Kegiatan Puskesmas, Kamis 25 Juli 2019

Konseling Konsumsi Obat Panjang ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Kamis (25/7/19), Apoteker Puskesmas Ciptomulyo memberikan konseling tentang beberapa hal sebagai berikut:
1. Penggunaan obat jangka panjang,
2. Meminimalkan efek samping yg ditimbulkan akibat penggunaan obat dalam jangka panjang,
3. Monitoring terapi obat pada pasien.

Konseling tersebut diberikan pada pasien yang harus mengkonsumsi obat dalam jangka panjang dengan harapan pasien semakin memahami dan patuh untuk mengkonsumsi obat tersebut.

 

 

 

 

 

Safari Keluarga Berencana (KB) IUD dan Implan ~ Puskesmas Mojolangu.

Kamis (25/7/19) Safari KB DP3AP2KB Kota Malang dilaksanakan di Puskesmas Mojolangu dengan dihadiri oleh peserta program KB, jajaran PKB kota dan kelurahan dan kader KB kelurahan Kota Malang dan 20 Wanita Usia Subur (WUS). Pelayanan KB yang banyak diminati adalah IUD. Program safari KB memudahkan masyarakat mendapatkan KB dengan mudah dan tepat guna. Dan bertujuan untuk menekan angka kelahiran penduduk.

 

 

 

 

 

 

 

Budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun ~ Puskesmas Mojolangu.

Kamis (25/7/19), Setiap tahun lebih dari 100.000 anak usia sekolah meninggal karena diare. Salah salah satu cara sederhana yang dapat mencegah penyakit dan penularan penyakit adalah dengan mencuci tangan pakai sabun (CTPS). Untuk mengubah perilaku tersebut Puskesmas Mojolangu melakukan pemicuan yang sebenarnya adalah penyuluhan. Pemicuan disini untuk menumbuhkan rasa jijik dan risih. Petugas puskesmas membuat suatu demo dengan menggunakan tepung yang dioleskan keseluruh tangan dan digosok dengan cairan yudium setelahnya dicuci tanpa sabun. Demo ini untuk melihat bahwa cuci tangan tanpa sabun saja tidak akan cukup membunuh kuman. Dengan demikian mereka akhirnya terpicu untuk mau cuci tangan.

Setelah dilakukan demo cuci tangan pakai sabun petugas puskesmas membagikan kartu monitoring rumah STBM ke setiap siswa yang mengikuti pemicuan. Siswa diwajibkan mengisi kartu sesuai dengan petunjuk. Tujuan dibagikan kartu ini adalah untuk membudayakan siswa-siswa melakukan cuci tangan pakai sabun.

 

 

 

Pertemuan Guru UKS se-Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea.

Bulan Agustus adalah bulan Screening dan Bias Anak Sekola maka pada Kamis (25/7/10) Puskesmas Cisadea mengundang bapak ibu guru UKS untuk menghadiri pertemuan guru UKS se wilayah Puskesmas Cisadea bertempat di Aula Puskesmas Cisadea.

UKS adalah upaya pembinaan dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang di lakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah. Materi yang diberikan adalah mengenai :
1. Gizi anak sekolah,
2. Kecacingan,
3. Screening dan Bias anak sekolah,
4. KTR (Kawasan Tanpa Rokok).

Diharapkan pelaksanaan Screening dan Bias anak sekolah pada Bulan Agustus depan dapat berjalan dengan lancar di semua sekolah se wilayah Kerja Puskesmas Cisadea.

 

 

Pemeriksaan Kesehatan Pranikah (Premarital Check up) ~ Puskesmas Pandanwangi.

Kamis (25/7/19), Bidan Puskesmas Pandanwangi melayani konsultasi premarital check up pasangan calon pengantin. Hal tersebut bertujuan untuk mengenali/ mendeteksi kondisi, risiko, maupun riwayat masalah kesehatan yang dimiliki pasangan, sehingga tidak menularkan pada pasangannya dan atau menurunkan pada anaknya.

Hasil yang diharapkan adalah dapat melakukan upaya pencegahan dan penanganan sedini mungkin. Nah selain pemeriksaan kesehatan pra nikah (premarital check up), juga diberikan informasi penting tentang imunisasi TT (Tetanus Toxoid) untuk calon pengantin perempuan sebagai upaya pencegahan penyakit tetanus yang disebebkan oleh bakteri Clostridium Tetani.

 

 

 

 

 

Pembinaan Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) Sedap Malam ~ Puskesmas Kendalkerep.

Kamis (25/7/19), petugas Puskesmas Kendalkerep melakukan pembinaan pemantauan antropometri dan penyuluhan informasi kesehatan kepada kader Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) Sedap Malam RW 16 Bunulrejo. Kader UKK melakukan penimbangan berat badan dan mengukur tekanan darah. Sedangkan petugas, melakukan penyuluhan terkait informasi kesehatan terbaru agar para kader bisa memilah berita mana yang fakta dan hoax. Pembinaan ini dilakukan agar para kader selalu sehat dan selamat dalam melakukan pekerjaannya.

 

 

 

 

 

 

Lansia Sehat Bugar ~ Puskesmas Polowijen.

Lansia yang sehat bugar selalu menjaga kondisi fisiknya dengan melakukan aktifitas fisik dan periksa kesehatan secara teratur. Kamis (25/07/2019) Perawat Pelaksana Puskesmas Polowijen mengadakan pertemuan dengan lansia di Kelurahan Balearjosari untuk mengkoordinasikan tentang pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan.Tujuannya adalah meningkatkan cakupan kunjungan sehat para lansia dan meningkatkan kualitas kesehatan lansia.

Lansia yang sehat adalah lansia yang tidak pernah lupa cek kesehatan!

 

 

 

 

 

Kebugaran Anak Sekolah ~ Puskesmas Mojolangu.

Sehat juga harus bugar. Pemeriksaan kebugaran siswa dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani melalui tes kesehatan yaitu lari 1000 meter. Selain itu jiwa peserta didik sehat, bugar dan berprestasi, melalui pendidikan pembudidayaan aktifitas fisik serta olahraga yang baik dan benar. Kamis (25/07/19) Puskesmas Mojolangu melaksanakan kegiatan tes kebugaran anak sekolah di SDN Tunjungsekar 2 yang diikuti oleh 55 siswa. Tes kebugaran anak sekolah ini dilakukan setahun 2 kali.

Tes kebugaran yang pertama dilakukan untuk melihat kebugaran siswa dan hasilnya akan direkap dan ditindaklanjuti oleh puskesmas sedangkan untuk kegiatan kebugaran yang selanjutnya bertujuan untuk mengevaluasi hasil tindak lanjut tes kebugaran yang pertama.

Yuk, kita wujudkan sehat, bugar dan produktif di sekolah!

 

 

 

 

Survey Keluarga Sehat di Kelurahan Mergosono ~ Puskesmas Arjowinangun.

Kamis, 25 Juli 2019, Tim Survey Keluarga Sehat (KS) Puskesmas Arjowinangun melakukan survey di Kelurahan Mergosono. Survey KS merupakan kegiatan implementasi dari Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Kegiatan survey ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di wilayah tersebut.

Keluarga Sehat mencakup 12 indikator, yaitu :
1. Keluarga mengikuti program KB,
2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan,
3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap,
4. Bayi mendapatkan ASI Eksklusif,
5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan,
6. Penderita TB peru mendapatkan pengobatan sesuai standar,
7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur,
8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan,
9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok,
10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN,
11. Keluarga memiliki akses sarana air bersih,
12. Keluarga memiliki akses jamban sehat.

Hayoo, sobat sehat kira-kira keluarga kamu sudah termasuk keluarga sehat belum?

 

Penyuluhan Kesehatan Jiwa ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Kamis, 25 Juli 2019 Puskesmas Rampal Celaket melaksanakan penyuluhan kesehatan jiwa di ruang pertemuan puskesmas Rampal Celaket yang dihadiri oleh Kader Kesehatan Jiwa. Pada pertemuan ini dibahas penyakit Skizofrenia dan Peran Kader Kesehatan Jiwa di masyarakat. Diharapkan setelah pertemuan ini Kader Kesehatan Jiwa dapat memperoleh ilmu mengenai penyakit kejiwaan dan dapat memahami perannya sebagai garda terdepan program kesehatan jiwa.

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.