Kegiatan Puskesmas, Selasa 30 Juli 2019

Pengkajian PHBS Sekolah ~ Puskesmas Cisadea.

Salah satu kemajuan sumber daya manusia di bidang pendidikan adalah kesehatan individual pelajar. Mewujudkan kesehatan pelajar dengan cara menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sekolah sebagai upaya meningkatkan dan terwujudnya derajat kesehatan di sekolah. PHBS di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di sekolah, penerapan PHBS di sekolah sangat penting. Selain manfaat penerapan PHBS, dalam kebiasaan sehari-hari dapat mencegah kerentanan timbulnya penyakit, tentunya juga bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Selasa, 30 Juli 2019, Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Cisadea melalui pengkajian PHBS dapat memberikan solusi dan pengetahuan kepada sekolah terkait dengan PHBS yang baik dan benar sehingga sekolah dapat mengatasi masalah kesehatannya.

 

 

 

Klinik Diapers di Puskesmas Polowijen

Selasa (30/07/2019) Petugas Sanitasi Puskesmas Polowijen menata hasil setor limbah diapers yang sudah dibersihkan dari Kelurahan Polowijen di lemari sementara, sebelum disetorkan ke tempat pengolahan.

Klinik Diapers Puskesmas Polowijen buka setiap hari Jum’at. Yuk sambang ke Klinik Diapers Puskesmas Polowijen dan bebaskan lingkungan rumah dan kali dari limbah diapers!

 

 

 

 

 

 

Pertemuan Kader Posyandu Kelurahan Arjosari ~ Puskesmas Pandanwangi.

Selasa, 30 Juli 2019, dilaksanakan pertemuan Kader posyandu Kelurahan Arjosari di ruang pertemuan kantor Kelurahan Arjosari. Kegiatan yang rutin dilakukan tiap 1 bulan sekali ini bertujuan untuk memperbaharui informasi-informasi kesehatan dan membahas kegiatan yang dilakukan oleh kader.

Pada pertemuan ini, petugas kesehatan Puskesmas Pandanwangi berbagi informasi mengenai pencegahan anemia bagi ibu hamil, penjelasan lomba balita, cara pengisian lembar monitoring program posyandu balita, dan penyakit diare. Selain itu juga dilakukan pembagian buku KIA, set modul Emo Demo, dan roll banner PHBS sebagai media yang bisa dipakai untuk penyebarluasan informasi kesehatan kepada masyarakat.

 

 

 

 

 

 

Cegah Stunting dengan ikut Kelas Ibu Hamil ~ Puskesmas Gribig.

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan yang disebabkan oleh faktor gizi dan lingkungan sehingga tinggi anak tersebut tidak sama dengan teman se usianya. Pelaksanaan kelas ibu hamil merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

Selasa, 30 Juli 2019, bidan wilayah Kelurahan Cemorokandang bersama nutrisionis, perawat gigi, dan sanitarian memberikan edukasi kepada para ibu hamil tentang gizi ibu hamil, pentingnya 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil, kesehatan lingkungan, perawatan semasa kehamilan dan senam ibu hamil.

Pelaksanaan kelas ibu hamil kali ini bertempat di Poskeskel Kelurahan Cemorokandang yang dihadiri oleh 15 ibu hamil. Perut ibu bunting, siap lawan stunting!

 

 

 

 

Budayakan Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Selasa, 30 Juli 2019, Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Rampal Celaket melakukan penyuluhan kepada siswa siswi di SDN Rampal Celaket II mengenai kebiasaan hidup bersih dan sehat di sekolah. Upaya awal PHBS di sekolah ditekankan pada kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, membuang sampah di tempat sampah, dan membiasakan jajan di kantin sekolah.

Selain itu PHBS di sekolah juga dilakukan dengan melakukan olahraga teratur, menimbang dan mengukur tinggi badan minimal 6 bulan sekali di UKS, tidak merokok, memberantas jentik nyamuk, dan menggunakan WC untuk buang air.

 

 

 

 

 

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi dan Gizi Pra Kehamilan Calon Pengantin ~ Puskesmas Arjuno.

Selasa, 30 Juli 2019, Puskesmas Arjuno bersama Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Malang mengadakan sosialisasi bagi 19 calon pengantin mengenai kesehatan reproduksi dan gizi pra kehamilan. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para calon pengantin dalam mempersiapkan gizi pra kehamilan dan menjaga kesehatan reproduksi dalam rangka mendukung penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kota Malang.

Sebelum sosialisasi, dilakukan pemeriksaan dan analisa terkait Tinggi Badan, Berat Badan, Tekanan darah, LILA (Lingkar Lengan Atas), dan HB sebagai indikator untuk persiapan kehamilan. Pada sosialisasi ini, calon pengantin juga dibekali dengan leaflet dan buku catin yang bisa dibawa pulang. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan catin akan lebih siap mengalami masa kehamilan dan pasca salin.

 

 

 

 

Kunjugan Sehat ~ Puskesmas Mojolangu.

Kunjungan sehat itu adalah implementasi dari program Pemerintah PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga). Selasa, 30 Juli 2019, Petugas Puskesmas Mojolangu bersama Kader Kesehatan melaksanakan Kunjungan Sehat dari rumah ke rumah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas. Pada kegiatan kunjungan sehat ini petugas puskesmas melakukan wawancara terkait kesehatan dan juga melakukan cek tekanan darah, selain itu petugas juga melakukan Komunikasi, Infomasi, Edukasi (KIE) Kesehatan. Dari kunjungan ini petugas dapat lebih mengetahui beberapa masalah kesehatan yang ditemukan di masyarakat.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayan masyarakat ~

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.