Kegiatan Puskesmas, Selasa 6 Agustus 2019

Pemberian Vitamin A di Posyandu ~ Puskesmas Cisadea.

Selasa, 6 Agustus 2019, Petugas Puskesmas Cisadea melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A di Posyandu. Bulan Agustus adalah Bulan Vitamin A, program pemerintah berupa pemberian vitamin A dilaksanakan 2 Tahap yaitu bulan Februari dan Agustus. Vitamin A merupakan salah satu mikro nutrient penting yang diperlukan oleh tubuh. Makanan yang mengandung vitamin A adalah protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah. Pentingnya pemberian vitamin A antara lain:
1. Meningkatkan kekebalan tubuh anak,
2. Mengurangi resiko anemia,
3. Mengurangi resiko penyakit diare dan campak.

 

 

 

 

Screening bulan Agustus Anak Usia Sekolah ~ Puskesmas Polowijen.

Selasa (06/08/19) Puskesmas Polowijen melakukan Screening Kesehatan Anak Usia Sekolah di SDN Balearjosari I. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi:
1. Hygiene Perorangan,
2. Pemeriksaan fisik head to toe,
3. Pemeriksaan gigi dan mulut,
4. Pemeriksaan tajam pengelihatan (visus),
5. Penilaian status gizi melalui pengukuran antropometri yaitu ukur TB dan BB.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan di Bulan Agustus ini bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

 

 

 

Sosialisasi Kartu Skor Poedji Rochjati (KSPR) pada Ibu Hamil ~ Puskesmas Gribig.

Selasa, 6 Agustus 2019, bidan wilayah Kelurahan Madyopuro Puskesmas Gribig melakukan sosialisasi cara pengisian KSPR pada kader Posyandu dan ibu hamil di RW 10 Madyopuro. KSPR yang dibuat oleh Poedji Rochjati pertama kali digunakan pada tahun 1992-1993 telah disusun dengan format yang sederhana agar mempermudah kerja tenaga kesehatan untuk melakukan skrining terhadap ibu hamil dan mengelompokan ibu kedalam kategori sesuai ketetapan sehingga dapat menentukan intervensi yang tepat terhadap ibu hamil berdasarkan kartu ini.

 

 

 

 

 

 

Srikandi Seminggu sekali Tablet Tambah Darah (Srikandi Setara) ~ Puskesmas Kendalkerep.

Selasa, 6 Agustus 2019. Kegiatan Seminggu sekali Tablet Tambah Darah (Setara) dilakukan untuk menurunkan angka anemia pada remaja putri. Setara dilakukan di SD dan SMP di wilayah kerja Puskesmas Kendalkerep. Untuk mengingatkan remaja putri/siswi agar tidak lupa minum tablet tambah darah adalah tugas Srikandi Setara.

Yuk, cegah anemia sekarang juga.

 

 

 

 

 

 

Posyandu Balita Mawar ~ Puskesmas Pandanwangi.

Selasa, 6 Agustus 2019, Posyandu Balita Mawar RW. 5 Arjosari dikunjungi Dokter Spesialis Anak dan Komunitas istri ikatan dokter Indonesia. Pada kegiatan tersebut Dokter spesialis anak memberikan informasi tentang imunisasi, stunting dan ASI eksklusif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.