BeritaKEGIATAN DINAS KESEHATAN

Kegiatan Puskesmas, Senin 12 Agustus 2019

Screening dan BIAS Anak Sekolah ~ Puskesmas Cisadea.

Screening adalah deteksi dini dari suatu penyakit. Melakukan pemeriksaan kesehatan sangat di sarankan untuk mencegah perkembangan beberapa penyakit. Senin (12/8/19) Petugas Kesehatan Puskesmas Cisadea memasuki hari ke-8 pelaksanaan screening kesehatan dan BIAS anak sekolah mengunjungi SDN Purwantoro 6. Pemeriksaan dilakukan pada anak kelas 1 hingga kelas 6. Kemudian untuk kelas 1 dan 2 diberikan imunisasi campak. Yang tidak masuk sekolah hari ini imunisasinya akan menyusul.

 

 

 

 

 

 

 

Mobile Antenatal Care Plus dan Kelas Ibu Hamil (MONAS) ~ Puskesmas Pandanwangi.

Senin, 12 Agustus 2019, Pemeriksaan kehamilan/antenatal care (ANC) adalah pelayanan kesehatan pada maternal dan neonatal yang komprehensif, terpadu, dan berkualitas. Tujuan ANC adalah agar ibu hamil dapat melalui masa kehamilan, persalinan, serta nifas dengan selamat sesuai dengan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi. Sasaran MONAS adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Pandanwangi yang tidak terakses layanan ANC terpadu di Puskesmas.

Adapun pelayanan yang diberikan dalam kegitan MONAS yaitu pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, Tekanan Darah, penilaian status gizi, skrining status imunisasi TT, tes laboratorium (pemeriksaan Hemoglobin, golongan darah, protein, dan HIV), tata laksana kasus resiko, pemberian biskuit ibu hamil dan tablet zat besi, serta konseling kehamilan.

 

 

 

 

Kegiatan Refresing Kader ~ Puskesmas Mulyorejo.

Senin, 12 Agustus, Kegiatan Refresing Kader dalam rangka pendampingan Balita BBSK (Berat Badan Sangat Kurus) dan Balita Kurus dilaksanakan oleh Puskesmas Mulyorejo. Dalam kegiatan refresing ini Nutrisionist Puskesmas Mulyorejo menyampaikan materi tentang Daftar Bahan Makanan Penukar dari gol karbohidrat, protein, lemak, sayuran, buah-buahan, dan materi tentang penimbangan, melakukan pengukuran antropometri BB/TB dengan benar

Dengan adanya pendampingan balita ini diharapkan dapat menambah pengetahuan porsi makan balita untuk mendukung kenaikan berat badan dan meningkatkan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Mulyorejo.

 

 

 

 

 

Pengambilan Sampel Air PDAM ~ Puskesmas Kendalkerep.

Senin, 12 Agustus 2019 Petugas Puskesmas Kendalkerep melakukan pengambilan sampel air di 7 titik yang tersebar di Kelurahan Bunulrejo, Kesatrian, Polehan, Jodipan. Sampel ini akan dikirim ke Laboratorium Kesehatan dan diujikan parameter kimia dan biologinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

About author

Articles

Dinas Kesehatan Kota Malang adalah salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Malang yang melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *