Kegiatan Puskesmas, Jumat 26 Juli 2019

Jum’at Sehat Bugar Alhamdulillah ~ Puskesmas Kendalkerep.

Jumat ke-4 adalah jadwal edukasi Prolanis. Jumat, 26 Juli 2019, Prolanis Wijaya Kusuma VIII Puskesmas Kendalkerep kedatangan pemateri dari Klinik Husada Asih, yaitu dr. Akhmad Syahrir, Sp.S bersama tim untuk memberikan informasi seputar stroke dan penanggulangannya (salah satunya lewat terapi).

 

 

 

 

 

 

 

Prolanis Puskesmas Cisadea.

Jumat minggu ke 4 waktunya Prolanis Puskesmas Cisadea mendapatkan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Jumat (26/7/19) Prolanis. Cisadea mendapatkan wawasan mengenai cara penyimpanan obat yang baik dan benar dan senam persendian dengan posisi duduk. Tujuan pemberian materi tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para lansia tentang cara menyimpan obat secara baik dan benar. Serta pemberian contoh senam persendian ini agar lansia juga dapat melakukan gerakan senam sendi di rumah masing – masing agar terhindar atau mengurangi resiko sakit sendi Karena di usia mereka penyakit sendi sering di keluhkan.

 

 

 

 

 

 

Kelas Ibu Hamil Pandanwangi ~ Puskesmas Pandanwangi.

Jumat, 26 Juli 2019, dilaksanakan kegiatan kelas Ibu Hamil di Kelurahan Arjosari, para ibu hamil dibekali informasi mengenai pemeriksaan kehamilan, persalinan dan nifas, penyakit dan komplikasi, juga perawatan bayi baru lahir. Mereka sangat antusias mengikuti jalannya acara dan menunjukkan partisipasi aktif dengan bertanya dan menjawab soal-soal yang diberikan oleh fasilitator.

Kelas ibu hamil kali ini dihadiri oleh Bu Lurah Arjosari dan berkesempatan berbagi informasi mengenai pengalaman kelahiran. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan para ibu hamil memahami mengenai informasi kehamilan hingga nifas agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan Ibu maupun bayi.

 

 

 

 

 

Refreshing Kader Puskesmas Polowijen

Jum’at (26/07/2019) Kader Balita dan Kader Lansia Puskesmas Polowijen menghadiri refreshing kader dengan topik pembahasan :
1. Evaluasi laporan gizi, survey Kadarzi, dan pembagian vitamin A,
2. Obat kecacingan,
3. Petunjuk pengisian KMS Lansia.

Yuk Bu-Ibu Kader selalu semangat dalam menjalankan Program Kesehatan ya!

 

 

 

 

 

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Kepada Kader Posyandu ~ Puskesmas Gribig.

Jumat, 26 Juli 2019, Pertemuan rutin kader posyandu pada bulan ini diberikan materi utama sosialisasi kespro dan IVA, selain itu kader posyandu mendapatkan materi tentang :
1. Persiapan bulan Vitamin A,
2. Waspada penyakit kusta,
3. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat,
4. Pembagian poster dan roll banner PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tatanan rumah tangga, Emo Demo kit, telaah kemandirian posyandu balita dan lansia, serta pembagian buku kesehatan lansia dan formulir rumah sehat.

Setelah kegiatan selesai, kader posyandu/masyarakat umum mendapatkan pelayanan pemeriksaan papsmear secara gratis oleh bidan Puskesmas bekerjasama dengan Laboratorium Bromo Kota Malang. Dengan syarat membawa fotocopy KTP dan BPJS/KIS faskes Puskesmas Gribig.

Kader posyandu sehat, masyarakat sehat, derajat kesehatan meningkat!

 

 

Tes Kebugaran Karyawan Puskesmas Arjowinangun.

Sebelum menyehatkan masyarakat, petugas kesehatan harus sehat terlebih dahulu. Jumat, 26 Juli 2019, Puskesmas Arjowinangun melakukan tes kebugaran untuk karyawannya. Sebelum lari dengan menempuh jarak 1,6 km, seluruh karyawan diperiksa tekanan darahnya kemudian melakukan pemanasan di depan Puskesmas. Waktu tempuh lari akan dicatat.

Dengan pemeriksaan kebugaran ini, seluruh karyawan akan mengetahui tingkat kebugarannya masing-masing, sehingga diharapkan dapat menjaga kesehatan dengan berperilaku hidup sehat dan membiasakan Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat). Karena sehat dimulai dari saya!

 

 

 

 

 

Pembinaan Posyandu Terpadu ~ Puskesmas Mojolangu.

Banyaknya manfaat posyandu bagi masyarakat mendorong petugas kesehatan untuk memperbaiki kualitas posyandu. Posyandu tidak hanya melayani pemantauan tumbuh kembang balita namun juga melayani ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui dan juga kemudahan mendapatkan informasi terkait kesehatan.

Banyaknya manfaat Posyandu bagi masyarakat, mendorong petugas kesehatan untuk selalu meningkatkan kualitas Posyandu. Jumat (26/7/19) Tim Puskesmas Mojolangu yang terdiri dari Program Promkes, Gizi, Lansia, PTM, Kesling KIA melaksanakan kegiatan pembinaan posyandu untuk meningkatkan kualitas mutu dan pelayanan di Posyandu. Posyandu tidak hanya melayani pemantauan tumbuh kembang balita namun juga melayani ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui dan juga tempat mendapatkan informasi terkait kesehatan.

Peningkatan kualitas dan mutu Posyandu merupakan tanggung jawab semua pihak, antara lain Kelurahan, Pokja Kelurahan, Koordinator Kader, Petugas Puskesmas, dan Kader Posyandu, untuk itu diharapkan semua pihak untuk selalu mendukung dan memperhatikan Posyandu.

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.