Kegiatan Puskesmas, Kamis 15 Agustus 2019

Aku Anak Sehat! Bebas dari Cacingan ~ Puskesmas Pandanwangi.

Kamis, 15 Agustus 2019, SDN Arjosari 3 melaksanakan kegiatan minum obat cacing bersama sama dengan didampingi petugas Puskesmas Pandanwangi. Tidak hanya meminum obat cacing, mereka juga dibekali informasi kesehatan melalui penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang berkaitan dengan kejadian kecacingan.

Cegah penyakit cacingan sedini mungkin, sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal!

 

 

 

 

 

 

Pengkajian PHBS Tatanan Institusi Pendidikan ~ Puskesmas Pandanwangi.

Kamis, 15 Agustus 2019, petugas promosi kesehatan Puskesmas Pandanwangi melakukan pengkajian PHBS Tatanan Institusi Pendidikan di SDN 03 Arjosari.
indikator PHBS Tatanan Institusi Pendidikan, adalah :
1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun,
2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah,
3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat,
4. Olahraga teratur dan terukur,
5. Memberantas jentik nyamuk,
6. Tidak merokok di sekolah,
7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan,
8. Membuang sampah pada tempatnya.

Dari hasil pengkajian dapat diketahui bahwa SDN 3 Arjosawi masuk kedalam klasifikasi III (Sehat Utama), Petugas puskesmas juga memberikan saran kepada pihak sekolah untuk melengkapi dan memaksimalkan indikator yang belum tercapai agar dapat meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan yang diakibatkan penyakit di Institusi Pendidikan.

 

Kampung 3D dan Kampung Warna Warni Menuju Malang Kota Sehat ~ Puskesmas Kendalkerep.

Kampung 3D dan Kampung Warna Warni adalah lokasi khusus (lokus) yang akan menjadi penilaian Malang Kota Sehat sebagai pariwisata sehat. Kampung 3D terletak di RW 12 Kelurahan Kesatrian, sedangkan Kampung Warna Warni terletak di RW 2 Kelurahan Jodipan. Kedua kampung ini letaknya bersebelahan dan dipisahkan oleh sungai. Tapi jangan khawatir, karena ada jembatan kaca untuk akses penyeberangan.

Mempersiapkan hal itu, Kamis, 15 Agustus 2019, tim Forum Malang Kota Sehat dan Puskesmas Kendalkerep melakukan pembinaan kepada 2 lokus tersebut. Pembinaan yang dilakukan, bukan hanya persiapan fisik kampung, tapi perilaku masyarakat juga penting.

 

 

 

 

 

PHBS di Sekolah ~ Puskesmas Polowijen.

Kamis (15/08/2019) di SDN Polowijen 1 diadakan penyuluhan tentang PHBS di sekolah dan porsi makan sesuai isi piringku oleh petugas Puskesmas Polowijen. 8 indikator PHBS di sekolah adalah:
1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,
2. Jajan di kantin yang bersih sehat,
3. Buang sampah pada tempat sampah,
4. Olahraga secara teratur,
5. Timbang BB & ukur BB,
6. Tidak merokok,
7. Gunakan jamban sehat,
8. Berantas jentik nyamuk.

Aku Sehat Sekolahku Sehat Prestasiku Meningkat!

 

 

Lomba Balita Sehat ~ Puskesmas Cisadea.

Kamis, 15 Agustus 2019, Petugas Gizi, Bidan, Dokter Gigi dan Promosi Kesehatan Puskesmas Cisadea bersama-sama mengadakan lomba balita sehat. Lomba balita sehat ini diadakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta. Peserta lomba kali ini terdiri dari perwakilan ibu balita di setiap RW yang berada di Kelurahan Purwantoro dan Kelurahan Blimbing. Sekitar kurang lebih 36 ibu balita ikut memeriahkan acara lomba balita sehat yang diadakan oleh Puskesmas Cisadea.

Penilaian dari lomba balita meliputi: penilaian status gizi, tumbuh kembang, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di rumah tangga, pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, dan lingkar kepala, pengetahuan ibu tentang PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak), pemeriksaan gigi dan mulut, pengetahuan ibu tentang KMS (Kartu Menuju Sehat), KB, ASI Eksklusif, serta pemeriksaan fisik anak dan SDIDTK (Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang). Semua peserta sangat antusias menyambut semua kegiatan dari awal hingga akhir. Semua pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri mulai juri pertama sampai juri ke-5 dapat di jawab dengan baik. Semoga di lain kesempatan lomba balita dapat tetap dilaksanakan karena sebagai upaya salah satu penyemangat posyandu dan khususnya ibu balita itu sendiri.

 

 

 

Penyuluhan dan Investigasi Kontak TBC ~ Puskesmas Pandanwangi.

Kamis, 15 Agustus 2019, petugas Puskesmas Pandanwangi bersama para kader melakukan penyuluhan dan investigas kontak di Kelurahan Pandanwangi. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi TBC kepada masyarakat dan meningkatkan cakupan penemuan kasus TBC secara aktif. Diharapkan kasus TBC dapat menurun dan masyarakat semakin sadar untuk menjaga kesehatan serta pasien mampu menerapkan etika batuk yang benar untuk membantu mengurangi tingkat penularan secara langsung.

 

 

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.