Kegiatan Puskesmas, Minggu 28 Juli 2019

Saka Bakti Husada Kota Malang Nyuluh Kesehatan ke Pesantren ~ Puskesmas Mojolangu

Minggu, 28 Juli 2019, Dalam rangka memperingati Hari Saka Bakti Husada (SBH) ke-34 Tahun, SBH Kota Malang bersama dengan Promkes Puskesmas Mojolangu mengadakan kegiatan SBH Ngetren (Nyuluh Kesehatan ke Pesantren) di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin. Kegiatan ini juga sinergi dengan kegiatan Pendampingan Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) di 10 Ponpes se-Kota Malang.

Selain itu juga merupakan tindak lanjut dari hasil SMD (Survei Mawas Diri) dan MMPP (Musyawarah Masyarakat Pondok Pesantren) yang menghasilkan 2 masalah prioritas di Ponpes. Sehingga materi yang kali ini disampaikan oleh SBH kepada seluruh santri husada adalah Higiene Perorangan dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Selain pemberian informasi kesehatan, kami juga melakukan praktek memantau jentik bersama santri husada dengan berkeliling mengecek tempat-tempat yang beresiko ditemukan nya jentik.

Santri sehat, pondok pesantren hebat!

 

 

 

Kegiatan Penyuling (Penyuluhan Keliling) di CFD Ijen ~ Puskesmas Arjuno.

Penyuluhan Keliling (Penyuling) hadir lagi di wilayah Puskesmas Arjuno. Penyuling kali ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 28 juli 2019 mulai jam 6 – 9 pagi di Car Free Day, Jalan Ijen. Kegiatan yang dilakukan yaitu penyuluhan dengan menggunakan pengeras suara mobil penyuluhan Dinas Kesehatan serta pembagian leaflet kepada pengunjung CFD jalan Ijen. Penyuluhan yang diberikan meliputi gizi remaja, PHBS, dan Germas.

Selain penyuling terdapat berbagai rangkaian acara yang bekerjasama dengan Poltekkes, PSC, SBH dan RSJ Lawang. Acara kolaborasi tersebut adalah pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi gizi, dan kejiwaan. Pemeriksaan kesehatan meliputi gula darah, tekanan darah, dan berat badan. Konsultasi gizi dibantu oleh Poltekkes Malang sedangkan kejiwaan dibantu oleh RSJ lawang.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.