Kegiatan Puskesmas, Rabu 24 Juli 2019

Menjadi Calon Pengantin yang Siap dan Sehat ~ Puskesmas Kendalkerep.

Rabu (24/7/19) Petugas Puskesmas dan Dinas Kesehatan melakukan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi Pra Kehamilan kepada Calon Pengantin Catin di Kelurahan Jodipan. Informasi yang diberikan meliputi persiapan nutrisi pada ibu yang mempersiapkan kehamilan dengan cara memperhatikan LILA (Lingkar Lengan Atas) minimal 23,5 cm, konsumsi makanan tinggi asam folat, dan instirahat yang cukup.

Selain gizi, para Catin pun dibekali informasi mengenai tujuan pernikahan dan menjaga kesehatan reproduksinya. Hal ini tentunya bukan hanya urusan salah satu pihak, tetapi tanggung jawab caltin wanita dan pria. Para catin pun harus bisa membedakan mana informasi yang fakta ataupun mitos.

Jadi, saat mau menikah, kita sudah harus siap dan paham informasi tentang kesehatan ya. Karena tujuan menikah salah satunya adalah untuk memperbanyak keturunan yang status kesehatannya mulai ditentukan saat masih didalam kandungan.

 

 

 

Prolanis Puskesmas Pandanwangi

Pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Puskesmas Pandanwangi Rabu, 24 Juli 2019 dimulai sekitar jam 07.30 yang diawali dengan senam bersama di halaman gedung Bangun Indah Graha. Setelah itu dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan mengenai keluhan-keluhan kesehatan lansia yaitu penyakit hipertensi dan Diabetes Melitus.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran Tekanan Darah (TD), Berat Badan (BB) dan beberapa tes laboratorium penunjang lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Para lansia sangat antusias untuk mengecek kesehatannya secara rutin sehingga petugas kesehatan memantau dan dapat dilakukan pencegahan/pengobatan secara dini.

Peserta prolanis menyambut baik adanya kegiatan ini, beberapa penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi juga diberikan fasilitas untuk melakukan konsultasi mengenai pola makan maupun gaya hidup untuk mengurangi keparahan penyakit dan tidak terjadi komplikasi akibat penyakit yang diderita.

 

 

 

Pertemuan Guru UKS ~ Puskesmas Mojolangu.

Rabu (24/7/19) Puskesmas Mojolangu mengadakan pertemuan guru UKS. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh guru UKS yang ada di wilayah Puskesmas Mojolangu. Tujuan dari pertemuan ini adalah adanya koordinasi terkait program UKS di sekolah. Sedangkan tujuan dari program UKS sendiri adalah memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik.
Pada pertemuan hari ini dibahas banyak hal terkait kegiatan di sekolah antara lain:
1. Rencana pelaksanaan screening anak sekolah usia 7-15 tahun yang akan dilaksanakan di bulan Agustus,
2. Pelaksanaan BIAS,
3. Sosialisasi HIV,
4. Pemberian TTD (Tablet Tambah Darah) pada remaja putri.

Harapannya dengan adanya pertemuan ini akan meningkatkan kerjasama lintas sektor sehingga di pelaksanaan program UKS berjalan lancar.

 

 

 

Penguatan Program Puskesmas Melalui Lokakarya Mini Lintas Sektor ~ Puskesmas Gribig.

Program yang dijalankan oleh petugas puskesmas untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat akan berjalan dengan baik apabila melibatkan lintas sektor terkait dalam pelaksanaannya. Rabu, 24 Juli 2019 Puskesmas Gribig melaksanakan pertemuan lintas sektor tribulan 2 yang dihadiri oleh Sekretaris Camat Kedungkandang, Danramil, Polsek, KUA, Lurah, TP PKK, Penyuluh KB Kelurahan, Ketua FMPP, SD Lesanpuro 3, SMP 21, SMA 10, dan koordinator kader untuk membahas permasalahan kesehatan yang terjadi di wilayah kerja puskesmas.

Pada kesempatan kali ini disampaikan pencapain program hingga semester 1, materi tentang penyakit Hepatitis yang saat ini menjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) di Kabupaten Pacitan dan Provinsi Jawa Timur, dan rencana pemasangan spanduk pesan kesehatan yang akan dipasang di masing-masing wilayah kelurahan.

 

 

 

 

Penyuluhan Kesehatan Remaja SMK hakti Luhur Malang ~ Puskesmas Mulyorejo.

Remaja adalah masa transisi dari anak anak menuju dewasa dimana rasa ingin tahu mereka cukup besar jika mendapatkan informasi yang salah tentang kesehatan maka dapat berakibat buruk untuk mereka. Maka dari itu informasi kesehatan remaja sangatlah penting untuk di sampaikan.

Rabu (24/07/19) Dinas Kesehatan Kota Malang melalui Seksi Kesga dan Gizi bersama Puskesmas Mulyorejo melaksanakan penyuluhan tentang kesehatan remaja di SMK Bhakti Luhur Malang. Materi yang di sampaikan antara lain Kesehatan Reproduksi Remaja, HIV/AIDS, Gizi pada Remaja, dan Anemia.

Diharapkan para pelajar bertambah pengetahuannya dan mampu memahami setiap fase perubahan yang akan terjadi selama proses pubertas, dan mampu mencegah terjadinya kegiatan-kegiatan negative sehingga dapat menciptakan generasi muda yang sehat dan berprestasi. Remaja yang sehat dan berkualitas merupakan modal besar bagi bangsa.

 

 

 

Pertemuan Promotor Sanitasi ~ Puskesmas Cisadea

Rabu (24/07/19) Puskesmas Cisadea terus melakukan tindakan untuk menuntaskan Open Defecation atau buang air besar sembarangan. Untuk mencapai Open Defecation Free (ODF) dilakukan penanganan khusus oleh Puskesmas Cisadea. Salah satu yang dilakukan adalah mengadakan Program Promotor Sanitasi. Pertemuan ini dilakukan di Aula Puskesmas Cisadea.

Dalam program tersebut diadakan pertemuan dengan Bapak Lurah Kelurahan Blimbing dan Kelurahan Purwantoro, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), ketua RW, tokoh masyarakat, dan perwakilan kader posyandu. Dua wilayah yang menjadi binaan Puskesmas Cisadea itu (Kelurahan Blimbing dan Purwantoro) memang masih belum mencapai ODF 100 persen.

Dalam Promotor Sanitasi, Puskesmas Cisadea mendatangkan IUWASH PLUS sebagai narasumber luar, sebuah organisasi yang melayani bidang sanitasi. Sedangkan narasumber dari dalam adalah Petugas Sanitarian Puskesmas Cisadea. Dalam Promotor Sanitasi tersebut juga dilakukan updating data bersama kader. Updating data terkait siapa saja nama dan dimana alamat rumah yang belum ODF.

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.