Kegiatan Puskesmas, Kamis 22 Agustus 2019

Pembinaan Kantin Sekolah ~ Puskesmas Ciptomulyo.

Kamis, 22 Agustus 2019, Sanitarian Puskesmas Ciptomulyo melakukan pembinaan dan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di kantin sekolah di SDN Kebonsari 2. Penilaian dan pembinaan meliputi:
1. Lokasi, bangunan, kebersihan lingkungan,
2. Fasilitas sanitasi,
3. Hygiene perorangan,
4. Keamanan pangan, seperti 5P (Pewarna, Pengawet, Pemanis, Perasa, dan Penyedap)
dilakukan di 3 kantin yang menjual kue basah, minuman dan makanan. SDN Kebonsari 2 menerapkan Adiwiyata, demikian juga kantinnya dengan meminimalisir penggunaan sampah plastik.

Salam Sehat Ceria dari Puskesmas Ciptomulyo.

 

 

 

PHBS di Sekolah ~ Puskesmas Polowijen.

Halo adek- adek gimana kabarnya sehat? Sudah pada tahu istilah PHBS sekolah belum? Kalo belum, yuk terapkan!

Kamis (22/08/2019) Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Polowijen memberikan penyuluhan tentang PHBS di sekolah dan Isi Piringku di SDN Purwodadi 4. Penyuluhan PHBS dilakukan agar siswa, guru, karyawan, dan semua yang berada di sekolah dalam kondisi sehat. Dan juga Isi Piringku disampaikan agar seluruh siswa membawa bekal sehat sesuai porsi gizi seimbang.

Ayo Wujudkan Sekolah Sehat.

 

 

 

 

 

Aku Anak Sehat! Bebas dari Cacingan ~ Puskesmas Pandanwangi.

Salah satu kegiatan kesehatan pada bulan Agustus adalah minum obat cacing oelh anak usia sekolah dasar. Kamis (22/8/19) Petugas Puskesmas Pandanwangi mendampingi murid-murid SD Unggulan AL-YA’LU Kelurahan Arjosari untuk minum obat cacing bersama-sama. Selain itu Petugas Puskesmas Pandanwangi juga memberikan penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berkaitan dengan kecacingan.

Cegah cacingan sedini mungkin sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal.

 

 

 

 

 

 

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) ~ Puskesmas Pandanwangi.

Posbindu PTM merupakan wujud peran serta masyarakat yang bersifat Promotif dan Preventif dalam kegiatan deteksi dini, monitoring dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan.

Kamis (22/8/19) dilaksanakan Posbindu PTM di RW 02 Kelurahan Pandanwangi, dengan rincian kegiatan mulai dari penimbangan Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Tekanan Darah (TD), pemantauan Kartu Menuju Sehat (KMS) lansia, konsultasi kesehatan, cek gula darah, dan pemberian obat yang sesuai.

 

 

 

 

 

Screening dan BIAS Anak Sekolah ~ Puskesmas Cisadea.

Kamis (22/8/19) murid-murid di SDN Blimbing 5 Kelurahan Blimbing mendapatkan screening kesehatan dan BIAS dari Puskesmas Cisadea. Murid kelas 1 hingga kelas 6 mendapatkan pemeriksaan kesehatan fisik, dan untuk murid kelas 1 dan 2 mendapat tambahan imunisasi campak. Pemeriksaan kesehatan fisik yang dilakukan antara lain pemeriksaan rambut, pemeriksaan mata, pemeriksaan telinga, pemeriksaan kulit, pemeriksaan kuku dan pemeriksaan gigi dan mulut.

 

 

 

 

 

 

Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah ~ Puskesmas Mulyorejo.

Kamis (22/8/19) Petugas Sanitarian Puskesmas Mulyorejo melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah (IKL Sekolah) dengan penilaian sebagai berikut:
– Kondisi Fisik Lingkungan Sekolah
– Penggunaan Air
– Alur Limbah
– Pengelolaan Sampah
– Kebersihan Lingkungan Sekolah, dll

Secara garis besar Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah (IKL Sekolah) bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah guna terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat, bersih, dan nyaman, dan terbebas dari ancaman penyakit.

.

 

 

Pemeriksaan Laik Sehat ~ Puskesmas Arjowinangun.

Makanan merupakan salah satu media penularan penyakit. Sumber penyakit dapat berasal dari kontaminasi makanan saat pemrosesan maupun bahan makanan yang tidak sehat. Pemeriksaan laik sehat dilakukan oleh petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Arjowinangun sebagai upaya peningkatan keamanan pangan.

Kamis (22/8/19) Pemeriksaan laik sehat dilakukan di warung Kelurahan Bumiayu dengan mengambil sampel makanan dan akan diuji kandungan boraks, formalin. Selain itu, Petugas juga melakukan penilaian hygiene sanitasi penjamah makanan selama proses pengolahan. Hasil dari laik sehat ini, warung makan akan mendapatkan sertifikat laik sehat dari Dinas Kesehatan Kota Malang.

Dengan laik sehat, makanan dinyatakan tidak mengandung 5P : Pengawet, Pemanis, Pewarna, Pengental, Penyedap.

 

 

 

 

 

~ seksi promosi dan pemberdayaan masyarakat ~

 

One comment

  1. Sangat setuju dengan pembinaan kantin supaya anak-anak jajan sehat. Banyak kantin-kantin sekolah yang memiliki fasilitas yang kurang higienis, terutama ketika mencuci gelas, piring dan sendok yang kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.