Kegiatan Puskesmas, Rabu 31 Juli 2019

Lomba Balita Sehat Puskesmas Mulyorejo

Rabu, 31 Juli 2019, Puskesmas Mulyorejo menyelenggarakan Lomba Balita Seha. Peserta lomba berasal dari Kelurahan di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo (Kelurahan Mulyorejo, Kelurahan Bandulan, Kelurahan Pisang Candi dan Kelurahan Karang Besuki) masing-masing sebanyak 2 Balita. 5 aspek penilaian lomba Balita sehat ini, adalah:
1. Penilaian Kesehatan Ibu dan Anak,
2. Penilaian Gizi,
3. Penilaian PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat),
4. Penilaian Fisik Balita dan Sosial Kemasyarakatan Ortu,
5. Penilaian DDTK.

melalui lomba balita sehat ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi, kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal.

 

 

 

Sosialisasi Posbindu PTM Puskesmas Ciptomulyo.

Rabu, 31 Juli 2019 Puskesmas Ciptomulyo menyelenggarakan Sosialisasi Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Ciptomulyo. Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan wujud peran serta masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam kegiatan deteksi dini, monitoring, dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM (Penyakit Tidak Menular) secara mandiri dan berkesinambungan.

Sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM. Penyakit Tidak Menular diantaranya:
1. Penyakit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik,
2. Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi,
3. Penyakit Kanker dan Kelainan Darah,
4. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah,
5. Gangguan Indera dan Fungsional.

Ayooo semua lakukan deteksi dini sekarang juga.

 

Pertemuan Inovasi Jekfood dengan Kader ~ Puskesmas Gribig.

Gizi kurang memang masih menjadi permasalahan yang belum diatasi dengan tuntas di negara berkembang ini. Banyak beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kejadian permasalahan gizi kurang ini baik dari faktor pengetahuan ibu yang kurang, faktor ekonomi keluarga, dan banyak faktor lain yang berpengaruh.

Inovasi jekfood yang sudah berjalan selama 2 tahun ini di Kelurahan Sawojajar sangat berperan penting meningkatkan status gizi pada balita gizi kurang. Hari ini, petugas kesehatan Puskesmas Gribig yang terdiri dari nutrisionis dan promkes membina kader jekfood untuk mempresentasikan hasil pendampingan distribusi menu PMT jekfood yang sudah diberikan kepada sasaran yang sudah ditentukan. Evaluasi daftar menu yang diberikan dijelaskan oleh ahli gizi puskesmas supaya beranekaragam dan tetap dalam porsi gizi seimbang.

Jekfood okey, gizi buruk no way!

 

 

 

Imunisasi yang Ramah Anak Melalui Media Promosi ~ Puskesmas Cisadea.

Melindungi anak adalah kewajiban orang tua, salah satu bentuk perlindungan adalah dengan Imunisasi. Imunisasi adalah cara terbaik untuk melindungi buah hati dari penyakit sebab bayi dan balita sangat rentan terhadap penyakit. Dengan melakukan imunisasi pada anak, kita berarti melindungi keluarga dari ancaman penyakit.

Jadwal imunisasi di Puskesmas Cisadea adalah setiap hari Rabu. Imunisasi dilakukan di lantai 2 gedung puskesmas mulai 08.00 WIB s.d. pasien imunisasi habis. Pada kegiatan Imunisasi Rabu (31/7/19) juga digunakan Televisi yang memutar video kesehatan untuk orant tua bayi/balita, video kartun anak sehat, dan lagu anak-anak sebagai Media Promosi Puskesmas yang bertujuan untuk membantu menghilangkan rasa takut pada anak serta memberikan pengetahuan kepada ibu mengenai kesehatan.

Pastikan imunisasi dasar anak anda LENGKAP ya! Aku sehat karena Imunisasiku Lengkap!

 

 

 

Refreshing Kader Posyandu Balita ~ Puskesmas Rampal Celaket.

Rabu, 31 Juli 2019 Puskesmas Rampal Celaket menyelenggarakan kegiatan Refreshing Kader Posyandu Balita. Kegiatan pertemuan ini rutin dilaksanakan setiap bulan. Pada pertemuan ini para Kader mendapatkan penyegaran ilmu mengenai stimulasi deteksi intervensi dini tumbuh kembang anak, pengetahuan mengenai kanker serviks dan payudara, serta informasi mengenai capaian KIA selama setahun terakhir.

 

 

 

 

 

 

 

Kader Kesehatan Remaja ~ Puskesmas Mojolangu.

Rabu, 31 Juli 201, Puskesmas Mojolangu melaksanakan kegiatan pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR). KKR remaja adalah peserta didik yang dipilih oleh guru untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan untuk diri sendiri, keluarga, dan teman di sekolah. Mereka dicetak untuk menjadi konselor sekolah, dari situ mereka dibekali dengan berbagai materi kesehatan.

Peran mereka adalah meningkatkan dan melestarikan kesehatan di sekolah. Dengan dilatih dan terbentuknya KRR di sekolah yang tergabung dalam UKS, harapannya mereka bisa menjadi rujukan bagi teman-temannya yang ada masalah kesehatan maupun masalah-masalah antar remaja maupun masalah dengan orang tuanya yang akan lebih banyak di ceritakan kepada teman sebayanya.

 

 

 

 

 

Koordinasi IPWL (Institusi Pendamping Wajib Lapor) untuk Evakuasi Ketergantungan NAPZA ~ Puskesmas Pandanwangi.

Penyalahgunaan pemakaian NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) yang bukan untuk tujuan pengobatan dan tidak dalam pengawasan dokter akan menyebabkan kecanduan dan ketergantungan secara fisik maupun mental.

Rabu, 31 Juli 2019, Koordinasi lanjutan kembali dilaksakan oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Pandanwangi dan Kelurahan Arjosari mengenai evakuasi ketergantungan NAPZA yang rencananya akan dirujuk ke RSJ (Rumah Sakit Jiwa). Harapannya, pasien dapat segera mendapatkan pelayanan medis dan terapi yang sesuai sehingga kondisi kesehatan baik fisik maupun mental perlahan-lahan dapat membaik.

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.