MENGENAL KIPI, DAN BAGAIMANA HARUS BERTINDAK JIKA TERJADI KIPI ?

Idealnya vaksinasi tidak menimbulkan efek samping, kalaupun ada sangat ringan. Efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi, atau yang lebih dikenal sebagai KIPI, merupakan setiap kondisi atau gangguan kesehatan yang terjadi setelah imunisasi, dan biasanya berhubungan dengan kegiatan imunisasi itu sendiri. Namun, belum tentu memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin.

Reaksi setiap orang terhadap imunisasi ini berbeda-beda. Sehingga belum tentu kejadian KIPI terjadi di semua orang yang mendapatkan imunisasi. Pemberian vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan dengan cara system kekebalan penerima vaksin bereaksi terhadap antigen yang ada di dalam vaksin. Reaksi local dan sistemik seperti rasa sakit dan demam bisa muncul setelah imunisasi sebagai bagian dari proses reaksi kekebalan.

Klasifikasi KIPI antara lain :

  1. Reaksi yang terkait produk vaksin
  2. Reaksi yang terkait dengan cacat mutu vaksin
  3. Reaksi terkait kekeliruan prosedur imunisasi
  4. Reaksi Kecemasan terkait imunisasi
  5. Kejadian koinsiden

KIPI bisa berupa gejala ringan seperti tidak enak badan, demam, linu, bisa juga gejela berat seperti alergi hebat hingga sesak nafas.

KIPI disebut serius apabila :

  • Berakibat kematian
  • Mengancam jiwa
  • Memerlukan perawatan di rumah sakit atau perpanjangan masa perawatan di rumah sakit
  • Menyebabkan kecacatan/inkapasitas menetap atau bermakna
  • Menyebabkan kelainan kongenital/cacat lahir, atau
  • Memerlukan Tindakan intervensi untuk mencegah kerusakan menetap

Reaksi KIPI biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, efek samping ini perlu tetap diwaspadai dan di evaluasi lebih lanjut. Jika dirasa efek samping ini mengganggu aktivitas, maka orang tersebut bisa mengkonsumsi obat-obatan ringan seperti pereda panas. Namun jika terasa memberat, sebaiknya segera mendapatkan pertolongan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Infografis terkait KIPI bisa KLIK DI SINI

Sumber :

WHO. 2021. Modul 3 : Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, Dasar-dasar Kemanan Vaksin. https://in.vaccine-safety-training.org/)