BeritaKEGIATAN DINAS KESEHATAN

AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP MEMATAUHI PROTOKOL KESEHATAN MELALUI PENYULUHAN KELILING

 

Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi. Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Promosi kesehatan dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, minat, pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menirukan perilaku spesifik yang diharapkan. Promosi kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai metode, mulai metode sederhana seperti penyuluhan klasik baik di dalam gedung maupun di luar gedung, promosi kesehatan melalui media cetak, elektronik, dan media sosial. Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi jenis media yang dipakai, tentunya disesuaikan dengan sasaran yang ingin dijangkau.

Tim Penyuluhan Keliling Menyambangi Warung Tenda di Seputaran GOR Ken Arok

 

Nah, kali ini Dinas Kesehatan Kota Malang melalui Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat dan Seksi Kesehatan Lingkungan memilih untuk melakukan promosi kesehatan dengan cara penyuluhan keliling menggunakan armada mobil penyuluhan. Di sepanjang perjalanan, mobil akan memutarkan rekaman audio edukasi yang suaranya disambungkan lewat pengeras (speaker toa). Topik audio yang diputar adalah seputar protokol kesehatan Covid-19, tata cara isolasi mandiri, pencegahan Covid-19 dan vaksinasi. Tim berhenti di beberapa titik untuk menyapa masyarakat yang ada di sekitar tempat tersebut sambil membagikan flyer, masker dan memberikan himbauan serta semangat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan penyuluhan keliling dimulai dari area Gor Kean Arok – Wilayah Kelurahan Wonokoyo -Pondok Pesantren Nurul Mutaqin – Wilayah Kelurahan Tlogowaru – Wilayah Kelurahan Arjowinangun – Pasar Gadang.