Kegiatan Puskesmas, Sabtu 27 Juli 2019

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi pada Calon Pengantin ~ Puskesmas Arjowinangun.

Perencanaan dalam berkeluarga sebaiknya dilakukan sejak dini. Pasangan yang akan menikah harus mengetahui konsekuensi dan tindakan yang baik untuk kesehatan keluarganya nanti. Untuk itu Sabtu, 27 Juli 2019, Puskesmas Arjowinangun mengadakan sosialisasi kesehatan reproduksi dan gizi pada calon pengantin yang ada di wilayah kerja Puskesmas Arjowinangun.

Kesehatan reproduksi penting untuk persiapan kehamilan, dan gizi penting untuk mencegah bumil KEK (Kurang Energi Kronis). Tak hanya sosialisasi, calon pengantin juga dilakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, LILA, Hb, dan pelayanan suntik TT.

 

 

 

 

 

Pertemuan Refreshing Kader Posyandu ~ Puskesmas Cisadea.

Sabtu, 27 Juli 2019, Kader Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Cisadea mengikuti acara Pertemuan Refreshing atau Penyegaran Kader Posyandu terkait dengan pengetahuan kesehatan yang sudah pernah disampaikan dan kesehatan terkini. Acara refreshing berlangsung di Aula Puskesmas muali jam 08.00 WIB s.d. selesai diikuti 36 Posyandu (36 Kader Posyandu). Materi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah :
1. Gizi,
2. Posbindu PTM dan lansia,
3. Kecacingan.

Diharapkan setelah mendapatkan materi tersebut, kader dapat melanjutkan informasi kesehatan kepada ibu balita, lansia, atau siapapun yang datang ke Posyandu.

 

 

 

 

Pertemuan Kader Posyandu ~ Puskesmas Pandanwangi.

Sabtu, 27 Juli 2019, dilaksanakan pertemuan Kader Posyandu Kelurahan Pandanwangi, di balai RW 04. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap 1 bulan sekali bertujuan untuk memperbaharui informasi-informasi kesehatan dan membahas kegiatan yang dilakukan oleh kader.

Pada pertemuan ini, Petugas Kesehatan Puskesmas Pandanwangi berbagi informasi mengenai pencegahan anemia bagi ibu hamil, penjelasan lomba balita, cara pengisian lembar monitoring program posyandu balita, dan informasi dasar penyakit TB.

 

 

 

 

 

 

Kelas Ibu Hamil ~ Puskesmas Kendalkerep.

Sabtu, 27 Juli 2019, Para ibu hamil berkumpul di Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) Kesatrian di Kelas Ibu Hamil bersama bidan, nutrisionis, dan petugas kesehatan lainnya.

Pada kelas ibu hamil (bumil) ini, para peserta diperiksa darahnya untuk mengetahui kadar hemoglobin, diperiksa kesehatan gigi dan mulutnya, serta diberikan konseling seputar nutrisi. Tidak hanya itu, para bumil pun dibekali informasi cara menjaga kehamilan, mengenali tanda persalinan, senam, dan masih banyak lagi.

Semua ini dilakukan agar janin yang dikandung menjadi bayi yang sehat dan mempunyai masa depan cemerlang.

 

 

 

 

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi Pra Kehamilan Calon Pengantin ~ Puskesmas Mojolangu.

Sabtu, 27 Juli 2019, Puskesmas Mojolangu mengadakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi Pra Kehamilan pada calon pengantin dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada Catin dalam menjaga kesehatan reproduksi dan perbaikan gizi sebelum menuju kehamilan untuk kualitas pembuahan yang baik dan mendukung serta menekan angka kematian ibu dan bayi.

Bagi calon pengantin pertemuan sebagai bekal sebelum menjadi ibu. Pertemuan ini dihadiri oleh 20 pasang calon pengantin. Tidak hanya itu calon pengantin juga mendapatkan buku saku calon pengantin dan Kartu menuju sehat (KMS). Catin juga mendapatkan pemeriksaan Hb, tensi, BB dan lila, juga direncanakan untuk tes lab HB Sag dan tes HIV untuk pemantauan kesehatan sebelum terjadinya kehamilan.

Bagi calon calon pengantin, cek kesehatan dulu ya sebelum pernikahan dan sebelum kehamilan!

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.