Kegiatan Puskesmas, Sabtu 15 Juni 2019

Senam Sehat Bugar di Kelurahan Tunjungsekar ~ Puskesmas Mojolangu.

Kurang gerak atau tidak aktif bergerak menjadi salah satu risiko timbulnya berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga penyakit degeneratif dan kanker. Oleh karena itu, Tim Puskesmas Mojolangu bersama dengan mahasiswa Poltekes Malang menyelenggarakan senam bersama masyarakat Kel. Tunjungsekar.

Kegiatan ini di hadiri 35 peserta yang terdiri dari pihak kelurahan, kader, dan masyarakat Kel. Tunjungsekar dan petugas Puskesmas Mojolangu. Susunan acara meliputi:
1. Pemeriksaaan tekanan darah,
2. Pemeriksaan berat badan,
3. Penyuluhan gerakan masyarakat hidup sehat, dan
4. Makan buah bersama. “Ada 3 hal yang di anjurkan, yaitu aktifitas fisik (30 menit setiap hari), cek kesehatan berkala, makan gizi seimbang”, ujar Wawat Watini. Mari kita wujudkan masyarakat hidup sehat di Kota Malang.

Hidup sehat dimulai dari saya!

 

Antri Dipanggil, Pasien Diberikan Leaflet Kesehatan oleh Petugas Puskesmas Cisadea.

Pemberian media promosi kesehatan di Puskesmas bisa di berikan kapan saja dan di mana saja. Sasarannya pun mencakup semua unsur masyarakat, tentunya yang berkunjung ke puskesmas. Umumnya pemberian media promosi kesehatan di puskesmas di berikan untuk para pasien.

Pada saat pasien menunggu di panggil untuk di periksa, petugas kesehatan dapat memberikan media promosi kesehatan berupa leaflet. Pada saat itulah petugas kesehatan dapat sekaligus memberikan konseling atau penyuluhan kepada pasien.

Manfaat pemberian media leaflet kepada pasien yang menunggu adalah sebagai media baca disaat menunggu dan pasien mendapatkan pengetahuan mengenai kesehatan. Tunggu apa lagi, paparkan media promosi kepada pasien sesering mungkin.

 

 

 

 

Skrining PTM di Lapangan Rampal ~ Puskesmas Kendalkerep.

Sabtu (15/06) ada acara istimewa lho di Lapangan Rampal. Acaranya adalah senam bersama dalam rangka HUT Kota Malang bersama Yayasan Jantung Sehat. Dalam serangkaiannya, ada pemeriksaan kesehatannya juga.

Sebagai penanggung jawab wilayah, Puskesmas Kendalkerep melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) pada peserta acara. Kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan tekanan darah, berat badan, tinggi badan, lingkar perut, dan wawancara. Konseling pun diberikan agar para peserta rutin untuk memeriksaan kesehatan secara berkala, seperti salah satu kegiatan Germas.

Sehat dimulai dari saya!

 

 

 

 

Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia RW 9 Kelurahan Karang Besuki ~ Puskesmas Mulyorejo.

Sabtu, 15 Juni 2019, Petugas kesehatan Puskesmas Mulyorejo melaksanakan kegiatan Posyandu Balita dan Lansia tepatnya di Posyandu Anggrek RW 9 Kel. Karang Besuki. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap Sabtu ke 3. Dalam kegiatan Posyandu Balita hari ini, dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan kepada bayi dan balita, selain itu diadakan sosialisasi tentang: Keluarga Berencana (KB), Imunisasi Dasar Lengkap (IDL), ASI eksklusif, dan Tuberkulosis paru.

Untuk kegiatan Posyandu Lansia dilakukan pengukuran tekanan darah, lingkar perut, dan berat badan. Dengan adanya posyandu lansia ini diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.

 

 

 

 

Pertemuan Deteksi Dini Tumbuh Kembang ~ Puskesmas Pandanwangi.

khir pekan kali ini ditutup dengan acara pertemuan deteksi dini tumbuh kembang yang dilaksanakan oleh Puskesmas Pandanwangi. Peserta yang hadir dalam pertemuan ini adalah para guru TK (pra sekolah) di wilayah Puskesmas Pandanwangi.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk pemberian materi mengenai tumbuh kembang yang meliputi gizi dan kesehatan gigi anak pra sekolah, refreshing Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) anak pra sekolah, dan pembagian obat cacing untuk anak pra sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.