Kegiatan Puskesmas, Rabu 21 Agustus 2019

Jejaring bersatu untuk Pencehahan dan Pengandalian Infeksi ~ Puskesmas Kendalkerep.

Di Puskesmas Kendalkerep Rabu, 21 Agustus 2019 diadakan pertemuan jejaring dan jaringan fasilitas pelayanan kesehatan se wilayah kerja Puskesmas Kendalkerep. Pertemuan ini dilaksanakan untuk meningkatkan koordinasi karena memiliki tanggung jawab yang sama terhadap peningkatan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Pada pertemuan kali ini, topik yang dibahas adalah Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan Penatalaksanaan Pneumonia. PPI dilaksanakan dalam rangka mengurangi kejadian infeksi nosokomial yang kerap terjadi di fasyankes dan harus dilaksanakan oleh seluruh Fasyankes. Kegiatan PPI terdiri dari kewaspadaan isolasi, surveilans HAIs, pendidikan dan pelatihan, pencegahan infeksi berdasarkan bundles, Pengawas penggunaan antimikroba, dan ICRA program.

 

 

 

 

Aku Anak Sehat! Bebas dari Cacingan ~ Puskesmas Pandanwangi.

Ada beberapa kegiatan kesehatan yang dilaksakanan pada bulan Agustus, salah satunya adalah kegiatan minum obat cacing bersama. Rabu (21/8/19) dengan didampingi Petugas Puskesmas Pandanwangi di SDN 5 Pandanwangi dilaksanakan kegiatan minum obat cacing bersama. Selain minum obat cacing bersama, juga diberikan informasi kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berkaitan dengan kejadian kecacingan.

Cegah cacingan sedini mungkin sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal.

 

 

 

 

 

 

Kelas Ibu Hamil Kelurahan Pisang Candi ~ Puskesmas Mulyorejo.

Rabu (21/8/19) Petugas Promkes dan Gizi Puskesmas Mulyorejo memberikan penyuluhan tentang Stunting, Nutrisi Ibu Hamil, Inisiasi Menyusui Dini (IMD), dan ASI Eksklusif pada kegiatan Kelas Ibu Hamil Kelurahan Pisang Candi.

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan). Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan. Ibu hamil diharapkan memahami adanya perubahan tubuh, keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, dan perawatan bayi baru lahir.

 

 

 

 

Pengkajian PHBS Pondok Pesantren ~ Puskesmas Pandanwangi.

Rabu (21/8/19) Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Pandanwangi melakukan pengkajian PHBS Pondok Pesantren di Pondok Pesantren Putra Putri Sabilul Hidayah Kelurahan Arjosari. Dari hasil pengkajian diketahui bahwa Pondok Pesantren Sabilul Hidayah termasuk dalam klasifikasi III (Sehat Madya), dan disarankan untuk tetap melengkapi dan memaksimalkan indikator yang belum tercapai.

Pesantren sehat, santri hebat.

 

 

 

 

 

 

Pendampingan dan Pembinaan Posyandu Lansia ~ Puskesmas Polowijen.

Lansia merupakan sebuah siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang. Kenyataan saat ini, setiap kali menyebut kata “Lansia” yang terbersit di benak kita adalah seseorang yang tidak berdaya, dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Padahal, Lansia sebenarnya dapat berdaya sebagai subyek dalam pembangunan kesehatan.

Rabu (21/08/2019) Perawat, Nutrisionis, dan Promkes Puskesmas Polowijen memberikan pendampingan dan pembinaan Posyandu Lansia di RW 5 Kelurahan Polowijen. Hal ini dilakukan untuk monitoring pengelolaan posyandu terkait kelengkapan administrasi, sarana dan prasarana, serta kegiatan meja 1- 5.

Lansia Aktif, Mandiri, Produktif!

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.