Kegiatan Puskesmas, Senin 29 Juli 2019

Pertemuan Guru KB-TK/PAUD se Wilayah Puskesmas Cisadea.

Senin, 29 Juli 2019, bertempat di Aula Puskesmas, Puskesmas Cisadea menyelenggarakan kegiatan Pertemuan yang diikuti oleh Guru dari 23 KB-TK/PAUD se Wilayah Puskesmas Cisadea. Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Bidan dan Nutrisionis Puskesmas dengan materi tentang:

1. Kecacingan,
2. Gizi dan Prestasi anak sekolah,
3. Stimulasi dini untuk tumbuh kembang anak,
4. Perkembangan anak.

Tujuan pertemuan ini adalah:
1. Agar guru bisa dan mengerti cara memantau perkembangan kesehatan anak didiknya,
2. Agar murid mendapatkan kesehatan semestinya di sekolah,
3. Agar pengetahuan guru bisa terupdate terutama tentang kesehatan anak sesuai dengan isu kesehatan terkini.

 

 

Usaha Kesehatan Gigi Sekolah ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Senin, 29 Juli 2019, Petugas Puskesmas Ciptomulyo melaksanakan kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di Sekolah Dasar. Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) adalah upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah binaan yang ditunjang dengan upaya kesehatan perorangan berupa upaya kuratif bagi individu (peserta didik) yang memerlukan perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan UKGS kali ini berisi penyelenggaraan pendidikan kesehatan gigi dan mulut yang meliputi:
a. Pemberian pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut,
b. Latihan/demonstrasi cara memelihara kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut,
c. Penanaman kebiasaan pola hidup sehat dan bersih agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo lebih perhatikan kesehatan gigi dan mulutnya ya.

 

 

Skreening, BIAS dan Penyuluhan PHBS Sekolah ~ Puskesmas Gribig.

Penjaringan kesehatan pada murid SD merupakan program wajib UKS untuk mengetahui status kesehatan anak sekolah terutama pada pendidikan Sekolah Dasar. Hari ini merupakan jadwal hari pertama petugas puskesmas berkunjung ke SD se-wilayah kerja Puskesmas Gribig untuk melakukan screening kesehatan pada siswa kelas 1-3 SD, Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada siswa kelas 1-2 SD dan penyuluhan PHBS sekolah pada siswa kelas 5 SD.

Senin, 29 Juli 2019 Petugas Puskesmas Gribig mengunjungi MI Al- Huda yang terletak di kelurahan Lesanpuro Kota Malang untuk melaksanakan kegiatan Skreening, BIAS dan Penyuluhan PHBS Sekolah.

Murid sehat, Prestasi meningkat!

 

 

 

 

Pelatihan Dokter Kecil ~ Puskesmas Mojolangu.

Senin, 29 Juli 2019, Puskemas Mojolangu mengadakan pelatihan dokter kecil dengan sasaran perwakilan sekolah SDN di wilayah Kerja Puskesmas Mojolangu dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS. Salah satu tugas dari dokter kecil adalah berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan.

 

 

 

 

 

 

 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ~ Puskesmas Mulyorejo.

Senin, 29 Juli 2019, Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Malang dan Puskesmas Mulyorejo telah mengadakan kegiatan penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Posyandu di Kelurahan Mulyorejo.

Materi yang di sampaikan adalah fokus germas tahun 2018 dan 2019 yaitu:
1. Makan buah dan sayur setiap hari,
2. Aktivitas fisik selama 30 menit,
3. Cek kesehatan berkala,
4. Cegah stunting,
5. Eliminasi TBC,
6. Peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap.

Juga ditambahkan materi mengenai Open Defecation Free (ODF) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Harapannya setelah mendapatkan penyuluhan masyarakat dapat menerapkan dan berbagi pengetahuan dengan lingkungan sekitar, serta ikut berpatisipasi untuk mewujudkan hidup bersih dan sehat agar dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi beban biaya kesehatan.

 

Pertemuan Guru UKS se Wilayah Kerja Puskesmas Pandanwangi.

Senin, 29 Juli 2019 dilaksanakan pertemuan guru UKS se wilayah kerja Puskesmas Pandanwangi, dengan pembahasan mengenai Upaya Kesehatan Gigi anak sekolah, imunisasi anak sekolah, skrining kesehatan, obat cacing dan buku raport kesehatan. Harapan dari pertemuan ini dapat terjalin kerjasama dan komunikasi yang baik antar sekolah dengan Puskesmas sehingga terwujudnya warga dan lingkungan sekolah yang sehat dan produktif.

 

 

 

 

 

 

 

Kordinasi Perujukan ketergantungan NAPZA bersama Lurah Arjosari ~ Puskesmas Pandanwangi.

Penyalahgunaan pemakaian NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) yang bukan untuk tujuan pengobatan dan tidak dalam pengawasan dokter akan menyebabkan kecanduan dan ketergantungan secara fisik maupun mental. Senin, 29 Juli 2019, Penanggung jawab program NAPZA Puskesmas Pandanwangi bersama dengan Lurah Arjosari dan kader berupaya memberikan arahan dan motivasi kepada pasien yang telah ketergantungan NAPZA.

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan yaitu melalui perujukan agar pasien mendapatkan penanganan medis dan terapi yang sesuai sehingga tidak terjadi ketergantungan yang berkelanjutan bahkan berdampak buruk bagi kesehatan serta mengkhawatirkan lingkungan sekitar.

 

 

 

 

 

Pencegahan Cacingan pada Anak ~ Puskesmas Kedungkandang.

Hai sobat sehat, cacingan adalah salah satu penyakit umum yang sering menyerang masyarakat Indonesia. Tak melulu menyerang anak-anak, penyakit cacingan juga dapat menginfeksi orang dewasa. Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati penyakit ini adalah dengan minum obat cacing.

Seperti kegiatan tenaga Puskesmas Kedungkandang hari Senin, 29 Juli 2019 di TK Al Khoirot Kelurahan Kotalama. Sebagai upaya pencegahan agar siswa tak terinfeksi penyakit ini, waktu yang tepat minum obat cacing adalah setiap 6 bulan sekali. Penting untuk sobat pahami bahwa obat ini tidak bisa membasmi telur cacing yang ada di dalam tubuh loh.

Nah, untuk mencegah kekambuhan infeksi, sobat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup higienis agar telur cacing tidak berkembang biak. Caranya dapat dimulai dengan rajin cuci tangan sebelum makan dan setelah buang air kecil/besar.

Anak sehat, anak cerdas, bebas dari kecacingan!

 

 

Bench Marking Diklat PIM tingkat IV di Puskesmas Janti.

Senin tanggal 29 Juli 2019, Puskesmas Janti menerima tamu kaji banding yang akan melakukan Bench Marking diklat PIM tingkat IV. Bench Marking adalah proses yang biasa digunakan dalam manajemen dimana suatu organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal.

Diklat PIM sendiri adalah Pendidikan dan Pelatihan (diklat) yang diselenggarakan untuk pejabat atau calon pejabat eselon IV dengan tujuan untuk mencapai persyaratan kompetensi yang dibutuhkan pada jabatan eselon IV.

Acara di mulai dengan:
1. Pembukaan,
2. Doa,
3. Sambutan dr ketua kelompok peserta diklat PIM tingkat IV,
4. Perkenalan peserta,
5. Sambutan Kepala Puskesmas Janti,
6. Paparan tentang Puskesmas Janti dan juga inovasi Brexit,
7. Diskusi dan tanya jawab,
8. Melihat implementasi inovasi Brexit, dan
9. Foto bersama.

Dari rangkaian tadi diharapkan peserta diklat PIM tingkat IV mendapatkan ilmu baru dari Puskesmas Janti yang nantinya dapat berguna pada saat diklat PIM atau usai diklat PIM.

 

Sosialisasi Pembangunan Biofilter Komunal dan Membuat Komitmen Bersama ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin, 29 Juli 2019 malam, Petugas Puskesmas Kendalkerep bersama Tokoh Masyarakat dan Lurah Kesatrian melakukan sosialisasi pembangunan biofil yang akan dilakukan di RW 2 dan RW 12 Kelurahan Kesatrian. Dalam acara itu pun dilakukan penandatanganan komitmen para tokoh masyarakat agar bersedia dibangunkan biofilter komunal.

Melalui komitmen dan dukungan para tokoh masyarakat, cita-cita Kelurahan Kesatrian 100% ODF pun bisa tercapai.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.