Kegiatan Puskesmas, Kamis 1 Agustus 2019

Generasi Bebas Kecacingan ~ Puskesmas Arjuno.

Kamis, 01 Agustus 2019, Selain bulan penimbangan, bulan Agustus adalah bulan bebas kecacingan. Dimana para siswa TK dan SD dianjurkan untuk meminum obat cacing serentak satu sekolahan. Program ini di intervensikan kepada anak-anak karena anak kecil seringkali memasukkan benda asing yang baru mereka lihat ke dalam mulutnya, tak terkecuali tanah atau benda lain saat ia bermain. Padahal, tanah atau benda kotor yang masuk ke mulut bisa saja mengandung larva cacing penyebab cacingan.

Apabila setelah bermain anak-anak tidak mencuci tangan, telur cacing rawan masuk ke dalam tubuh. Selain itu konsumsi sayur dan buah yang tidak dicuci dengan bersih bisa menjadi penyebab kecacingan. Jika cacing lama mengendap di dalam tubuh secara menahun, akan mengurangi penyerapan asupan gizi ke dalam tubuh dan secara tidak langsung akan menyebabkan pertumbuhan anak terhambat.

Untuk itu, sebagai upaya pencegahan minumlah obat cacing minimal 1-2 kali dalam setahun.

Mari bebaskan anak Indonesia dari kecacingan.

 

 

Pembinaan Pasca Posyandu ~ Puskesmas Cisadea.

Kamis, 1 Agustus 201 merupakan jadwal buka Posyandu Flamboyan Kelurahan Purwantoro. Petugas Promosi Kesehatan bersama dengan Bidan Wilayah Kelurahan Purwantoro melakukan Pembinaan Pasca Posyandu Kepada Kader Posyandu. Dalam Pembinaan ini, Petugas Kesehatan membahas beberapa hal yaitu :
1. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Posyandu,
2. Evaluasi Media Promosi Kesehatan di Posyandu,
3. Evaluasi Pengisian Buku Register Penyuluhan Posyandu,
4. Evaluasi Data Ibu Hamil.

 

 

 

 

 

Screening Kesehatan di SD Kotalama 2 ~ Puskesmas Kedungkandang.

Kamis, 1 Agustus 2019, Mengawali bulan Agustus Tim Pukesmas Kedungkandang yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, perawat dan bidan juga Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM mengadakan screening kesehatan untuk kelas siswa sekolah dasar mulai kelas 1 sampai kelas 6 SD Kotalama 2. Sekitar 400 siswa diperiksa pada kegiatan screening yang terdiri dari :

1. Pemeriksaan fisik secara umum (head to toe),
2. Pemeriksaan IMT gizi,
3. Pemberian imunisasi campak untuk kelas 1 dan 2.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini status kesehatan anak. Anak adalah investasi terbesar untuk bangsa dan negara.

Yuk, jaga kesehatan anak kita dengan melakukan cek kesehatan secara berkala!

 

 

 

Penyuluhan PHBS dan Kesling Sekolah ~ Puskesmas Gribig.

Sekolah yang bersih dan lingkungannya yang sehat akan membuat nyaman siswa, guru, dan orang yang berkunjung sekolah. Kegiatan belajar mengajar akan semakin semangat dan kondusif jika seluruh warganya dilingkungan sekolah menerapkan PHBS sekolah.

Kamis 1 Agustus 2019 Sanitarian Puskesmas Gribig dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM melakukan penyuluhan PHBS dan Kesling sekolah pada siswa kelas 5 di SDN Sawojajar 4. Setelah melakukan penyuluhan petugas puskesmas melakukan inspeksi sanitasi sekolah dan survey PHBS institusi pendidikan di lingkungan sekolahnya.

Jika sewaktu pengisian form ditemukan perilaku atau lingkungan yang tidak sehat, petugas akan melakukan intervensi secara langsung kepada guru supaya diberikan tindak lanjut untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Lingkungan sekolah bersih dan sehat, prestasi siswa meningkat!

 

 

 

Minum Dulu Obatnya, Biar Cacingnya Kabur ~ Puskesmas Kendalkerep.

Kamis (1/8/19), Pemerintah menganjurkan agar balita dan anak sekolah minum obat cacing. Tujuannya adalah cacing yang ada dalam tubuh anak-anak mati agar penyerapan dan penyebaran nutrisi dalam tubuh bisa lebih optimal. Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh dan berkembang secara maksimal dan derajat kesehatan pun meningkat.

 

 

 

 

 

 

 

Kelas Ibu Hamil ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Kamis (1/8/19) Puskesmas Ciptomulyo, warga Kelurahan Gadang, dan Mahasiswa D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang menyelenggarakan Kelas Ibu Hamil di Balai RW di Kelurahan Gadang dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu hamil mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular, dan akte kelahiran.

Kelompok Belajar Kelas Ibu Hamil diikuti oleh ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu s/d 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Pada Kelas Ibu Hamil ini ibu-ibu hamil belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan.

Ayo ibu-ibu hamil merapat ke Kelas Ibu Hamil kita, agar bayi sehat ibu bahagia.

 

 

 

 

Pertemuan Bersama Kader Kesehatan Indera Puskesmas Rampal Celaket

Kamis, 1 Agustus Puskesmas Rampal Celaket melaksanakan pertemuan bersama Kader Kesehatan Indera Puskesmas Rampal Celaket. Dalam pertemuan ini Kader dibekali materi mengenai Penyakit Panca Indera yang disampaikan oleh dr. Mentari.

 

 

 

 

 

 

 

 

Screening Kesehatan Gigi pada Anak Sekolah ~ Puskesmas Arjowinangun.

Kamis, 1 Agustus 2019, Petugas kesehatan Puskesmas Arjowinangun melakukan screening kesehatan pada anak sekolah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui lebih dini adanya gangguan kesehatan pada anak. Salah satu pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan gigi.

Kebanyakan anak-anak menyukai makanan yang manis dan tidak terbiasa untuk menggosok gigi setelah makan. Akibatnya gigi akan berlubang. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah saat setelah makan dan sebelum tidur. Membiasakan menggosok gigi yang benar pada anak-anak sangat penting untuk kesehatan gigi mereka.

Yuk adik-adik, jangan malas menggosok gigi ya. Gak mau kan gigimu jadi sarang kuman?

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

One comment

  1. Alhamdulillah semoga kegiatan ini bisa terus di selenggarakan, aamiin. Dan semoga kedepannya lebih membantu lagi di sekolah sekolah lainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.