banyak hal baru yang kita dapatkan dari saudara kita.

Tidak hanya diskusi, peserta kaji banding juga melakukan telusur di tiap-tiap ruangan Puskesmas Arjuno. Melihat apa saja yang ada di ruangan dan belajar bagaimana alur pelayanannya. Semoga sharing hari ini bermanfaat dan bisa menjadikan bahan belajar untuk kita dalam peningkatan pelayanan dan kesehatan masyarakat.

 

Survei Sample Registration System (SRS) ~ Puskesmas Kendalsari.

Hari ini Bidan wilayah Puskesmas Kendalsari bersama ibu kader mengadakan survei SRS di Kelurahan Lowokwaru. Survei SRS mencatat kematian penduduk dan riwayat penyakit yang dideritanya. Hasil Survei SRS selanjutnya diinput secara nasional agar dapat dilakukan analisa penyakit penyebab kematian secara global.

Tujuan survei SRS adalah sebagai acuan data penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia khususnya di wilayah kerja Puskesmas Kendalsari. SRS di Indonesia pada tahun 2014 menunjukkan bahwa penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia didominasi oleh penyakit tidak menular yaitu stroke, jantung, dan diabetes melitus.

Berdasarkan data yang diperoleh dari survei SRS selanjutnya akan disusun program kesehatan yang secara spesifik dapat menurunkan angka kematian dengan cara mencegah penyakit tertinggi penyebab kematian yaitu Penyakit Tidak Menular (PTM). Yuk, cegah sakit selagi muda!

 

 

Puasa Tetap Sehat Bersama Pos UKK Mayora (Puskesmas Gribig)

Hai sobat arema! Bagaimana puasa anda hari ini? Masih tetap semangat apa sudah lemes?
Perlu sahabat arema ketahui bahwa di Pasar Madyopuro terdapat pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Mayora (Madyopuro Sejahtera). Apa itu pos UKK? Pos UKK yaitu suatu bentuk kegiatan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang memberikan pelayanan kesehatan bagi pekerja.

Apa saja kegiatan yang dilaksanakan di pos UKK Mayora? Kegiatan yang dilakukan oleh kader UKK dan petugas Puskesmas Gribig yaitu pemeriksaan kesehatan seperti penimbangan BB, pengukuran TB, pengukuran lingkar perut, tensi, pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol. Tentunya tidak lupa juga penyuluhan kesehatan oleh petugas promosi kesehatan puskesmas. Pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan ini diberikan secara gratis untuk pekerja, pedagang dan pengunjung Pasar Madyopuro. Pos UKK Mayora ini buka setiap hari rabu jam 09.00-11.00 setiap minggunya. Hari ini kita aktifkan kembali pos UKK Mayora dengan pemberian fasilitas kit UKK yang diserahkan langsung oleh kepala puskesmas gribig drg. Dinna Indarti kepada pengurus/kader UKK Mayora.

Manfaat yang didapatkan yaitu dapat pencegahan penyakit akibat kerja dan kecelakaan akibat kerja dikarenakan pekerja tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bekerja, lingkungan kerja bersih dan nyaman, adanya pengobatan ringan (P3K), deteksi dini resiko kerja serta adanya rujukan ke fasilitas kesehatan lebih lanjut.

Silahkan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke pos UKK Mayora datang ke pasar Madyopuro setiap hari rabu dengan syarat membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatan jika ada untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Pekerja sehat, produktivitas meningkat, rejeki lancar dan barokah

 

Kelas Ibu Hamil Puskesmas Arjowinangun

Masa kehamilan merupakan masa yang ditunggu-tunggu bagi keluarga yang baru menikah. Kondisi kesehatan dan asupan gizi selama kehamilan menjadi perhatian penting agar ibu dapat menjalani masa kehamilan dengan sehat dan selamat.

Puskesmas Arjowinangun melakukan kelas ibu hamil di Kelurahan Arjowinangun. Dalam kegiatan kelas ibu hamil, ibu akan diberi pengetahuan seputar menjaga kesehatan selama kehamilan, tanda bahaya kehamilan, dan mitos-mitos yang beredar di masyarakat terkait kehamilan.

Harapannya ibu hamil dapat lebih waspada terhadap kesehatannya sendiri maupun janinnya. Selain itu, ibu dapat lebih mewaspadai jika ada tanda bahaya yang terjadi, seperti perdarahan.
Ibu hamil sehat, bayi lahir selamat, generasi hebat!

 

 

 

Mini Lokakarya Bulanan Puskesmas Kedungkandang

Kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kedungkandang adalah mini lokakarya (Minlok) bulanan. 3 poin pembahasan utama dalam minlok kali ini adalah terkait survei phbs (perilaku hidup bersih dan sehat) rumah tangga, pelaksanaan ukbm (upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat), dan optimalisasi Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk monitoring evaluasi terhadap pencapaian kinerja dan program puskesmas. Harapan nya dengan adanya kegiatan ini adalah sinergitas antar lintas program serta peningkatan keberhasilan program yang tentunya memiliki hasil akhir yaitu peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang optimal.

 

 

 

 

Pencegahan Diabetes Pada Kehamilan ~ Puskesmas Mulyorejo.

Hai Bunda! Pernah dengar penyakit diabetes atau kencing manis? Salah satu jenis penyakit diabetes adalah diabetes pada kehamilan (Diabetes Gestasional). Hal ini disebabkan meningkatnya kadar-kadar hormon yang dihasilkan plasenta, sehingga gula darah dapat menjadi lebih tinggi pada kondisi tertentu.

Hari ini, petugas kesehatan PKM Mulyorejo malakukan kunjungan rumah pada ibu hamil dengan diabetes gestasional dan enemia di wilayah Kel. Bandulan. Dalam kunjungan, ibu bidan menganalisis kondisi ibu lewat anamnesis dan pemeriksaan, pemberian tablet besi (Fe), serta memberikan edukasi terkait tentang asupan gizi pada ibu hamil. Dan memberitahuan untuk rutin melakukan pemeriksaan kandungan ke tenaga medis (bidan dokter kandungan) atau faskes terdekatnya.

Ingat bunda! Diabetes pada kehamilan tidak boleh disepelakan, perlu adanya penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga medis.

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

Share.

About Author

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Leave A Reply